7 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Setiap kali Lebaran, selalu saja banyak yang mudik. Dan kebiasaan mudik ini dilakukan masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Mereka meluangkan waktu setahun sekali untuk berkumpul dengan sanak famili. Kota-kota besar serasa sepi dari lalu lalang kendaraan saat Idul Fitri. Jalanan lengang karena banyak ditinggalkan penghuni untuk mudik ke kampung halaman.

Saat meninggalkan rumah untuk beberapa hari, terkadang timbul rasa cemas akan keamanan rumah yang ditinggalkan.Untuk mengantisipasi hal itu lakukan beberapa halini sebelum anda mudik dan meninggalkan rumah:

1.Lapor ke pada RT berapa hari anda akan meninggalkan rumah
Di wilayah saya selama Lebaran selalu ada isian form yang dikeluarkan oleh RT untuk diisi berapa hari mudiknya. Sehingga RT setempat bisa berkoordinasi dengan Satpam  komplek.

2. Pastikan pintu dan jendela serta pagar terkunci rapat
Sebelum bepergian tak ada salahnya mengecek ulang pintu, jendela dan pagar yang rapat. Jangan utk mengunci tiap kamar serta lemari.Terutama di pintu belakang, selain dipasang kunci utama tambahkanlah kunci grendel atau selot di atas.

3.Cabut steker Listrik dan Gas
Cabutlah semua peralatan elektronik keual gas untuk mneghindari kerusakan dan kebakaran barang elektronik anda. Siapa tahu saat rumah kita tinggalkan dalam kondisi mati padam, yng menyebabkan voltase naik turun hingga menyebakan kerusakan barang elektronik.Cabutlah selang tabung gas untuk menghindari terjadinya kebakaran.

4.Titipkanlah kunci rumah ke tetangga sebelah
Tetangga sebelah kanan da kiri merupakan tetangga paling dekat, terkadang tetangga bisa seperti saudara.Biasanya selain tetangga saya juga titipkan rumah ke Satpam agar dilihat-lihat. berbaik hatlah pada tetangga agar terljalin ubungan yang baik. Kalau saya sih selalu saya titipkan pada tetangga yang sudah seperti saudara sendiri. Dan tanpa diminta pun beliau biasanya menyirami tanaman dan menyapu rumah ketika saya sudah mau pulang.Dan sepulang mudik biasanya saya berikan buah tangan atau oleh-oleh khas dari kota asal saya.

5.Pasanglah Lampu Yang Otomatis.
Kalau di bagian teras saya pasang lampu yang ada sensor mataharinya, jadi kalau siang lampu bisa mati sendiri. Bayangkan jika lampu menyala terus apa nggak bikin penasaran sama "tamu tak diundang" :)
Tapi paling ampuh sih bilang  ke tetangga yang dititipin knci agar mematikan lampu ketika pagi hari. Bila langganan koran, sekalian korannya disuru masukkan ke rumah.

6. Jangan Lupa Matikan Air PDAM dari Depan.
Agar tagihan air tak melambung tinggi sepulang dari mudik. Lebih berhemat sedikitlah. Nanti kalau sudah sampai baru dinyalakan kembali.

7. Jangan Lupa Sebelum Pergi Sampah Dibuang Lebih Dulu
Hal kecil dan sepele tapi kalau kita kelupaan bisa bikin aroma serumah tak sedap dan bakteri kan ya.Kadang karena tergesa-gesa malah kelupaan membuang sampah di tong sampah depan rumah. Kita kan penginnya rumah juga bersih dan tak bau kan?

7 tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran di atas yang serig saya lakukan. Selamat mudik teman-teman, semoga selalu sehat dan selamat sampai tujuan.

No comments:

Post a Comment