Ini Keunikan Tempat Wisata Bernama Taman Trunojoyo di Malang

Sumber : wardhanaivan25.blogspot.co.id
Eh nggak terasa sudah akhir tahun saja, akhir tahun pasti bersamaan dengan liburan sekolah anak-anak, gimana kalian sudah punya rencana menghabiskan liburan akhir tahun kemana?
Biasanya akhir tahun saya mudik ke Solo, tapi tahun ini penginnya liburan ke tempat yang dekat-dekat dari Sidoarjo.  Cari liburan yang murah, nyaman dan anakku pun happy karena sudah bisa keluar dari rutinitas. Si Ragil mengajak  ke Malang naik kereta api, biar terhindar dari macet.

Berkunjung ke Malang di Jawa Timur memang menawarkan suasana yang berbeda. Kota yang kerap disebut sebagai kota pelajar kedua setelah Yogyakarta ini menawarkan berbagai macam tempat-tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata di Malang yang sering dijadikan sebagai tempat bersantai sekaligus belajar banyak hal adalah Taman Trunojoyo. 

Taman yang baru hadir pada tahun 2015 ini dahulunya hanyalah hutan kota yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar. Bahkan, banyak yang menyebutkan Taman Trunojoyo adalah salah satu tempat yang cukup menyeramkan di malam hari. Hal ini ditambah dengan kehadiran para pedagang kaki lima yang menggelar lapak mereka di malam hari sehingga membuat lingkungan di sekitar taman menjadi kumuh. 


Namun, pada tahun 2015 yang lalu semuanya berubah. Taman Trunojoyo kembali ditata dengan baik. Taman ini dibagi menjadi dua yaitu bagian utara dan selatan. Trotoarnya dibuat lebih lebar sehingga pejalan kaki dapat lebih nyaman berada di dalam taman. Kebersihan taman pun kini benar-benar dijaga sehingga menghilangkan kesan kumuh dan menyeramkan. Sejak saat itu pula Taman Trunojoyo akhirnya menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang diperuntukkan bagi warga atau wisatawan untuk melihat sisi lain dari kota Malang.
Lalu, apa saja hal yang menarik dari Taman Trunojoyo ini? 


1. Rekreasi untuk anak-anak

Sumber: solopos.com

Setelah diperbaiki dan mengubah hutan kota menjadi taman, tempat ini kini memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan sebagai arena permainan untuk anak-anak. Taman Trunojoyo memiliki beberapa macam jenis permainan yang dapat digunakan untuk anak-anak seperti ayunan berwarna-warni, hingga air mancur ya dibuat secara interaktif dan membuatnya tampil lebih cantik dipandang.
Selain itu terdapat juga area khusus berupa pasir putih bagi anak-anak yang ingin merasakan suasana pantai. Tidak heran banyak warga Malang yang mengajak anak-anaknya untuk menikmati tempat wisata ini sembari bermain atau rekreasi. 


2. Piknik untuk keluarga

Sumber : jalan2kemalang.blogspot.co.id
 Selain untuk kegiatan bermain anak-anak Taman Trunojoyo yang baru ini memiliki suasana yang lebih nyaman karena disekitarnya terdapat berbagai macam tumbuhan hijau, bunga hingga pohon-pohon yang lebih tertata rapi. Banyak keluarga datang berkunjung untuk piknik. Tidak hanya itu saja beberapa anak-anak muda juga "nongkrong" di taman sembari berbagai cerita seru bersama teman-temannya.
Baca juga : Batu Secret Zoo Malang

3. Pijat refleksi pelepas penat

Sumber : alvathtembria.blogspot.co.id
 Pernah melakukan pijat refleksi di taman? Bagi pengunjung yang penasaran, mungkin ini adalah hal yang bisa dilakukan saat liburan ke Taman Trunojoyo. Pihak pengelola menyediakan beberapa tempat khusus pijat refleksi, dimana pengunjung bisa bersantai dan mengendurkan otot-otot yang terasa tegang setelah beraktifitas seharian. Suasana taman yang sejuk plus kehadiran pijat refleksi memang benar-benar membuat siapa saja yang datang dimanjakan dengan kenyamanan. Hati-hati, jangan sampai tertidur ya!

4. Perpustakaan di bagian utara taman

Sumber : cendananews.com
 Hal menarik lainnya dari Taman Trunojoyo, adalah adanya perpustakaan yang menyediakan beragam buku yang menarik dan dapat dibaca oleh para pengunjung. Untuk bisa bersantai sekaligus menikmati bacaan dari perpusatakaan di taman ini pengunjung hanya perlu menukarkannya dengan kartu identitas atau KTP saja. Jika sudah selesai membaca dan ingin mengembalikan buku, maka pihak pengelola perusatakaan akan mengembalikan pula KTP pengunjung.
Penasaran ingin rekreasi di taman ini? Wisatawan yang sedang berada di kota Malang bisa langsung menuju Jalan Trunojoyo, Klojen, Malang atau berada di dekat stasiun kota Lama kota Malang .
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Anisa Ae
admin
24 December 2017 at 14:35 ×

Anakku senang banget kuajak ke sini, ke tempat yang ada air mancurnya itu. :D

Reply
avatar
Tatit
admin
24 December 2017 at 17:21 ×

Lantip seneng di perpustakaannya, dan duduk di bawah pohon

Reply
avatar
Nining
admin
27 December 2017 at 20:43 ×

Aku aku akuuu belum pernah ke sini, padahal seriiiiing banget lewat sini hihihi.

Reply
avatar