Martabak Mini Pandan



Cuaca di Sidoarjo akhir-akhir tak menentu, pagi panas siang, dan sore tiba-tiba hujan lebat. Nah kalau mendung dan hujan rasanya pengin nyemil apa aja. Minum kopi atau minum teh lemon hangat tak cukup menemani hariku ketika hujan. Lalu Lantip mengngatkan aku, kalau sudah lama nggak bikin martabak sendiri. Okelah Dik, mari kita bikin adonan martabak mini pandan.

Jika ada kata martabak sebenarna ingatanku cenderung ke martabak telur yang rasanya asin dan dijual orang keturunan India di daerah Pasar kliwon Solo, langganan Bapakku. Dulu kami kalau malam Minggu diajak Bapk putar kota Solo hanya sekedar beli cemilan atau makan. Nah kalau mau balik ke rumah seringnya beli makanan dulu katanya buat oleh-oleh untuk Yu Yem yang jaga rumah.

Ternyata martabak ada 2 jenis yang rasa asin disebut martabak telur dan martabak manis biasanya aku menyebutnya terang bulan. Dua jenis martabak ini jelas banget kan bedanya. Dari tulisan saja sudah beda (aiih bercanda :)). kalau martabak asin terbuat dari tepung terigu, telur, sayur daun bawang dan daging.  Kalau martabak manis atau terang bulan terbuat dari campuran tepung terigu, air atau susu, bahan pengembang, gula dan telur.

Yang akan saya tuliskan respnya di sini adalah martabak mini pandan. Kenapa saya sebut mini? Sebab martabaknya saya cetak memakai cetakan kue lumpur biar tinggal lep nggak usah motong.

Bahan :
250 gram tepung terigu serbaguna (saya menggunakan tepung cap segitiga)
7 sendok makan gula pasir
1 butir telur
500 cc susu cair
1 sendok makan mentega dicairkan
1/4 sendok teh vanili
1/4 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh fermipan
1 tetes pasta pandan

Taburan:
Keju
meisis
susu kental manis 

Cara membuat:
1.Ambil mangkok, tuangkan bahan kering: terigu, fermipan,gula, telur, vanili aduk hingga tercampur rata lalu tambahkan susu cair dan pasta pandan. Diaduk kembali sampai tak mbrindhil atau berbutir. alias halus . Diamkan adonan kurang lebih 1 jam

2. Setelah satu jam ketika mau dicetak tambahkan soda kue dan dicampur rata.

3. Panaskan cetakan kue lumpur dan olesi degan margarin atau minyak.

4. Tuang adonan kecetakan dan tutup, kalau sudah berlubang kecil-kecil lolesi dengan mentega. kalau suka manis yang tambahkan gula pasir di atasnya. Tunggu sampai matang. Tanda matang etiga bagian atas sudah berpori dan kering .

5 Angkat dari cetakan, ber toping keju atau meises dan tambahkan susu kenta.

6 Siap disajikan

Dan martabak mini pandan siang disantap untuk nyemil di udara yag mendung sambil ditemani seduhan kopi. Hmmm nyuuus

Catatan : Pasta pandan bisa diganti dengan perasan air suji dan daun pandan yang sudah dihaluskan. edanya memkai daun pandan dan suji serta memkai pasta pandan. Menurut saya lebih enak kalau memakai airperasan daun suji dan daun pandan . Aroma pandannya lebih terasa.
Jika ingi memakai perasan daun pandan dan daun suji cukup ambil sekitar 10 daun suji dan 2 lembar daun pandan diblender dengan sedikit air kira-kira airnya 50 cc. Lalu disaring.
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Anisa Ae
admin
18 November 2016 at 08:39 ×

Wah, liat resep ini jadi pengen nyoba. Lapar pula nih perut. :D

Reply
avatar
21 November 2016 at 14:54 ×

aduh enak banget ini keliatannya

Reply
avatar
Tatit
admin
23 November 2016 at 08:38 ×

Andaikata masih, akan ku kirim ke Malang hehehehehe.

Reply
avatar
Tatit
admin
23 November 2016 at 08:39 ×

Lumayan mbak, buat teman ngeteh

Reply
avatar
22 December 2016 at 15:26 ×

Mbak, aku izin mau coba resepnya ya, makasih banyaaak

Salam,
Asya

Reply
avatar