Kisah Buku Paket Turun Temurunku (Buku Paket Jadul 80-an)

Buku Paket Jadul 80-an

Masih ingatkah kalian dengan gambar di atas? Yang SD-nya mendapat buku paket ini pasti seumuran denganku :).  Yang pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1, saat baru belajar membaca dan menulis namanya Budi (Adik) sedangkan kakak (Wati ). Nama Budi dan Wati selalu identik dengan pelajaran membaca .


Dulu buku pelajaran bisa lho dipakai sampai 3-5 tahun, saya masih ingat setiap kenaikan kelas pasti berburu ke Om saya buku-bukunya yang sudah tak terpakai. Cepet-cepetan dengan saudara sepupu. Kalau bukunya sudah keduluan, saya akan meminjam di perpustakaan. Tapi seringnya sih malah dibelikan Bapak. 

Kata almarhum Bapak, buku paketanku kalau naik kelas ditaruh saja di perpustakaan atau kasihkan ke Adik kelas. Berbagi itu indah kata Bapak. "Berbagi itu nggak akan bikin kamu nggak bisa beli buku lagi."
Eh  Bapak, La wong saya itu maksudnya membantu Bapak agar tak keluar duit kok malah beli terus. Kataku dalam hati.Lagian buku keluaran P&K bukankah susah nyarinya di toko buku? Tanyaku suatu saat sama Bapak.

Ternyata Bapak selalu beli di belakang di Sriwedari, dimana tempat buku bekas dijual . Terkadang buku baru pun ada dan dipotong 20 %. Walau buku keluaran P&K tak boleh dijual belikan tapi Bapak masih mudah juga tuh untuk mendapatkannya.

Ada juga beberapa buku yang saya dapat dari Om atau dapat pinjaman dari sekolah penuh coretan. Terpaksa harus menghapusnya dulu . Paling asyik itu kalau nemu latihan soalnya susah tapi sudah ada jawabannya. Kayak nemu durian runtuh tanpa pikir panjang langsung copas aja. Dan saat dicocokkan ternyata jawaban yang ku salin zonk.
Hahahaha..sok...sok..an pintar itu tidak baik, lebih baik tanya dan kerjakan sendiri daripada jawaban salah sudah gitu ngggak ngerti caranya.Duuh dik tobat deh... :)

Kalau sekarang buku paket bagi sekolah negeri atau swasta sudah ada dana BOS, jadi buku paketan juga tak usah membeli. Tapi selama ini anakku selalu mendapat buku yang robek. Akhirya setiap dapat buku paket, saya selalu bawa ke fotocopy untuk dijilid dan diberi mika.
Sayangnya juga masih banyak coretan2 di latihannya. 

Walaupun sudah ada buku paketan, masih tetap membeli buku LKS. Kalau jaman saya SD, SMP, SMA. Mau beli silakan, nggak beli pun nggak apa-apa. Karena guru-guru lebih banyak memberi PR ditulis di papan tulis atau fotocopy dari tulisan tangan gurunya.

Bagaimanapun buku paketan bekas tetap membantu  saya.Dari buku paket pula, saya diajarkan cara berbagi.
Ah buku paket jadulku dulu, aku terbantu dengan Ini Budi hingga bisa mengeja, membaca dan menulis seperti sekarang ini.
 

1 comment: