Boarding Dan Check In Tiket Kereta Api

Selama ini yang saya tahu boarding dan check in tiket hanya untuk tiket pesawat. Ternyata sekarang PT Kereta Api Indonesia,  juga memberlakukan boarding dan check in.Saya seminggu yag lalu menggunakan transportasi Kereta Api menuju ke Pulau Dewata.

Tiket Boarding Pass KAI
Lama nggak naik kereta api, akhirnya cari informasi ke Mbak Yuni. Ternyata untuk cetak tiket boarding pass kereta api ini minimal 12 jam sebelum keberangkatan dan maksimal 1 jam sebelum berangkat.

Kemarin tiket saya tertulis berangkat Gubeng -  Denpasar. Karena sudah sistem online, saya bisa check in di stasiun besar terdekat misalnya stasiun kereta api Sidoarjo dan berangkat pun bisa dari Sidoarjo walau tercatat keberangkatan dari Gubeng.:)

Kereta api berangkat jam 22:20 dari Sidoarjo . Saya check in dengan memasukkan kode booking sore hari.
 setelah masukkan kode booking yang tertera pada bukti transaksi pembelian tiket, arahkan kursor paada cari/ search. Maka akan muncul nama dan tujuan serta no kursi kita di layar . Tinggal arahkan kursor ke print.

Setelah boarding pass keluar, tinggal kita ambil dan bisa kitagunakan untuk masuk ke peron dengan membawa identitas pribadi. Identitas harus sesuai dengan namayangtecantum di tiket. Identitas yang bisa digunaka adalah KTP, SIM, Paspor. Kemarin saya menggunakan SIM. Misalkan lupa membawa KTP bisa juga bawa fotocopy KTP tapi harus menyerahkan identitas lainnya seperti KK atau kartu pelajar, kartu mahasiswa.

Saat masuk ke peron, petugas akan verifikasi boarding pas dengan alat scanner, identitas kita sudah sesuaikah dengan nama yang tertera  di boarding pass?
 
 Kalau sudah sesuai, kita terima lagi boarding passnya, tinggal duduk manis menunggu kereta datang.
Jangan sampai ilang ya tiketnya. Sebab nanti di gerbong ada pemeriksaan tiket lagi.

Ingat ya, stasiun yang bisa untuk melakukan boarding dan check in hanya stasiun besar. Kalau stasiun kecil, masih memberlkukan tiket yang berwarna biru.

No comments:

Post a Comment