Pameran Seni dan Karya kelas 9 SMP Negeri 1 Gedangan Dalam Rangka Tugas Akhir Seni Budaya 2018

Karya anak 3 G SMP N 1 Gedangan
29 Maret 2018, SMP Negeri 1 Gedangan mengadakan pameran seni dan karya sebagai tugas akhir mata pelajaran Seni Budaya. Pameran ini dikuti oleh seluruh siswa kelas 9. Salah satunya adalah kelas 9 G, dengan wali kelas Ibu Parisa. Pameran ini diadakan tiap tahun sekali. Tiap kelas disuruh menentukan tema untuk pameran. Tema untuk menentukan dekorasi kelas dan karya apa saja yang akan dipajang. Dari ide membuat poster, tema dekorasi untuk menarik siswa datang ke kelas masing-masing, dan bagian yang diunggulkan tiap kelas. 


Kelas 9 G mengambil tema Old and new, dalam 4 hari mereka bekerja sama untuk memberikan tampilan yang terbaik. Tiap kelas ada unggulan masing-masing di antaranya  stand photo booth, ada lomba post  foto di IG dengan penampilan yang terbaik, ada juga pemberian souvenir 50 peserta pertama yang datang, dan kelas 9 menampilkan DJ perform dari salah satu siswa.

Tujuan diadakan pameran seni dan karya ini, tentu saja untuk melihat kemampuan siswa di bidang mengordinasi, mengatur, dan bekerja sama, serta menekan ego masing-masing demi mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk anak usia ABG seperti ini, penting menyalurkan bakat dan kreativitas anak dalam bidang seni. Kegiatan ini sungguh positip,  bagaimana menekan ego dari tiap siswa bila tak sepemikiran idenya. Anak pun bisa belajar mengambil sikap di antara perbedaan. Anak-anak pun belajar kerja sama agar penampilan kelas terlihat cantik dan menarik.

 
Lantip Nge DJ di depan guru

Pameran tidak akan berhasil  bila hanya dikerjakan sendiri. Dan sebaiknya memang ada point-point tugas tertentu di tiap siswa. Ada bendahara, bagian dokumentasi, musik, dekorasi, poster, bikin woro-woro lewat socmed.

Setelah pameran masih ada lagi kegiatan Ujian Praktek seni dan budaya berupa seni tari tradisional,  band, patrol, dan DJ. Selain pameran seni dan karya siswa masih dilanjut dengan ujian praktek seni dan budaya hari Sabtu dan Senin dengan dikemas dalam gebyar kreativitas dan seni Spensaged

Menurut Bu Sam (guru seni dan budaya SMP 1 Gedangan), tiap tahun selalu ada bakat baru yang ditemukan saat ujian praktek dengan dibungkus gebyar kreativitas dan pentas seni. Seperti tahun ini ada DJ. Dengan begini anak-anak jadi tahu, profesi itu bukan hanya dokter,guru, akuntan saja. Namun dari bidang seni pun bisa menghasilkan .
Lantip performance DJ pertama kali


Lantip Ujian Praktek Seni Budaya nge DJ di depan teman sekolah

Semua acara berjalan dengan lancar dan semoga bakat-bakat seni bisa disalurkan dan ditemukan dalam pameran seni dan karya kelas 9 SMP Negeri 1 Gedangan berikutnya.

No comments:

Post a Comment