5 Oleh - Oleh Magelang Favorit Buat Orang Rumah

Gethuk Magelang
Bila kita bepergian, selain tempat wisata pasti kita juga ingin menikmati makanan khas daerah tersebut. Setelah puas berwisata kuliner di satu daerah dan puas jalan-jalan dengan keluarga, terkadang ingin membawakan oleh-oleh khas buat keluarga di rumah. Lebaran kemarin saya mudik ke Magelang. Tak lupa bawa oleh-oleh Magelang favorit buat kelurga di rumah.


5 Oleh-oleh Magelang favorit :
1. Gethuk trio
Magelang sudah tersohor dengan olahan gethuknya. Adagethuk aneka bentuk dan rupa yang biasanya dijajakn di pasar tradisional. Ada juga gethuk trio. Di Magelang ada dua merk Eco dan  maupun Marem. gethuk trio merupakan gethuk dengan bentuk persegi panjang dengan tiga warna yaitu: merah, putih dan coklat.Rasanya manis dan teksturnya lembut. Teksturnya lembut karena ada campuran mentega dan gula. Dan gethuk ini tanpa bahan pengawet lho.
Pusat oleh-oleh Gethuk Eco terletak di Jalan DI. Panjaitan  no 5 Magelang. Selain gethuk, di toko ini ada berbagai oleh-oleh khas Magelang lainnya seperti Wajik, krasikan dan aneka keripik.

Sayangnya gethuk ini tak akan tahan lama sampai beberapa hari. Biasanya gethuk hanya tahan sehari, makanya saya hanya beli jika perjalanan tak butuh lama. Misalnya  pas ke Solo, rumah Ibu, oleh-olehnya gethuk trio. Sekotak biasanya isi 16 bungkus.Karena gethuk trio salah satu oleh-oleh kesukaan keluarga. baik Ibu, adik maupun anakku.

2.  Gethuk Bollen
Gethuk bollen
Selain gethuk trio, baru-baru ini ada inovasi baru, yaitu gethuk bollen. Citarasa lokal dengan kemasan import. Ini gethuk dikemas dengan balutan pastry. Ada beberapa variasi rasa. Gethuk bollen cappucino, durian, keju, original, coklat, strawbeery, rasberry dll. Tapi favoritku gethuk bollen rasa original dan keju. Gethuk bollen sedus isi 12 biji, bisa diperoleh di toko bakery Fiory . Jl. Diponegoro 15 Magelang.

3. Aneka kripik Sayuran
Paling seneng tuh kalau sudah di toko oleh-oleh, ke bagian yang klethik-klethik. Tertama aneka keripik sayuran. Ada keripik bayam, keripik daun singkong, keripik pare. Menyiasati agar anak-anak mau sayur,ya kadang aku belikan aneka keripik ini. Toko aneka keripik ini bisa anda dapatkan di jalan Senopati. Tepatnya di depan kebun bibit Senopati. Dekat SMA 4 Magelang.

4. Buntil Daun Lumbu
Buntil Dau Lumbu
 Buntil merupakan sayuran yang terbuat dari daun lumbu/ talas,  daun pepaya dan didalamnya ada parutan kelapa serta ikan tongkol.Ciri khas buntil ini di rasa pedas dan gurih dari santan kelapa yang kental serta aroma dari pmbungkus daun pisangnya.

Buntil daun lumbu bisa diperoleh di pasar tradisional. Di pasar gedhe atau pasar tukangan ada . Cuma sayangnya buntil ini tak cukup tahan lama . Untuk mensiasati agar tetap enak ketika dibawa ke perjalanan dari Magelang-Sidoarjo, saya mengukusnya kembali. Lalu setelah dikukus, tnggu sampai dingin saya masukkan di kulkas atau masukkan di cool box.

5. Wajik Ny. Week dan Krasikan 
Wajik makanan tradisional terbuat dari beras ketan dicampur dengan santan dan gula merah. Rasanya legit dan gurih.
Ada dua variasi rasa, rasa gula merah berwarna coklat dan rasa pandan yang berwarna hijau. Krasikan merupakan tradisional terbuat dari tepung ketan dicampur dengan santan dan gula merah. Krasikan bentuknya seperti dodol. Cara pembuatnnya pun bereda dengan wajik. Kalau rasikan beras ketan disangrai dulu baru ditumuk lalu dicampur dengan santan dan gula merah. lengket, legit dan molor. Hehehehe, kadang nyangkut di gigi.


5 oleh-oleh Magelang di atas bisa jadi pilihan buat tanda sayang keluarga. Selain 5 oleh-oleh favorit di atas masih ada lagi yaitu ceriping gethuk, klanthing, pothil, dan tape ketan. Silakan dipilih dan tinggal kunjungi toko oleh-oleh tentukan favorit makanan oleh-oleh buat keluargamu.
 

1 comment:

  1. Astaga buntilnya menggoda banget!! Sama bollennya...hmmmm enak yaaa. Tapi saya kalau ke Magelang cuma numpang lewat :( jadi ga sempat mampir. Semoga next time bisa icip2 kuliner di sana.

    ReplyDelete