Bola Nasi Isi Keju


Nasi goreng lagi..nasi goreng lagi...Lantip protes dengan menu pagi hari kemarin. :(
Dengan naiknya BBM, beras pun ikut naik harganya. Kadang saya menanak nasi hanya 1 mug pun sisa . Daripada nasinya terbuang sia-sia biasanya saya masak nasi goreng, buat sarapan paginya. Andaikata punya ayam, nasi bisa aku bagikan ke ayam. Mau dijadikan nasi aking, yaitu nasi yang dijemur, nasi hanya sisa sedikit nanggung ntar dijemur malah buat rebutan burung gereja.
Mau aku campur dengan tahu dan ayam lalu dibungkus daun dan dikukus. Eladalah kok nggak punya daun. Aiiiis kok aku jadi tukang keluh sih. hus..Hus..sana...keluhanmu buang ke laut saja. Berpikirlah kreatif memanfaatkan barang sisa di saat harga melangit.
Biasanya kalau sudah kepepet, maka aku gunakan internet buat browsing resep. (Tuh kan internetku akhirnya bermanfaat. Bukan hanya buat FB dan chattingan aja :P)
Pas browsing, ingat uploadan foto mbak Yenni Suryasusanti, Mbak Yenni upload foto bekal buat Irfan, yaitu bola nasi keju. Ya sutralah aku mau coba ini aja. Apalagi bahan-bahan sudah ada di kulkas, seperti sosis dan keju.menurutku bola nasi isi keju,hampir mirip dengan kroket nasi. Cuman beda isi.

Mari kita mengotori dapur biar anak-anak badannya tambah subur kayak dirikyu ...Eh :)
Suara perang wajan dan sothil menemaniku Di Subuh tadi. Dapur yang biasanya sunyi sepi, hanya menunggu si tuan meramaikan suasana dengan berbagai aroma serta rasa. Pagi yang dingin kulawan dengan pedang sothil di tangan kanan dan wajan di penggorengan demi hidangan yang mengenyangkan.
Sebelum hingar bingar terjadi kusempatkan ngopi biar mood masak semakin menjadi. Lawan kemalasan dengan bayangan hidangan dan seutas senyuman penghuni rumah ketika menyicip hasil ujian perang wajan dan  sothil. :)
Treng..treng...bukan bunyi penjaja nasi goreng memukul wajan demi menjajakan nasinya. Treng...treng... srot..srot aduk-aduk , dipenyet-penyet dan dibentuk bola lalu sreng lagi...jadilah hidangan yang siap disantap tuk sarapan pagi.

Bola nasi isi keju

Bahan yang dibutuhkan:
2 centhong nasi
1 batang sosis sapi dibagi 4 lalu dipotong-potong
50 gram keju dipotong kotak dadu
Minyak goreng untuk menumis
50 ml air
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica
Garam secukupnya.

Bahan pelapis:
1 butir telur
Tepung panir secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih,bawang merah dan lada serta garam.
2. Lalu tumis bumbu sampai harum, masukkan nasi lalu diaduk sampai tercampur rata.Tambahkan sosis. Aduk kembali sampai rata.
3. Tambahkan air, lalu aduk kembali sampai rata.Angkat dan bentuk bulat dengan menggunakan plastik, isi dengan keju.
4. Celupkan ke telur lalu ke tepung panir
5 goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan
6. Siap disajikan dengan cocolan saus sabal

Tuh bola nasi isi keju siap menemani sarapan pagi. Aku berharap semua menikmati.

Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Arena Fakta
admin
26 November 2014 at 15:16 ×

menarik dicoba di rumah :D jadi pengen makan :'(

Reply
avatar
27 November 2014 at 09:07 ×

Enak dan menggugah selera makan. Cocok bagi anak yang susah makan.

Reply
avatar
27 November 2014 at 11:25 ×

hemat sekaligus sehat ya mbak intinya nggak buang2 rezeki kalo begini :)

Reply
avatar
27 November 2014 at 12:03 ×

inovasi mutakhir ini kayaknya mbak Tatit..hmm yummy :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
29 November 2014 at 14:36 ×

Keliatannya enak, Mbak. Apalagi kalok kejunya Mozzarela.. :D

Reply
avatar
2 December 2014 at 19:03 ×

Ternyata mudah ya mbak...patut dicoba nih. Biar anak gak bosan makan nasi goreng terus buat sarapannya.. :D

Reply
avatar