Pertolongan Pertama Jika Anak Diare

Pertologan Pertama Jika Anak Diare- Dua hari ini anakku nggak masuk sekolah, badannya kurang enak dan terpaksa ijin . Selama 2 hari ini dia terkena diare. Daripada saya paksa ke sekolah tapi bolak-balik ke toilet, lebih baik istirahat dulu di rumah. Sebelumnya aku beri petolongan pertama dulu untuk mencegah diarenya.


Akhirnya setelah dua hari belum berkurang, saya bawa ke dokter.Kata Dokter, penyebab diare biasanya karena alergi makanan, keracunan makanan, atau kondisi kurang fit karena terlalu lelah, atau karena bakteri. 

 Pertolongan pertama yamg aku lakukan : memberikannya teh hangat tawar .Selain itu saat anak diare bisa juga diberikan :

1. Oralit
Oralit bisa dibeli di apotek atau membuat sendiri. Bila membuat sendiri, antara gula dan garam perbandingannya 1: 1. lalu tambahkan air 1 gelas, diminum sehari 3-4 kali. Minum oralit ini untuk mencegah dehidrasi atau kurang cairan.

2. Minum rebusan air daun jambu biji
Ambil pucuk daun jambu biji kurang lebih 5 - 7 lembar direbus dengan air kurang lebih 2 gelas, tunggu hingga sisa kurag lebih 1 gelas. Diminum selagi hangat.

3. Menghindari makanan pedas dan makan yang halus dulu
Saat diare ini saya usahakan anakku menurangi makanan pedas, makan bubur atau yang halus dulu. Juga usahakan sering minum air putih. Dan walau sedikit usahakan kemasukan makanan walau sedikit, tapi sering.

4. Jaga Kebersihan
Selalu cuci tangan dengan sabun setelah BAB maupun saat akan makan dan minum.

5. Kompres perut menggunakan air hangat
Terkadang perut terasa melilit, kemarin dengan menggunakan sbotol air hangat saya sekakan ke perut. Pelan-pelan untuk mengurangi rasa sakitnya.

Bila pertolongan pertama  saat diare ini belum juga menumbuhkan hsailnya, sebaiknya segera bawa ke dokter . Apalagi kalau diare sehari sudah lebih dari 5 kali. Bisa jadi diare merupakan salah satu gejala penyakit lainnya, hanya dokterlah yang berkompetensi untuk mendiagnosanya.

Alhamdulillah hari ini anakku sudah mulai membaik, dan menuru dokter yang memeriksanya. Lantip diare karena faktor terlambat makan dan kondisi badan kurang fit lalu kehujanan.

3 comments:

  1. Mba untuk air yang jambu biji itu efeknya ngilangin sakit perutnya? Atau bikin mampet? Kebiasaan langsung di bawa ke dokter hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air jambunya diminum biar agak mampet Mbak BAB-nya

      Delete
  2. Diare memang berbahaya kalau dibiarkan. Saya rasa artikel ini sangat bermanfaat untuk memberi informasi penting yang harus diketahui orang tua saat anaknya terkena diare. Terima kasih sudah berbagi, bunda!

    ReplyDelete