Nikmatnya Semangkok Soto Ledokan Kartosuro

Soto Ledokan Kartosuro

Indonesia kaya akan jenis soto. Ada Soto Padang, Soto Banjar, Soto Madura, Soto Lamongan dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membahas nikmatnya soto "Ledokan " Kartosuro.
Soto ledokan berada di Jl. A Yani Kartosuro, bila anda dalam perjalanan dari arah Yogya, warung ini berada di kiri jalan, samping toko Laris.Warungnya hanya kecil, dan buka dari jam 6 pagi- 19:00 WIB. 

Saya awal Oktober lalu selepas nyekar makam Bapak di daerah Sawit, Kartosuro. Mampir sarapan dulu di Soto Ledokan ini. Di warung soto Ledokan ada 2 variasi soto yaitu soto ayam dan soto daging. Ada beberapa pilihan lauk yang disediakan di meja, seperti: sate telur puyuh, sate hati ayam (hasil ungkepan hati ayam, digoreng lalu ditusuk seperti sate), tahu dan tempe goreng, babat ungkep, sosis, dan mentho. Untuk harga per satuan maaf saya lupa menanyakannya. Sedangkan minumannya ada es teh, teh manis, es jeruk dan jeruk anget. @ 3000 

Saya datang di soto Ledokan kurang lebih pukul 07:30, masih lumayan sepi. Tapi beberapa menit kemudian tampak parkiran mobil berderet di depan warung. Karena warungnya hanya kecil, jadi parkiran pun hanya di pinggir Jalan. Terkadang sampai memanjang, mensiasati agar dapat parkiran yang lebih dekat dengan warung, datanglah agak pagi sekitar jam 6:30 - 07:30. Sambil menunggu pesanan soto datang, ada hiburan musik jalanan dengan lagu-lagu langgam dan keroncong. Dibawakan pengamen di depan warung menggunakan iringan musik bas betot dan gitar. Sambil nyemil tahugoreng saya nikmati lagu keroncong " Bengawan Solo...Riwayatmu kini..."

Saya memesan soto daging sapi. Semangkuk dihargai @10.000. Cara penyajiannya soto dan nasi dicampur ya bukan dipisah. Irisan dagingnya pun lumayan besar. Dan untuk ukuran perut saya, semangkuk ini sudah terlalu kenyang banget. Hampir saja tidak habis.Lain kali saya pesen nasinya setengah porsi sajalah daripada kekenyangen.Satu mangkuk soto berisi, nasi, kecambah, irisan daun bawang dan seledri serta irisan daging sa[i dipotong kotak dadu.Kuah sotonya bening tidak ngendal,  dagingnya pun empuk, makanya kok laris,la wong 10 ribu sudah mele-mele alias wareg bin kenyang.

Nah kalau dinamakan soto "Ledokan" karena tempatya yang menjorok ke bawah, dalam bahasa Jawa Ledok berati menurun. Ketika mau masuk warung kita menuruni tangga. 
Kalau untuk tempat duduk dan meja, hanya meja dan kursi kayu memanjang bisa diisi sekitar 6 orangan. Dan mejanya hanya dialasi perlak plastik dari salah satu sponsor kecap.😃

Hmmm nikmatnya semangkok Ledokan pagihari membuat perutku terasa peuh hingga sore hari. Dan saya pun tak lupa bawa oleh-oleh lauk buat Ibu di rumah 5 buah sosis Solo. 
Yuk yang sedang liburan atau lewat kota Solo silakan mampir di warung Soto Ledokan. Selamat berkuliner dan menikmati.

Soto Ledokan Kartosuro Jl. A. Yani no 3. Kartosuro
telp : (0271) 781084

https://www.google.co.id/maps/place/Soto+Ledokan/@-7.5504432,110.7356023,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2e7a14f71dcc1dbd:0x975cf19294ba4280!8m2!3d-7.5504432!4d110.737791?hl=id 


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Muns Fadh
admin
21 November 2017 at 07:44 ×

Depan Warung nya gak difoto sekalian? Siapa tau bisa mampir. Harganya murah banget

Congrats bro Muns Fadh you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar