Pentingnya Daftar Belanja Buat Ibu Rumah Tangga

Pentingnya Daftar Belanja Buat Ibu Rumah Tangga -  Wanita mana yang nggak hijau matanya ketika disodori voucher atau duit sama suami buat belanja di Supermarket atau pasar tradisional ? Begitu diberi voucher disuruh ke Mall bagai "Rindik Asu digitik " alias langsung lari hehehehehe...
Eh tapi kalau sudah di pasar atau supermarket kita serin kalap kan ya? Apalagi lihat diskon beterbaran dimana-mana. Rasanya tangan ingin ambil si barang dan dengan mudahnya pindah ke keranjang.


Begitu sampai di kasir langsung tuing-tuing lihat mesin penghitungnya. Nah agar tak kejadian kalap belanja, penting banget daftar belanjaan dibuat di rumah sebelumnya. Tulis di selembar kertas list yang utama mau dibeli. Kalau saya sih sebenarnya mencatat list belanjaan selain biar nggak "keluar jalur", biar nggak lupa . Biasa efek umur dan efek rambut sudah dua warna. :)

Setelah sampai pasar atau supermarket, biasanya sambil aku tandai dengan centang barang yang sudah didapatkan. Kalau sudah begini, ada diskon paling sekedar melirik aja dan cukuplah buat widow shopping. Kan boleh lihat, pegang, ntar aja memilikinya kalau ada rejeki lebih hahahahaha... 

Tapi e tapi saya sih masih aja sering tergiur lho untuk nyomot barang diskonan, terutama buku, kalau di pasar tradisional seringnya didiskon sayur mayur. Malah kadang ada pedagang yang memberiku mak byuuuk. Pada akhirnya aku olah dan kubagi lagi ke tetangga. Mbuh rasane piye. hehehehe...(Toyor  kepalaku yang sering belum bisa disiplin)

Daftar belanjaan yang sudah saya beri tanda itu sampai di rumah aku catatin harganya. Sekedar tahu pengeluaran berapa list belanjaan sehari ini. Jadi nanti bisa lebih hati-hati lagi mengeluarkan uang uat hal sekunder.

Sebenarnya pentingnya daftar belanja buat Ibu rumah tangga sepertiku adalah :
1. Buat catatan barang atau benda pokok yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.
2. Agar tak boros dan melebihi anggaran belanja
3. Untuk mencatat harga, bisa membandingkan dengan toko yan lainnya.
4. Agar tak keluar jalur dari barang yang dibutuhkan di rumah
5. Supaya nggak lupa :)

Kalau pembaca di sini, sering jga nggak punya daftar belanjaan bila mau ke supermarket atau ke pasar tradisional?

 



 
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
6 October 2016 at 21:47 ×

manfaatnya agar bisa menghemat ya mbak

Reply
avatar
Tatit
admin
10 October 2016 at 11:10 ×

Iy, dan biar nggak lupa mas apa aa yang habis di dapur. :)

Reply
avatar
13 October 2016 at 14:50 ×

Kalau tidak ada daftar belanja bisa beli bahan yang seharusnya tidak dibeli

Reply
avatar