Bolu Kukus Pandan Pasti Mekar


Kepengin bikin bolu kukus pandan ini gara-gara melihat pandan di halaman tetangga sebelah tumbuh subur. Saya minta kurang lebih 20 lembar daun panda plus 5 lembar daun suji. Kemudian daun pandan dan daun suji diblender dicampur sedikit air lalu diperas, alhamdulillah bisa digunakan sebagai bahan pewarna alami. Dan harumnya pun lebih wangi dan khas daun pandan. Untuk resep saya mencontek di Instagram Doyan Baking. Kunci dari bikin bolu kukus adalah ketika mengukus sebaiknya menggunakan api besar. Dan isian di cup kudu penuh biar bisa tertawa ngakak ya...itu si kue bolu.
 Baca juga : 10 Bahan Pewarna Alami Makanan
 
Ketika kejenuhan melanda dan ketika pikiran negatif menghampiri selain saya lampiaskan dengan merangkai kata di laptop, biasanya  mencoba resep-resep masakan. Kalau punya kegiatan untuk berpikiran negatif meratapi nasib, pelan-pelan akan hilang.

Udah ah, nggedabrusnya. Berikut ini bahan Bolu Kukus Pandan
- 100 ml air blenderan daun pandan dan daun suji
- 100 ml santan ( saya menggunakan santan kara kecil + air )
- 1/4 sendok teh pasta pandan
- 1 bungkus vanili bubuk
-2 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh soda kue
- 240 gr gula pasir
- 1/4 sendok teh baking powder
- 250 gr terigu protein sedang merk segitiga
- 100 gr mentega dicairkan

Cara membuat Bolu Kukus Pandan:
1. Campur santan, 200 gr gula pasir serta air blenderan pandan , dan pasta pandan hingga gulanya larut.

2. Kuning telur dan sisa gula 40 gr, baking powder, soda kue dan vanili dimikser dengan kecepatan tinggi sampai putih pucat dan mengemban.

3. Masukkan campuran air pandan dan terigu bergantian. Dimikser dengan kecepatan rendah.Bila sudah tercampur rata matikan mikser.

4.Masukkan mentega cair, diaduk menggunakan spatula dengan tehnik  putar balik alias berlawanan dengan arah jarum jam. Aduk hingga tercampur rata.

5. Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah diberi cup. Masukkan adonan ke dalam cup hingga penuh .

6. Kukus sampai matang kurang lebih 15-20 menit. Ingat tutup dandang dialasi dengan serbet dahulu. Agar air tidak menetes ke dalam adonan. Kukus menggunakan api besar.

7. Angkat dan sajikan.

Bolu kukus pandan pasti mekar ini, aromanya wangi dan sangat cocok buat jualan atau sajian arisan. Bahkan nyemil dengan ditemani dengan secangkir teh atau kopi.

5 comments: