Menjaring UKM dengan Serempak, Roadshow Serempak 2016


 Senin kemarin 25 Juli 2016 di Hotel Mercure Mirama Surabaya saya hadir di acara Roadshow Serempak dengan tema Menjaring UKM  Dengan Serempak. Acara diadakan serempak di 6 kota, kebetulan salah satunya Surabaya. Surabaya merupakan kota kedua diadakannya acara ini. Acara ini diselenggarakan Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur Dan Lingkungan Kementerian Perempuan Dan Perlindungan Anak.
Jumlah pengguna internet antara pria dan perempuan hampir sama. Dan pengguna terbesar media social adalah kaum perempuan. (Ngaku deh saya salah satunya). Ini mengindikasikan bahwa kaum wanita juga sudah melek tehnologi. Masalahnya apakah kaum perempuan ini menggunakannya secara konstruktif? Atau justru penggunaan internet ini malah kebalikannya?

Karena Surabaya sudah dianggap sebagai kota yang sudah siap menerima perkembangan tekhnologi, maka acara ini diadakan di Surabaya sebagai upaya sosialisasi perkembangan tehnologi dan informasi bagi khususnya kaum perempuan.

Acara dibuka dengan tarian Remo dari adik - adik SMA Muhamadiyah 3 Surabaya.

Lalu satu per satu pemateri memberikan materinya.
Acara dibuka oleh Pokja Iwita, Martha Simanjuntak, SE, MM.
Beliau mengenalkan wesite Serentak.id. Kehadiran website ini diharapkan bisa bermanfaat buat masyarakat khususnya perempuan yang giat di social media.

Ibu Ratna Susianawati SH, MH  memaparkan sebagi wanita kudu melek tehnologi. Dan dapat memberdayakan tehnologi tersebut untuk menunjang pemberdayaan perempuan di segala lini. Baik sektor pendidikan, pengetahuan, pemerintahan dan jasa. Apalagi sekarang menyambut MEA, sebagai perempuan harus siap untuk berjuang menghadapinya dengan perjuangan keras mengembangkan potensi yang ada dalam diri dengan diiringi peningkatan kemampuan berinternet yang membangun.

Kota Surabaya sebagai penghasil produk UKM terbesar di Indonesia, menjadi pilihan yang tepat untuk diadakan roadshow ini setelah kota Makasar.Sasarannya untuk mengoptimalkan penggunaan internet bagi produktivitas. Dengan adanya melek internet ini diharapkan perempuan bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan meminimalisir penggunaan internet secara negatif.

Pemateri kedua Ibu Sri Rahayu SE, owner PT. Panca Aryns & Aryns farm memaparkan pengalamannya dalam membuka usahanya. Dan beliau juga berbagi penggguaan media sosial sebagai sarana mempromosikan produknya.Dan bagaimana menggalang customer srta bagaimana bersikap trhadap sumber daya manusia di perusahaannya. 

Beliau selalu menjaga hubungan antara pelanggan, dan bagaimana beliau memberi virus melek tehnologi bagi pelanggannya itu dengan cara mengenalkan iternet untuk pengemabngan bisnisnya.Namun di sini beliau mendapat hambatan dalam hal team atau mitra usaha kurag mengenal TIK. Beliau tidak putus asa mendapat kendala ini. Dia terus mengenalkan mitra kerjanya agar melek TIK.

Beliau berpesan, untuk keberlangsungan suatu usaha butuh strategi usah dan romosi srta perluas jaringan serta sumber daya manusianya.

Lalu berlanjut ke Ibu Ina Murwani,MM, MBA. Deputy Head Of Marketing dari BINUS Business school Jakarta.
Beliau memaparkan bagaimana tips branding dan pemasaran untuk UKM. Apa sih branding itu artinya? branding merupakan identitas atau merek suatu produk.

Bagaimana kita menentukan brand?
Ketika akan menentukan brand perhatikan:
1. Manfaat dari brand terefleksikan dari namanya.
2. Menunjukkan superioritas dari kompetitor
Tapi brand juga harus menunjukkan personality atau kepribadian dari brand tersebut. Biasanya ditunjukkan dari warna dan simbol.

Misalnya suatu produk dengan kwalitas premium maka merk brand tersebut sebaiknya berwarna emas, kemasannya pun kudu mewah.
Ingat usahakan personalitas dan kepribadian terasa pada brand. Mengapa? Sebab seperti layaknya manusia, brand memiliki kepribadian agar mudah menjalin hubungan dengan konsuennya.

Paling mudah menggambarkan kepribadian brand adalah dengan mengaitkan orang terkenal.
Contoh : Kepribadian anggun, seksi,hangat, dapat dipercaya, macho, berani, penakut.
Bila sudah mempunyai logo, usahakan jangan gonta-ganti. Biar logo tetap mudah diingat dan gampang melekat di  konsumen.

Tahapan untuk mencari brand: Tentukan target konsumen lalu kenali kebutuhan konsumen, kemudian cari nama yag berkaitan dengan kebutuhan tersebut.

Bagaimana mempromosikan brand? Sebelum mempromosikan brand pastikan:
- apakah produk tersebut sudah mewakilii brand
- Apakah harganya sesuai dengan kualitas yang akan diwakili oleh brand tersebut?
- Apakah para karyawan yang akan memberikan jasa sudah bisa mewakili brand
- Apakah channel atau jalur pemasaran sudah tepat?
- apakah proses pemberian jasa mendukung manfaat dan kualitas yang diberikan oleh brand
- Apakah tanda bukti untuk konsumen sudah mempresentasikan brand tersebut.

Ketika suatu brand sudah masuk Online Shop pastikan nama brand tersebut baik website, IG, FB, Twitter konsisten dengan namanya.Jika ingin SEO di halaman 1, investasikanlah biaya agar mencapainya.

Jangan lupa, promosikan brand anda juga lewat offline. Misalnya mengikuti event pameran dan bazar. Ketika ingin ikut pameran pastikan juga event trsebut sesuai dengan target konsumen, juga pastikan stok barang di pameran cukup serta pastikan harga sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Lalu bagaiman sih memulai bisnis itu? Mulailah dengan niat, lalu minta restu pada orang tua serta pasangan hidup kita. 
Ketika kita ingin memulai usaha, jangan takut jual dengan harga  yang mahal  tapi unik. Jadi target pasar kita sekalian luar negeri.
Ketika kita mulai bisnis onine usahakan menunjukkan kredibilitas dengan cara responsive kepada pelanggan.

Datang di acara ini saya bagaikan dapat curahan ilmu yang bermanfaat. apalagi saya sedang merintis usaha kecil-kecilan yaitu kripik usus dan keripik tempe, di kesempatan ini saya tak sia-siakan untuk bertanya ke nara sumber setelah selesai acara.

Nah setelah pemateri selesai, ditutup dengan doa dan penawaran bagi peserta siapa yang mau menjadi kontributor di serempak.id. 
dan acara pun diakhiri dengan makan siang. Dan tak lupa ada sesi foto bareng peserta. Tapi sebelumnya foto para nara sumber di panggung. Sayang fotoku kabur karena terburu-buru.

Nara Sumber Roadshow serempak Di Surabaya

No comments:

Post a Comment