Belajar #FOODINSTAGENIC di Ibis Styles Surabaya Jemursari Surabaya

Setiap kali melihat postingan teman-teman foodblogger di instagram, rasanya ingin belajar memotret makanan seperti mereka. Foto-foto makanan mereka bikin ngiler pengin icip-icip. Pas banget keinginan untuk belajar foodinstagenic ini bersambut, ada ajakan dan undangan untuk belajar foodinstagenic bersama Inijie di Hotel Ibis Jl. Jemursari 110 Surabaya.

Hari Jumat 20 Oktober 2017 di hotel Ibis Jl. Jemursari Surabaya. Kesempatan belajar memfoto makanan nih, apalagi temanya capturing instagenic food  flatlay. Selama ini saya masih merasa kurang ketika memfoto makanan terutama mengambil angel dan masalah property. Bagi foodphotographer, makan sebelum foto adalah wajib. Dan pantang makan sebelum makanan dingin . Maksudnya sebelum mendapatkan foto yang  pas dan mengunggah selera.hehehehehe…



Apa saja sih yang diperlukan biar foto makanan instagramable? Koko Inijie menjelaskan dengan gayanya yang ceria dan gamblang serta tanpa pelit ilmu. Hal – hal penting untuk mengambil foto Instaganic Flatlay adalah:


1.Natural Lighting
Paparan sinar matahari memang paling bagus dan natural untuk pengambilan foto. Sebaiknya mengambil gambar pada pukul 9 pagi maka  sinar akan terlihat dari kiri, sedangkan pengambilan gambar saat pukul 3 sore maka peninaran akan terlhat dari kanan. Pegamilan objek gambar pada pukul 12 iang maka arah cahaya dari belakang.


Jika ingin mengambil foto makanan di sebuah restaurant, biasanya Inijie lebih menyukai meja yang dekat dengan  jendela untuk mendapatkan natural lighting dari matahari.
Tehnik pengambilan foto flatlay, biasanya kita mengambil gambar melalui kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Dan objek diletakkan pada permukaan yang datar atau flat, menghadap ke kamera.


2.Background
Backgroun yang digunakan bisa putih, hitam, abu-abu atau warna pastel. Bisa juga meja kayu yang ada di restaurant. Background bisa menggunakan kertas atau kain, atau bisa juga bel yang sudah jadi dan sudah bayak dijual di toko online. Ketika di restaurant, pastikan sebelum memotret objek, posisimeja bersih tidak ada tetesan makanan.


3.Proporsi
Aturlah objek agar terlihat teratur dan memperlihatkan kesan yang indah. Objek bisa diatur secara teratur atau berantakan
(messy).Posisi bisa handsinframe, shadow play, candid, shoe-fie. Saat ingin memfoto secara shoe-fie tapi kaki  kurang panjang bisa diakali dengan duduk agak rebahan di kursi.
Untuk pengambilan foto makanan kita bisa mengatur sesuai dengan keinginan kita, yang terpenting pengambilan anglenya. Bisa juga tidak mengambil semua foto atau hanya terlihat sebagian saja. Mau difokuskan ke makanan yang mana, yang penting ketika diunggah, bisa terlihat mengunggah selera.
Satu lagi jangan lupa untuk memakai property dan editing sebelum diunggah di Instagram.
Property bisa Koran luar negri, majalah, kacamata, biji-bijian, bumbu dapur dan lain sebagainya. Pilihlah property yang mendukung dengan tema . Misalkan temanya makanan dan travelling bisa ditambahkan koran,kacamata dan topi.


Setelah acara sharing instagenic food play photography selesai, para peserta diajak keliling isi hotel, sebelum mempraktekkan ilmu yang barusan didapat di reastaurant Streat. Kami dikenalkan beberapa fasilitas yang ada di Hotel Ibis Style Jemursari. Hotel Ibis ini berada di bawah naungan Accor Hotels yang sangat terkenal dari Perancis.

Kita diarahkan ke Restaurat Streat dimana nanti buat praktek flatlay. 

Restaurant streat menyajikan menu Nusantara maupun Western.Misalnya rawon, Miso, tahu tek, rujak cingur dan sop buntut,aneka penyetan untuk menu utamanya. Masih ada snack dan makanan pencuci mulut, dan masih banyak menu lainnya.Tak lupa aneka minuman seperti es campur, teh dan kopi. Dan bagi lidah saya semua enak. Jika anda menginap di sini sudah include breakfast lho ya. 
Restauran buka dari pagi saat breakfast sampai dinner.
Miso

Rawon

Restaurannya dengan tempat duduk indoor, dengan hiasan dinding penuh warna. Dan suasananya cukup romantis dengan hiasan lampu gantung kotak redup, saya jadi membayangkan dinner dengan Suami di sini malam hari sambil menikmati kerlap-kerlip lampu kota Surabaya dari atas gedung . So sweat.😍

Kemudian berpindah ke tempat meeting room. Ada  5 meeting rooms. Ada yang berkapasitas 25-30 orang, lalu 125 orang dan 60-80 orang. Fasilitas ruang meetingnya secara table round dilengkapi dengan audiovisual yang update.


Kebetulan saat itu ada yang sedang berulang tahun dan menggunakan meeting room lantai 11.

 Ketika melihat desain dan interior Hotel Ibis Style Jemursari warna pastel mendominasi dan terkesan ceria. Seperti terlihat di lobby, kursinya warnanya seperti permen,  kuning, hijau dan orange.





Lobby Hotel




Rombongan diajak ke lantai 7 untuk melihat 2 macam kamar yang disediakan di sini. Hotel Ibis Style Jemursari mempunyai 132 kamar dan 6 Suites. 


Standart 1 dan suites mempunyai fasilitas yang sama. Yang membedakan hanya luas ruangan dan bednya.  mempunyai fasilitas kamar mandi dengan shower, TV LCD 32 inchi, meja dan kursi untuk bekerja, hairdryer, free WIFI internet dan safety box seta lemari pakaian. Untuk Standart 1 luas sekitar 2 meter persegi,dengan double bed. Di sini kita bisa nambah bed bila tidur degan anak-anak, tambahan bednya sekitar 300-an ribu.
Standart room 1


Standart room 2

Puas melihat kamar, kami melihat fasilitas rekreasi. Ada kolam renang di rooftop, di lantai 11. Ada juga gym dan spa.
Kolam renang berdekatan dengan restauran Woot. Pemandangan kala sore hari sangat indah dengan pemandangan kota Surabaya.

 
Gym dekat swimming pool

 Pssst, Hotel Ibis Style ini mempunyai kelebihan lho, bisa diakses dari dua arah jalan. JalanJemursari dan Jl. Kendangsari. Stafnya ramah dan penuh senyum. Parkir mobil atau motor bisa dari kedua arah tersebut. Tempatya sangat cocok buat meeting, weddig,ultah atau pertemuan lainnya. Akses parkiran mudah, Dan letak hotel dekat kawasan Rungkut Industri dan Bandara Internasional Juanda.

Puas mengelilingi hotel, saatnya praktek Flatlay di restauran Streat. Teryata mengambil foto flatlay itu nggak mudah. Kudu posisi handphone atau kameran lurus dari atas dan nggak boleh goyang. Aku lihat ada teman yang sampai jinjit kakinya dan naik ke kursi untuk mendapatkan foto yang mengunggah selera.Saya masih belajar ya sudahlah hasilya banyak yang goyang, nggak fokus tapi ada beberapa yang lumayanlah lalu saya upload di Instagram. Kata Inijie untuk mendapatkan hasil baik, harus sering praktek, dan bisa cari referensi dari Pinterest atau melihat foto IG para foodblogger yag lain, Titu, Amati dan Modifikasi.

Ah nggak terasa hari sudah Maghrib, saatya saya beranjak pulang ketemu anak-anak . Hari Jumat yang penuh berkah, dapat ilmu #Foodinstageni dan diajak keliling hotel serta mencicpi hidangannya.

Gimana kalau anda punya acra ultah, perkawinan, meeting atau pertemuan, silakan gunakan Hotel Ibis Style by Accor Hotel dengan harga yang terjangkau,aksesya mudah, tempat parkiran bisa dari 2 arah jalan.

Hotel Ibis Style Surabaya
Jl. Jemursari No 110-112, Surabaya
Phone (031) 8498999
IG  : @ibisstylesub

Selain itu ada Hotel Ibis Budget HR Muhamad, Lokasinya di Jl. HR. Muhammad 24 Surabaya. Hanya 30 menit dari bandara Juanda. Dengan 148 cocoon room. Bisa untuk 1, atau 3 orang sekamar. Healthy buffet breakfast 60.000/nett for all you can eat buffet  breakfast from 0.00-10.00
Akses hotel juga dekat dengan Supermall Pakuwon Indah, kurang lebih 10 menit saja.

Previous
Next Post »