Sarapan Soto Pak Sugi Pring Gading Magelang

Soto Pak Sugi Pring Gading Magelang
Pas liburan akhir tahun kemarin saya sarapan soto Pak Sugi Pring Gading Magelang. Siapa yang tak kenal soto. Sayur berkuah dengan suwiran ayam dan tambahan soun serta kecambah lalu disiram kuah kaldu duuuh seger banget saat dimakan panas-panas. Cita rasa soto ayam Magelang ini hampir sama dengan soto Kudus dengan ciri khas kuahnya bening.


Warung soto Pak Sugi ini berada di depan Hotel Pring Gading Jabon.Dan tendanya berada di trotoar. 
 Sebenarnya di sekitar daerah Jabon Magelang setiap paginya banyak berjejer penjual soto. Tapi Soto Pak Sugi inilah yang dikenalkan pertama kali ke lidahku sama Suami. Pas awal-awal datang di rumah Ibu mertua, suami selalu mengajak makan soto ayam di Pak Sugi atau di depan alun-alun Magelang. Kata Pak Suami, sotonya lumayan enak dan laknya juga pas di lidah. Ketika saya mencicipinya,kok yo pas degan lidah saya.

Nah kalau pas mudik ke mertua saya jadi pengin makan disini. Sambil mengenang saat awal menjadi menantu Ibu Magelang hahahahaha....
La saya kan dulunya babar blas nggak bisa masak, jadi setiap pagi memilih ikutan antri di warung soto ini, sekalian bungkus bawa pulang buat sarapan semua penghuni rumah.😁

Akhir Desember tahun lalu, saya ajak anak bungsuku buat sarapan di warung ini. Anak bungsuku mengira sotonya seperti di Sidoarjo yang berwarna kuning dan ada koyanya. Saat dihidangkan di meja dia hanya mengaduk-aduk sotonya. Lalu saya suruh icip dulu, biar tahu rasanya kalau nggak mau nanti saya yang makan. Setelah diicip ternyata Lantip suka, hehehehehe...Dan ingin mengajak sarapan lagi esok paginya. (ya jangan jajan terus Le, sesekali bolehlah)

Begitu pesan soto, lalu di depan saya disajikan aneka lauk sate jeroan ayam, termasuk perkedel. Kalau perkedel di Soto Pak Sugi ini bukan terbuat dari kentang namun perkedelnya terbuat dari parutan singkong yang dibumbui minimalis. Harga sotonya per mangkok sekarang Rp 10.000,00. Untuk harga sate jeroannya saya lupa menanyakan harganya. Kemarin saya total membayar Rp 32.000,00 untuk 2 mangkok soto, 2 teh hangat, 1 perkedel kentang, 1 sate.


Sarapan soto Pak Sugi bukan hanya sekedar mengenyangkan namun juga membawaku pada sebuah kenangan. Makan kenyang dan kenangan seakan tak terpisahkan. Terkadang karena sebuah kenangan maka makanan pun harus kubayar demi mengulang cerita masa lalu, entah bahagia maupun sendu. Ketika mencecapnya tak lagi aku rasa enak atau enak banget namun yang ku mau hanya sebuah cerita masa lalu.

Warung soto ini buka dari jam 06:00  WIB sampai Habis.
 

4 comments: