Naik Kereta Api Airlangga Pasar Turi - Semarang Hanya 49 ribu saja



Sebelumnya jika ke Sidoarjo-Semarang, selalu naik kereta api Blambangan Ekspress atau Jayabaya. Namun Jumat 20 Oktober 2023 kemarin  Saya ingin menikmati Kereta Ekonomi Airlangga jurusan Pasar Turi - Semarang Poncol. Sebenarnya tujuan akhir dari Kereta Api Airlangga adalah Pasar Senen Jakarta. Pasar Turi(Surabaya)- Pasar Senen (Jakarta).

Gara-gara dibilangi sama teman,bahwa ke Semarang ada tiket kereta api murah  hanya 50 ribuan Surabaya - Semarang. Tepatnya jurusan Pasar Turi - Stasiun Poncol Semarang.

Biar nggak penasaran langsung pesan tiket melalui KAI access. Jadwal keberangkatan dari stasiun Turi jam 10:35 WIB.


Ternyata harga tiket Kereta Api hanya 49 ribu saja.Cukup murah dan terjangkau kantong. Tentu saja masuknya kereta ekonomi ya.

Tempat Duduk

Tempat duduk kereta Airlangga, 2-3 dengan posisi tempat duduk saling berhadapan.

Satu gerbong kira - kira berisi sekitar 106 kursi. Dan posisi tempat duduk tidak bisa direbahkan.Pokoke tegak lurus.Kalau penuh siap aja pinggang dan kaki lumayan pegel. Tapi bagiku yang hanya menempuh perjalanan sekitar 4,5 jam Surabaya-Semarang.  Hora popo

Karena ini pertama kalinya Saya memakai Kereta Api Airlangga, ternyata pilihan tempat duduk salah. Sebenarnya ingin tempat duduk yang tidak membelakangi masinis, eh malah nomer genap yang Saya pilih justru tempat duduknya membelakangi masinis.

Harusnya Saya memilih nomer kursi ganjil. Agar tidak membelakangi masinis dan bikin kepalaku pusing. Tapi sudahlah ya.Jalani saja. Sing penting sampai Semarang selamet.

Kebetulan penumpang dari Pasar Turi ke Lamongan belum terlalu penuh. Setelah pemeriksaan tiket oleh kondektur. Saya pindah tempat duduk di depanku.

Begitu sampai Lamongan,kursi pun mulai penuh, membuat AC tidak terasa dingin. Dan suara tangisan bayi mulai terdengar bersahutan.

Apalagi didukung cuaca di luar hot potato.Jadi walau ada AC, tetep aja keringatku dleweran.Tapi lumayanlah ya agak sejuk dibandingkan kondisi kereta api ekonomi beberapa tahun lalu, dengan fasilitas tanpa AC.Mungkin kalau malam AC akan terasa lebih dingin menyesuaikan cuaca.

Kudu sabar, murah kok njaluk penak. Kata Mbarepku ketika aku mengeluh lewat WA .

Rangkaian Kereta Api Airlangga terdiri 8 gerbong. Gerbong makan terdpat di antara gerbong 4 dan 5.

Sekarang ini kita dapat memesan makan melalui KAI access dengan membayar pakai QRIS.Jadi bagi kaum mageran bisa memakai fasilitas ini , dengan catatan memesan tiketnya juga melalui KAI acess.

Selama perjalanan jejeran Saya,Ibu berusia sekitar 74 tahun. Melakukan perjalanan sendirian Surabaya-Semarang dan beliau masih sehat,sat set membuatku kagum.

Beliaulah yang menemaniku selama 4,5 jam dengan cerita masa lalunya. Sambil bercerita beliau menawariku bomboloni, Saya tak bisa menolak dengan kebaikan beliau.

Ketika turun  di Stasiun Poncol Semarang jam sudah menunjukkan pukul 15:05 WIB. Kami pun berpisah beliau menunggu dijemput putranya. Sedangkan Saya melipir ke seberang ke halte BRT untuk melanjutkan perjalanan ke arah Muradi. Memutuskan naik BRT karena bawaan tidak banyak. Dan ingin menikmati kota Semarng dengan naik BRT,ealau sampai rumah agak lama. 

Walau lain waktu Saya pilih naik gojek sajalah lebih nyaman, cepat sampai rumah serta pasti diantar sesuai alamat. Kalau BRT biasanya lanjut jalan kaki sampai ke rumah,idep-idep olah raga sore.Tapi ternyata kok yo pegel yo.😀

No comments:

Post a Comment