Umroh Dan Haji Eksklusif Dengan Persada Indonesia



Sebagai seorang muslim saya sangat memimpikan untuk pergi umroh atau haji. Rasa rindu akan tanah Mekah semakin membuncah ketika memasuki ruangan penuh jamaah yang akan berangkat Umroh dengan biro Persada Indonesia di The Square Ballroom ICBC Center Surabaya.  Pada tanggal 10 Desember 2016, Biro Persada Indonesia menyelenggarakan manasik Akbar sekaligus ulang tahun berdirinya biro perjalanan tersebut yang ke 27 tahun.


Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al Quran oleh Ustad Abil Malik. Kemudian dilanjut dengan Info program perjalanan selama Umroh oleh Ustad  Subian dari Persada Indonesia. Kata beliau bahwa Jamaah umroh Persada Indonesia akan berangkat dari Surabaya langsung ke Madinah. Sebelum berangkat sebaiknya jamaah selalu berdoa agar selalu diberi kesehatan hingga hari keberangkatan. Lalu ditutup dengan doa dari ustad agar umrohnya jadi mabrur.

Acar pun berlanjut dengan kajian Fiqih Umroh oleh Ustad Mansur.
Sebelum Umroh kita harus kuatkan niat dulu. Kuatkan niat untuk beribadah karena Allah semata bukan unuk jalan-jalan ya. 
Umroh disebut juga sebagai Haji kecil. Dimana sebagai umat Islam kita tunaikan sekali seumurr hidup bila dengan ketentuan bila mampu. Lalu kalau kita mampu berangkat umroh beberapa kali bagaimana ? Boleh saja namun yang wajib hanya satu sedangkan yang lain adalah sunnah.

Rukun Umroh 
1. Niat Ihram
Niat Ihram ini dilakukan di tempat mulai umroh atau haji. Pakaian ihram untuk laki-laki 2 helai serta tanpa jahitan.Untuk wanita pakaiannya yang penting menutup aurat kecuali muka dan tangan.

2. Tawaf, mengelingi Ka'bah sebanyak 7 kali dan jangan lupa untuk niat umroh. Saat melakukan tawaf ini harus suci serta harus suci dari najis.

3. Sa'i
Yaitu berjalan antara Bukit Shafa  dan  bukit Marwah sebanyak 7 kali, berawal dari Bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah. Saat menjalankan sa'i kita tak diharuskan wudhu namun harus suci dari hadast besar.

4. Tahalul
Menghalalkan diri dari semua larangan-larangan saat Umroh dan mencukur rambut. Kalau perempuan dicukur sesama jamah wanita atau oleh suaminya. Yang laki-laki sunahnya digundul.

5. Tertib

Setelah menjabarkan rukun umroh, ustad mempraktekkan cara memakai ihram di depan para jamaah.
Jangan lupa ada sunah sebelum  memakai ihram:
1. Mandi
2 Pakaian warna putih bersih
3. Pakailah minyak wangi
4. Sholat sunah ihram 2 rakaat.

Setelah baca niat umroh lalu baca talbiyah, hikmahnya :
1. Bahwa para jamaah adalah tamu yang diundang Allah dan siap menjalankan ibadah dengan ikhlas.
2. Siap menjauhi larangan Nya.
3. Siap membantu dan menolong siapa aja.
4. Siap "dipanggil" oleh Allah. Karena mati adalah rahasia Illahi.

Hikmah Umroh
Hikmah Umroh diberikan oleh Ustad Samsul Arifin, direktur Persada Indonesia. Beliau mengatakan bahwa apa yang kita miliki ini adalah hanya titipan Allah semata. Niatkan ibadah umroh dengan ikhlas untuk beribadah. Jika terjadi cobaan ketika akan berangkat kita harus ikhlas menjalaninya. Perbanyak sedekah dan jauhi ghibah agar umroh mabrur.
Jangan lupa untuk selalu bersyuur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Ustad Samsul Arifin lalu memimpin doa.

Di acara ini ada bintang tamunya lho! Zaskia Sungkar dan Irwansyah.
Zaskia Sungkar dan Irwansyah berbagi pengalaman umroh, sebelumnya Irwansyah didapuk untuk menyanyi beberapa bait lagu lalu dilanjutkan untuk membaca tilawah Alquran.
Zaskia Sungkar dan Irwansyah akan berangakat Umroh bareng dengan jamaah pada tgl 20 Desember lalu. Sebelum berangkat Umroh akan membuka toko oleh-oleh di Surabaya ya Surabaya Snow Cake.
Irwansyah Dan Zaskia Sungkar

Zaskia dan Irwansyah berharap perjalanan umrohnya kali ini semoga lebih memperbaiki diri, ibadahnya lebih khusyuk dan umrohnya mabrur. Dan tentu saja tak lpa berdoa untuk mendapat keturunan walau ini tak utama karena mereka sudah pasrahkan semuanya pada Allah.

Saat mau pulang saya mendengarkan penjelasan USatad Samasul Arifin fenomena umroh dengan harga murah. Namun Persada Indonesia tak ingin ikutan perag harga. Karena pangsa pasarnya dalah iddle top. Dan selama menjalani bisnisnya selama 27 tahun ini biro perjalannya mengutamakan kenyamanan . Di biro perjalanannya melayani ekslusif klas. Dimana para jamaah dijemput langsug dari rumah dan diantar sampai bandara. Dan keberangkatan dari Surabaya langsung menuju Madinah.
Ustad Samsul Arifin memberikan keterangan pada Media

Beliau tak khawatir dengan bermunculannya biro travel haji maupun umroh  bagai jamur di tengah hujan. Ketika mau memilih biro  perjalanan, Beliau mengingatkan selalu cek dulu ijin biro perjalanannya, jangan sampai gagal berangkat karena biro perjalanannya belum berijin. Biro Persada Indonesia optimis masih banyak jamaah yang melirik biro perjalanannya karena yakin ada jamaah yang nggak mau terlalu uyel-uyelan atau dempet-dempetan namun mengutamakan kenyamanan. Dengan melayani sekitar 3-4 bis buat jamaah, mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Jadilah muslim cerdas agar dapat melaksanakan ibadah cerdas kudu pintar memilih biro perjalanan Umroh maupun Haji. Sekarang ini ada aplikasi dari Persada Indonesia yang bisa didownload di Google PlayStore. Hal ini akan mempermudah para jamaah untuk mendaftar haji maupun umroh.

Acaranya betul-betul bermanfaat bagiku dan aku hanya bisa berdoa agar bisa menyusul umroh atau ibadah haji seperti para jamaah di ruangan saat itu. Semoga Allah melancarkan rejekiku dan diriku masih diberi kesehatan agar dapat berangkat.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Anisa Ae
admin
23 December 2016 at 09:23 ×

Rasanya aku pengen naik haji, pengen memberangkatkan ibuku haji. :") Semoga kitas emua dilancarkan rezekinya

Reply
avatar
Liza Fathia
admin
23 December 2016 at 10:55 ×

Semoga selamat sampai di tujuan, Zaskia dan Irwansyah. ^_^

Reply
avatar
23 December 2016 at 15:16 ×

masih usaha buat bisa berangkatin mama papa haji, aamiin ya Allah

salam
nia

Reply
avatar