Soto Ayam Pakelan Ny. Sien Kediri

Soto Pakelan Ny. Sien Kediri
Pagi ini mau ngomongin kulinerku waktu menginap di Kediri Minggu lalu ya. Salah satu menu sarapanku saat itu, Soto ayam kampung Ny. Sien Pakelan. Tepatnya di Jl. Untung Suropati no 1-3 Kediri. Sebenarnya dari penginapanku ada 2 warung makan soto ayam kampung. Soto Podjok dan Soto ayam Ny. Sien Pakelan ini. 
Soto ayam di sini beda degan soto ayam Lamongan seperti yang banyak saya jumpai di kotaku Sidoarjo. Kuah sotonya bening karena tanpa koya. Sotonya memakai bihun,setengah potong telur rebus, irisan ayam dan taoge.

Saya memilih sarapan di sini atas rekomendasi mbak resepsionis hotel. Jalan kaki dari penginapan hanya 10 menit saja. Uhuuuy sekalian jogging. Jam bukanya pukul 07:30-22:00 WIB.
 Pelayanannya cepat dan ramah. Ini pertama kalinya saya makan soto ayam di Kediri. Ada beberapa menu soto di sini, soto ayam kentang, lontong soto atau kweetiau soto. Duuu saya telanjur pesen nasi soto ayam. Kemarin datang nggak lihat menu di depan mata yang sudah dipasang segedhe gaban. Apa efek lapar habis jalan ya, langsung pesen nasi aja, hehehehehe. Lain kali pengin nyoba kentang soto ayam ah. 


 Kalau mau nambah lauk juga bisa ada uritan, tahu, tempe, sayap, kepala, perkedel, rempelo ati, jantung, usus. Minumannya kemarin sih saya memilih jeruk hangat. Semangkuk soto ini harganya cukup terjangkau Rp 18.500. Jeruk hangat Rp 7500. Sambil menunggu pesanan saya arahkan pandangan pada mbak pelayan yang sedang meracik soto saya, eh pas bagian mau menaruh kuah di mangkok, kuahnya disaring dulu. Ooo... jadi paham mengapa sotonya leih bening dan seger

Saya suka dengan bentuk mangkoknya, bentuk love. Selain soto, di sini juga menjual aneka kue basah. Kemarin saya beli kroket, siomay ayam, dan tepya. Tepya semacam ote-ote Porong.





Selama duduk makan di sini, pengunjungnya cukup rame ada yang rombongan maupun berpasangan. Saya ke sini sendirian, karena Suami sudah pergi ke Obyek kerjaan pagi-pagi. 
Soto Ayam Pakelan Ny. Sien Kediri ini katanya sih sejak tahun 1990 berdirinya, dan  rasanya sampai sekarang tak pernah berubah. Oke teman-teman,buat kalian yang sedang plesiran ke kota Kediri, soto ayam ini boleh dicoba. Bagi saya kalau dinilai dari 1-10 maka nilai untuk soto ini 8. Tap kan semua tergantng dari selera masing-masing. Gurih dan segarnya kuahnya bikin aku suka.

6 comments:

  1. Tatapanku langsung tertuju sama kue-kuenya. Hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. La sama mbak, akhirnya si kue masuk tas bawa pulang ke hotel hahaha

      Delete
  2. Selain soto juga banyak kue-kuenya ya ...

    ReplyDelete
  3. Pengunjungnya cukup rame juga ya ....

    ReplyDelete
  4. Kalau ke Kediri gak boleh melewatkan warung soto ini ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak, mampir boleh dicoba pas weekend ke Kediri

      Delete