5 Menu Sarapan Sekitaran Jl. Dhoho Kediri

Soto Pakelan
Akhir pekan lalu , saya ngikutin suami yang sedang dinas di Kediri.Kami menginap di hotel Merdeka. Hotelnya berada di tengah kota dan bersebelahan dekat dengan jl.Dhoho. Enaknya menginap di hotel tengah kota begini. Selama menginap 3 hari di Kediri, saya kulineran dari sarapan sampai makan malam hanya di sekitaran Jl. Dhoho. Nah ada 5 menu sarapan di sekitaran Jl. Dhoho Kediri yaitu:
1. Soto Pakelan Ny. Sien
Salah satu alternatif satrapan di kota Kediri, anda bisa ke soto Pakelan. Soto ayam kampung, dengan kuah bening dan toping kecambah serta bihun. Soto ini berada di Jl.Untung Suropati no 1-3 Kediri. Anda bisa memesan soto lontong, soto kentang atau menu baru soto kwetiau. Semangkuk soto @ 18.500

2. Soto Podjok
Soto Podjok Kediri

Soto ini salah satu kuliner legendaris di Kediri. Berdiri sejak jaman penjajahan Belanda, sekitar tahun 1926 . Dan sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiga. Makan di tempat ini, langsung tertarik dengan bangunannya yang lawas, toples jadul dan meja kursinya dari kayu jati. Kita bisa memilih tambahan juga, uritan, rempelo ati atau tahu. Saya kemari memilih tahu goreng. Tahunya dihidangkan di piring tersendiri dengan dibubuhi kecap di atasnya.




Soto Podjok terletak di Jl. Dhoho 146 Kediri. Soto ayam di sini  cenderung gurih, tapi memang porsinya sedikit. Cukup dan cocok untuk porsi sarapnlah. Harga soto Rp 17.500.

3. Pecel Tumpang
Pecel tumpang salah satu makanan khas Kediri juga. Pedagang pecel tumpang palng banyak mangkal saat malam hari di sepanjang Jl. dhoho. Namun di pagi hari pun ada beberapa pedagang yang menjajakan pecel tumpang. Makan pecel tumpang dengan cara lesehan di emper toko membuat sensasi tersendiri. Ada beberapa lauk yang ditawarkan yaitu babat goreng, paru goreng, sate telur puyu, dadar jagung, telur dadar, sate usus, tempe dan tahu goreng. Bagi penggemar pedas pasti suka dengan nasi pecel tumpang. Namun karena saya kurang suka pedas bagi saya nasi pecel tumpang kurang oke.Mendingan nasi pecel saja tanpa tumpang

Nasi pecel tumpang, terdiri dari nasi dan aneka rebusan sayuran : pepaya muda , kembang turi, daun singkong, taoge, kacang panjang lalu disiram dengan bumbu pecel dan sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari tempe semangit alias tempe kemarin yang direbus lalu dibumbu bawang merah, bawang putih, kencur, lombok merah. Bumbu dan tempe direbus kemudian dihaluskan dan terakhir dimasukkan santan kental.

 Kemarin saya sarapan pecel di sepanjang jl. Dhoho ini, sayang lupa menanyakan harga karena saat itu ditraktir teman kuliah. Layo sungkan mau tanya harga hahahahaha...Yang jelas kami makan bertiga dengan minuman plus lauknya nggak sampai habis 60 ribu.

4. Bubur Ayam
Sarapan bubur ayam adanya pagi hari dari jam 05:30- 09:00. Semangkuk bubur ayam harganya Rp 8000. Bubur ayam lengkap dengan kerupuk. Bubur ayam Bandung, tak beda dengan bubur ayam di kotaku. Bubur dengan toping ayam suwir,irisan cakue, daun bawang, kedelai goreng dan kerupuk . Walau dijajakan dengan moko alias mobil oko, tapi pengunjungnya tak pernah berhenti. 

5.  Bubur Campur Madura

Bubur campur Madura biasanya mangkal di depan Bandung elektronik jl. Dhoho. Setelah lampu merah PLN. Ibu Ani menjajakan bubur Madura di depan emperan toko ini sudah 15 tahun. Selain bubur Madura, beliau juga menjajakan rujak serut, es dawet campur bubur. Dan bubur gempol. Seporsi bubur Madura hanya Rp 4000 saja. Bukanya sekitar pukul 10:00 WIB. Ada juga aneka gorengan per bijinya Rp 500,00.

Bubur Madura terdiri dari bubur ketan hitam, jenang sruntul, jenang mutiara, jenang sumsum.Lalu diberi santan serta juruh ( kuah terbuat dari campuran gula jawa dan air).


5 menu sarapan di atas bisa anda dapatkan di sepanjang Jl. Dhoho pada pagi hari. Dari penginapan Hotel Merdeka cukup jalan kaki saja sekalian jogging kan. Pembakaran lemak lalu ngisi karbohidrat hahahahaha...melemu tapi tetep bergeraklah, biar seimbang.😀
Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
Anisa
admin
8 September 2018 at 12:11 ×

untuk harganya pas di kantong ya, terjangkau sekali

Reply
avatar
Mega
admin
8 September 2018 at 12:12 ×

Menu menunya menggugah selera, jadi pengen makan

Reply
avatar
Alvi
admin
8 September 2018 at 12:15 ×

Saya salah satu penggear soto, yang paling saya suka soto ayam kampungnya.

Reply
avatar
Diana
admin
8 September 2018 at 12:22 ×

Pecelnya dong hehe, enak pasti

Reply
avatar
Tika
admin
8 September 2018 at 12:25 ×

bubur ayamnya murah banget harganya, hemat kantong banget

Reply
avatar
Li Partic
admin
17 September 2018 at 11:32 ×

Kok pengen nyobain yang aneh2 ya. Soto kwetiau sama dawet bubur :D

Reply
avatar
17 September 2018 at 12:15 ×

Wuaduuuh langsung ngiler bin tarakdungcesss aku mbaaa

Reply
avatar
18 September 2018 at 12:41 ×

Intinya sarapan enak itu pilihane soto, pecel atau bubur ayam :)

Reply
avatar
Heizyi
admin
20 September 2018 at 12:34 ×

Bu Tatit... termasuk geng bubur ayam 'di aduk' atau enggak. Hehe

Reply
avatar