Membuat Patung Sederhana Dari Gypsum

Patung Sederhana Dari Gypsum

beberapa waktu yang lalu, Lantip anakku ragil mendapat tugas untuk membuat patung. Boleh patung dari bahan platisin, bahan semen putih, atau gypsum. Sebagai emak-emak yang tak pernah beurusan dengan seni, dan hanya berkecimpung di dapur. Saya berpikir, gimana ya cara membuat patung sederhana ?Bahannya yang udah dan sekiranya sebagai Ibu saya bisa membantunya. Dulu sih kakaknya membuat patung Monas dari kerangka kawat lalu dibalut dengan rendaman kertas koran bekas yang sudah dicampur dengan lem kanji. Lantip memberikan ide dari bahan gypsum atau semen putih yang dicetak di celengan saja.


Oke, akhirnya berburu celengan plastik. Awalnya sempat ingin membuat patung mobil dari gypsum saja. Namun mencari celengan bentuk mobil susah, adanya hanya celengan bentuk jago dan kucing. Saya beli kedua celengan tersebut, kucing dan jago.

Bahan yang diperlukan untuk patung gypsum:
- Celengan  plastik bentuk kucing
- Gypsum sekitar 1,5 kg untuk celengan yang ukuran sedang
- Cutter
- Ember atau bekas kaleng cat
- Air secukupnya
- Cat untuk finishingnya

Cara membuat:
1. Lubangi bagian bawah celenganuntuk menunggu gypsum
2. Campur gypsum dengan air di ember dan diaduk rata, jangan terlalu encer. Gunakan sarung tangan karet agar tangan tak kotor.
3. Lalu masukkan adonan dalam celengan melalui lubang. Dan isi dengan penuh.
4. Dengan posisi tebalik, jemur sebentar kurang lebih 1 jam agar adonan padat. Tunggu sampai kering.
5. Kalau sudah kering buka celengan dengan menggunakan cutter. Dirobek plastiknya. Bila ada grupil atau ada bagian yang kurang rata bisa diratakan dengan mengoleskan adonan memakai solet.Tunggu samapi kering dulu.
6. Biar halus diamril memakai amril kayu.
7. Terakhir untuk finishing, cat .
Kalau Lantip kemarin menggunakan cat akrilik.

Gambar di atas, patung setelah dilepaskan dari plastik celengan dan belum dicat. Pssst... itu patung kedua yang berhasil, sebelumnya mencoba membuat dari cetakan ayam jago, tapi saya membuat adonan terlalu encer, dan hanya padat setengah saja di bagian badannya. Hahahahhaha...kepala dan buntut hilang.Pada percobaan kedua memakai patung kucing baru berhasil, itu pun masih gropil alias gowang di bagian perut. Lalu ditambal lagi biar kelihatan rapi.
Patung sederhana dari gypsum akhirnya jadi setelah melalui 2 kali percobaan. Dan siap dikmpulkan. Sayang patungnya dicat merah sama lantip, dan dia nggak mau memfoto hasil akhirnya. Katanya maluuuu...karenakucingnya warnanya meah menyala.
Apa pun itu Le. kamu sudah penglaman membuat patung sederhana, siapa tahu kelak kau jadi Bapak bisa kau ajakan pada anakmu.
 
Previous
Next Post »