Asem - Asem Tahu Tempe Daging Buncis

Lama saya nggak masak sayur asem-asem Jawa Tengah ini. Seminggu yang lalu klau nggak mas Bojo dan anak Mbarep minta dibikinkan sayur yang seger. Ada sedikit daging dan tahu tempe di ulkas. lalu Mas Bojjo nyaranin bikin sayur asem-asem saja.Halah kecut, jawabku. Tapi dijawab dengan kelakar Mas Bojo, kecut mana sama bau ketiak yang nggak mandi 3 hari ?

 Sayur asem-asem buncis ini gampang banget, bumbuya tinggal diiris semuaya dan ditumis atau gongso sebentar, cemplung-cemplung jadi deh. Dulu sayur asem-asem uncis tahu daging ini salah satu favorit menu makan siang Almarhum Bapak. Eh ndilalah si Mantu juga doyanannya sayur buncis tahu daging. Sebenarnya sayur asem-asem ini bisa hanya tahu, buncis dan daging. tapi di kulkas ada sekotak kecil tempe jadi saya masukkan sekalian. 

Sayur asem-asem ada juga yang bumuya diuleg,tapi saya masak kali ini hanya diiris. Pas banget, belimbing wuluh depan rumah juga berbuah banyak. Belimbing wuluh di depan rumah kalau sudah mulai berbuah eprti nggak pernah habis, walau sudah dikasih ke tukang sayur, tetep sajabuahnya nggumbul banyak banget, bahkan sampai jatuh. 

Masak hidangan di rumah bagiku bukan sekedar melayani terkadang menuruti perut sang penghuni. Masak bagiku adalah proses untuk mencipta rasa dn membuat kenyang seisi rumah.Sing penting wareg dan habis. Masak terkadang juga hanya happy dan sekedar uji nyali mencoba resep yang penting happy, entah jadi yangpenting sudah mencoba. untuk hasil dan rasa bisa kita ukur menurut selera lidah kita masing-masing. Enak bagi kami belum tentu enak bagi orang lain karena ini hanya sekedar masalah selera. Namun kita berusaha semaksimal mungkin agar hidangan di meja tidak mubadzir. 

 Ini dia resep Asem-asem tahu tempe daging bncis 
200 gram buncis disiang dan dipotong sekitar 5 cm
 1 kotak tahu dipotong dadu dan digoreng setengah matang untuk menghindari bau langu
 1 bungkus plastik tempe dipotong korek api 
200 gram daging tetelan direbus hingga empuk 
air kaldu daging 750 ml 

 Bumbu: 
3 siung bawang putih diiris tipis
 5 siung bawang merah diiris tipis-tipis 
6 buah cabai merah diiris iris 
5 cabai hijau diiris 
 2 buah tomat hijau diiris dadu 
Gula pasir 2 sendok makan (saya cenderung suka manis) 
Garam 1 sendok 
2 cm lengkuas 
daun salam 2 lembar 
5 buah belimbing wuluh iris bulat tipis tipis
 Minyak untuk menumis

 Cara membuat: 
1. Tumis bumbu yang sudah diiris : bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau dan ditumis hingga layu dan harum 
2. Masukkan tahu, tempe dan daging,belimbing wuluh serta air 
3. Tambahkan tomat hijau, daun salam, lengkuas, gula dan garam. 
4. Tunggu hingga mendidih dan bumbu agak meresap 
5. Masukkan buncis. icip rasa.
 6. Angkat dan sajikan hangat 

Asem-asem tahu tempe, daging buncis siap disajikan hangat - hangat.ungkin ini bisa jadi alternatif buat hidangan sahur atau sayur buat buka . cukup seger dan berkuah.

No comments:

Post a Comment