Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Bersama Sahabat Mandiri di Acara Mandiri Edukasi

Sebagai Ibu rumah tangga, saya terkadang merasa kurang pandai dalam hal pegelolaan keuangan. Belum juga tengah bulan, rasanya dompet sudah tipis. memang sih terkadangdalam sebulan bisa pas,kadang juga krang sesuai kebutuhan yang ada. Hari Selasa 9 Mei 2017, saya mendapat undangan dari Mandiri Edukasi, dengan tema "Perencanaan Keuangan Rumah Tangga" 
Yeaay, mari siap kosongkan gelas untuk diisi kembali. Merecharge ilmu tak ada salahnya dan akan bermanfaat untuk keuangan keluargaku nantinya.


 Pesertanya kebanyakan Ibu-Ibu rumah tangga sesuai dengan temanya dong ya.Dan peserta  disebut sebagai Sahabat Mandiri. denggan dipandu MC Tomi Prabowo yang super lucu dan kocak, jadi suasana lebih hidup.
Selain kita diedukasi tentang perencaan keuangan, ada demo masak dan demo membuat kopi dari barista cafe Coffee Toffee. 



Harapannya dengan adanya demo masak ini, Ibu rumah tangga bisa menambah penghasilan sendiri dari rumah. Demo masak kali ini dipandu oleh Mbak Citra dari "3 Tungku", beliau mendemokan puding roti dan grilled chicken. Bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat,  mempunyai nilai gizi yang mencukupi buat keluarga. Selain lebih sehat, lebih hemat, bisa juga untuk menambah penghasilan bila dijual. Bread Puding cocok untuk sarapan pagi, nah kebetulan juga mau Ramadhan kan...bisa juga dijadikan takjil. Bahan bread puding : 6 lembar roti tawar, 3 kuning telur + 3 butir telur ayam utuh, gula pasir 80-100 gram, susu cair 50 ml, mentega 50 gram dicairkan. Toping bisa diberi keju, almond, kismis, atau coklat.

Telur dan gula pasir dikocok hingga tercampur rata, tambahkan mentega cair kocok lagi,tambahkan susu air. Atur roti tawar di loyang, lalu siram dengan bahan yang sudah diaduk hingga tercaur rata. Kukus atau oven hingga matang.

Lalu mbak Citra mendemokan grilled chicken dengan  salad sayur. Bahannya daging dada ayam direndam dengan lada, jahe, bawang putih,kecap asin,gara. Direndam kurang lebih 1 jam lalu dipanggang higga berubah warna kecoklatan menggunakan teflon aja. Bahan salad sayur mentimun, wortel, kol ungu, selada dan paprika diiris halus.
 Saat  disajikan di piring dengan salad sayur, dihias dengan bunga talang. bunga talang bisa langsung dimakan begitu saja, mengandung vitamin C yang tinggi.


 Setelah itu ada sesi demo  membuat kopi dari Boim, barista cafe Coffee Toffee.Yang didemokan di sini favorit menu coffee toffe yaitu kopi mount Malabar Untuk menyeduh kopi dibutuhkan air mendidih 70 derajat. Cita rasa kopi mount malabar ini cenderung citrus (asam), floral dan coklat. Ketika mau menyeduh kopi, diamkan air mendidih kurang lebih 2-3 menit dulu. Baru kopi kita saring bisa menggunakan dengan kertas tisu dan corong. Saat blooming ini dibutuhkan kurang lebi 30 menit, untuk mengurangi zat karbondioksida dan agar kopi mengembang.


  Demo masakan selesai, mari kita menuju acara utama edukasi perencanaan keuangan rumah tangga, dibawakan oleh Ibu Eny Oktaviani, regional sales manager Mandiri Surabaya. Sebagai iu rumah tangga selalu saja mempunyai keinginan yang macam-macam. Misalnya ingin mempunyai mobil baru, rumah, HP baru, dan lain-lain. Semuanya itu bisa didapat dengan cara kredit maupun tunai. Tapi ingat ya, jangan lebih besar pasak daripada tiang. Untuk itu dibutuhkan pencatatan kas. (Yeay saya sih sudah dari dulu ) saya mencatat pengeluaran dan pemasukan uang dari suami masih secara konvensial . hahahahaha...warisan dari iu sih. Tujuannya agar tahu bulan ini lebih banyak pengeluaran atau pemasukannya.Jadi semacam bikin Neraca gitu di buku Kas.

Fungsi perencanaan keuangan sangatlah penting untuk antisipasi nantinya buat  masa pensiun maupun menghadapi inflasi. Untuk menghadapi masa pensiun kita sebaiknya mempunyai perencanaan keuangan yang matang. Selain menabung, kita bisa mempersiapkan masa depan dengan melakukan investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Satu lagi kita sebaiknya juga mempersiapkan dana darurat. Dana darurat yang dimaksud di sini adalah dana yang dibutuhkan sewaktu - waktu, misalnya ada anggota keluarga yang sakit, kecelakaan, bencana maupun biaya kerusakan alat rumah tangga. 

Kelolalah  resiko dengan proteksi aset, misalnya dengan ikut asuransi. Bila kita membeli mobil, ikutlah asuransi, jadi kalau ada kerusakan kita tak terlalu merogoh kocek banyak. Kelola hutang sebaik-baiknya. Jangan sampai kita hutang namun saat pelunasan bersamaan dengan biaya pendidikan anak. Akhirnya keuangan semakin minus.Bijaklah dalam berhutang.

Sebaiknya kita mulai memikirkan investasi jangka panjang dan jangka pendek. Dalam berinvestasi kita sebaikya pintar meminimalisasi resiko jangka panjang. Misalnya kita bisa investasi  saham, property, antam. Saah satu peserta ada yang bertanya, bagaimana kalau investasi perhiasan emas ? Boleh kita menyimpan perhiasan emas, selain untuk aksesoris juga penjualannyalebih cepat namun kita pasti terkena biaya potongan pembuatan. Jadi lebih baik menyimpan antam. Boleh sih menyimpan perhiasan emas tapi kita harus tahu resikoya. Belilah emas saat harganya turun. Terkadang kita juga mempunyai uang nganggur lebih baik kita depositokan saja.

So, ingin hidup kita lebih happy, ulailah sekarang dengan Perencanaan Keuangan.

No comments:

Post a Comment