Menikmati Sarapan Rawon Tessy Sebelah Stasiun Malang Baru

Rawon Tessy
Rawon merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Timur. Hidangan ini  berkuah dengan warna hitam dari kluwek dan daging, dengan kecambah pendek, sambal bawag. Apalagi ditambah dengan kerupuk udang, hmmmm...nikmat. Ngomongin rawon, saya jadi ingat ketika ke Malang saya mampir sarapan ke Rawon Tessy.

Rawon Tessy terletak di jl. Embong Brantas , Dalem Kidul Malang. Jika anda naik kereta api dari Surabaya atau Sidoarjo, turun di stasiun Baru Malang. Untuk menuju ke Rawon Tessy, cukup jalan kaki kurang lebih 100 meter dari arah stasiun. Warungnya dekat dengan deretan orang jualan helm. Warungnya berukuran kurang lebih 6 X 3 m. 

Menunya selain rawon ada nasi campur, nasi sop, nasi opor ayam, nasi lodeh pecel, nasi bali telur. Sedangkan minumannya ada es jeruk, teh hangat, es teh, kopi, es soda gembira, kopi susu.
Rawon yang ada di sini, kuahnya tidak terlaluhitam. Namun cenderung agak coklat bening.Bila kita pesan nasi rawon maka akan disertai  sepiring lauk terpisah: ada sate usus, paru goreng, empal, mendol,tempe goreng dan perkedel kentang.
 
Ketika saya bayar di kasir, penasaran dengan nama Tessy ini, saya pikir  miliknya Tessy Srimulat ternyata bukan. Warung Tessy didirikan sejak tahun 2005. Sebelumnya pemilik warung ini bekerja sebagai pelayan di warung makan. Ketika bekerja sebagai pelayan iwarung makan, teman-temannya sering memanggilnya dengan nama Tessy.Walau nama sebenarnya Ahmad Khairil. Ketika dia keluar dari pekerjaannya, lalu mendirikan warung makan, maka dia memberi nama warung makannya Tessy.
Ahmad Khairil pemilik rawon Tessy Malang
Setiap pagi warung rawon Tessy ini tak pernah sepi dari pengunjung.Dan memang tempatnya yang strategis dekat dari stasiun, saya liat pelanggannya bayak bermobil dan sebagian penumpang dari kelreta yang memanjakan perutnya selepas perjalanan jauh. Seperti saya contohya, dari Sidoarjo belum sempat sarapan, maka rawon Tessy menjadi pilihanjujugan pertama.
Rek ojo lali kalau dari stasiun Maang, mampiro warung rawon Tessy sebelum melanjutkan travelling ke Batu atau jelajah kota Malang.

1 comment:

  1. Untung ga mirip Tessy beneran hahaha...
    Enak yo Mbak ketokane...

    ReplyDelete