Menikmati Lontong Kikil Sapi Waru Jaya

Lontong Kikil Sapi Waru Jaya
Jika anda mendengar lontong kikil sapi, jangan bayangkan kalau lontong kikilnya akan klintrek-klintrek ya. Malah cenderung seperti sop.Terutama kalau anda menikmati lontong kikil sapi Waru Jaya di dekat terminal Bungur Asih, rasanya segar pedas dan asem karena saya campuri dengan perasan air jeruk nipis dan ditambah dengan sambal, wuiiih mak legender. Apalagi jika disantap saat cuaca mendung atau hujan.

Di Sidoarjo ada beberapa penjual lonong kikil, namun ada 2 yang paling terkenal dan tak pernah sepi oleh pembeli. Yaitu lontong kikil Pak Said di daerah Sepanjang dan lontong kikil Sapi Waru Jaya. 

Saya ke warung lontong kikil Waru Jaya dalam rangka mengantarkan Adikku Yogya mencicipi kulineran Sidoarjo dan sekitarnya setelah mengikuti acara lamaran keluarga dari pihak suaminya. Saya ajak ke lontong kikil , dengan pertimbangan warungnya yang strategis mudah dijangkau dengan kendaraan umum angkot dari rumahku, sepeda motor maupun naik ojek online.


Menu yang tersedia sudah pasti lontong dan kikil sapi tho ya, minumannya ada es teh, teh manis, es jeruk, maupun teh botol. Kalau siang hari apalagi saat akhir pekan warung ini berjejer penuh deretan mobil.  Warung lonton kikil Waru Jaya bukanlah tempat yang cocok untuk nongkrong berlama-lama dengan teman maupun keluarga. Karena mejanya selalu bergilir dengan pembeli.Terkadang kita masih makan, sudah ada yang antri tempat. Sekarang lontong kikil ini juga sudah bisa dipesan lewat Go food.

Seporsi lontong kikil seharga Rp 24.000,00
Makan satu pori cukuplah mengenyangkan perutku yang buncit ini. Rasa kikilnya empuk, bumbunya meresap ke kikil sapi dan langsung legender di mulut. Kuahnya dibubui rempah-rempah yang katanya rahasia si pemilik. tapi saya rasakan ada rasa kunyit, ada ketumbar dan daun brambang. Kuahnya segar dan tidak njendel. Sangat cocok bila diberi tambahan perasan jeruk nipis, dan sambal. Sambalnya sangat unik, karena sambal baang yang dicampur dengan kacang tanah. jadi terasa gurih.



Bila anda sedang berada di Sidoarjo silakan menikmati lontong kikil sapi Waru Jaya yang beralamat di:
Jl. S. parman II/ 47 Waru Sidoarjo



No comments:

Post a Comment