Berkunjung Ke Pabrik Tegel Semen Klasik Di Kasihan Bantul Yogyakarta

Tegel Semen Motif
Liburan selain di alam terbuka terkadang saya juga berkunjung ke tempat - tempat usaha. Seperti liburan kali ini saya ajak bungsuku Lantip berkunjung ke Pabrik tegel semen Klasik di daerah Bayaran, Taman Tirto, Kasihan Bantul. Tepatnya berada di sekitar hoomestay RUBILANG milik adikku di sekitaran Gunung Sempu Bantul Yogyakarta.


Awalnya saya tak punya rencana mau jalan-jalan, la wong Taman Pintar, Benteng, Malioboro yang lumayan dekat dari rumah Adik, semua sudah pernah dikunjungi. Rencananya mau ke pantai pagi hari setelah sholat Subuh, namun cuaca saat itu hujan terus. Akhirnya adik mengajak ke pabrik tegel klasik yang terbuat dari semen, sekalian mau lihat koleksi motif dan menyicil beli buat dipasang di teras.

Ah ini sih bisa menambah pengetahuan bagi anakku Lantip. Karena selama ini yang dia tahu ubin hanya terbuat dari keramik seperti yang dipasang di rumah Sidoarjo. Pembuatan ubin ini dari campuran semen dan pasir. Untuk pewarna atau pigmennya masih import karena kalau pakai pewarna dari dalam negeri, warnanya kurang bagus. Jadi pigmen pewarna masih import dari Belanda. 




Pemilik pabrik tegel semen klasik ini namanya Pak Heru Suprihantono. Saat saya ke sana karena masih pagi jadi kantor belum buka, hanya bertemu karyawannya saja. Saya  perhatikan ada beberapa tahapan untuk membuat tegel ubin klasik ini. Pertama, letakkan cetakan motif di besi baja cetajkan ubin, lalu beri warna. Lalu dilepas kuningan pencetaknya baru ditambahkancampuran semen dan pasir. Lalu dpress. Setelah itu lepaskan dari cetakan lalu pinggirnya dikuas cat agar rapi. Setelah itu direndam diair semalam. Setelah menginap di rendaman air semalam, angkat lau dianginkan. Dianginkannya sekitar 2 hai agarmendapatkan ubin yang padat dan bagus. Nah finishingnya tinggal digerenda pinggirannya.


Harga tegel semen klasik motif per meternya Rp 285.000 sedangkan yang polos permeternya Rp 180.000

Lebih jelasnya pembuatan ubin ini bisa dilihat di sini
Berkunjung ke Pabrik tegel semen klasik ini sangat menambah pengetahuanku dan Lantip. Ternyata pembuatan tegel semen klasik masih ada bahkan sudah dieksport sampai ke Belanda.
Berbagai motif tegel semen klasik
 

1 comment:

  1. waaah Dija pingin banget tegel klasik kayak gini
    motifnya bunga bunga
    persis kayak di rumah nenek

    ReplyDelete