Makan Tom Yam Di Restaurant Kertanegara Malang


Ketika berkunjung ke satu daerah, tak lupa pasti mencicipi kulinernya. Mau yang jajanan kaki lima atau rumah makan pun saya oke saja. Nah akhir Desember 2017, saya menikmati liburan akhir semester sama si Ragil di Malang, sekalian mnemani suami yang ada kerjaan di salah satu instansi di Malang. Yo golek duit, yo plesiran karo keluarga. Kami  diajak rekan suami, makan malam di rumah makan Kertanegara. Ini kali pertama saya makan di sini, biasanya kalau ke Malang kalau  nggak makan siang di depan stasiun, ya paling jajan bakso aja. 


Rumah makan Kertanegara terletak di dekat Bundaran Tugu Malang tepatnya di Jl. Kertanegara 1 Malang. Design rumah makannya mengedepankan konsep Jawa. Seperti terlihat ketika masuk ada rana (pembatas ruangan terbuat dari kayu jati dengan hiasan tengahnya kulit kerbau bergambar wayang  ), juga ada 2 patung Petruk dan Semar.

Selain itu di sisi kiri kita bisa menikmati live musik, bisa request lagu juga lho. Saat saya datang kemari, saya perhatikan ada salah satu pengunjung yang menyumbangkan suara merdu untuk temannya.
Tempat duduk kita bisa memilih outdoor maupun indoor. Eh di sini bisa juga untuk meeting, ada fasilitas wifi dengan kapasitas ruangan untuk kurang lebih 30 orang.
suasana indoor
 Saya memilih duduk di luar, weladalah ternyata dingin poool karena saat itu hujan dan kondisi tubuh kurang fit.  Sebenarnya mas bojo sudah memilih di dalam saja, tapi aku pengin lihat pemandangan luar sambil lihat mobil lalu lalang.  Menu makanannya menu masakan Indonesia, China, aneka menu bakar. Minumannya ada  jus, kopi, teh hangat, atau soft drink dll.

Pas lihat menu, saya langsung tertarik dengan  tom yam, lalu tanya sama waiter menu favoritnya apa? Ternyata gurame 3 rasa. Oke akhirnya kami memesan gurami 3 rasa, tom yam, cumi goreng tepung, cah cuciwis dan tahu goreng. Minumannya pilih teh hangat saja, jeruk hangat dan es vanilla. 

Tom yumnya bagi lidah saya pas banget, apalagi saat itu cuaca dingin. Rasanya asem,manis, pedas segar. Isiannya amur kuping, tomat, jamur merang, cumi dan daging ikan kakap.

Malam pun terus beranjak dan Mas Bojo masih asyik bercengkerama dengan rekannya, asyik menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaannya. Dan saya pun asyik menikmati tom yum Kertanegara diiringi live musik. Si ragil sudah mulai bosan dan bermain Hapenya. Kaki ku pun memberi kode, agar segera kembali ke penginapan, besok masih ada yang harus disiapkan sekalian pulang ke Sidoarjo.

Alhamdulillah perut kenyang dan makan tom yum keturutan di Ruma makan Kertanegara. semoga lain waktu bisa kembal lagi untuk mencoba menu lainnya. Semua menu yang aku coba saya nilai 7-8. Pelayanannya ramah dan cepat. GPL gak pakai lama.

1 comment: