Menikmati Soto Ayam Bang Ari Jl.Wr. Supratman Semarang

 

Soto Ayam Bang Ari jl.Wr. Supratman Semarang


Soto,salah satu menu pilihan sarapan pagi di kota Semarang. Banyak berderet warung soto di sepanjang jalan. Beberapa warung soto selalu laris dengan pembeli. Salah satu warung soto yang legenda yaitu warung Soto Bang Ari di Jl. WR. Supratman Semarang.
Warung ini berdiri sejak tahun 1992.


Nah kebetulan hari Minggu, Saya jogging pagi meluncur ke Jl. WR.Supratman. Jalan kurang lebih 30 menit. 

 Di Jl.WR.Supratman, setiap hari Sabtu Minggu,  dijadikan pasar kaget atau pasar tiban.

Jarak dari rumah ke Jl. WR. supratman kira-kira 1,2 km. Jebul yen jalan nyantai ,ternyata nggak terasa jauh. 

Warung soto Bang Ari ini, menyajikan soto di dalam semangkok kecil keramik dengan isian nasi, soun,suwiran ayam dan irisan seledri yang melimpah.

Ciri khas dari soto Bang Ari ini adalah kuahnya agak keruh, dan kuahnya dituang langsung dari panci yang dimasak menggunakan kayu bakar. Jadi cita rasa bau asap dari kayu bakar inilah yang menambah kekhasan cita rasanya. 

Soto Bang Ari Jl.Wr.Supratman Semarang



Begitu masuk Saya bisa melihat panci berbentuk kotak tinggi, berisi kuah soto mumpal-mumpal dimasak dengan kayu bakar. Di sebelah kiri terdapat tumpukan mangkok - mangkok kecil berisi nasi,soun, dan suwiran ayam. Kalau ada pesanan dari pembeli tinggal ddituang kuahnya.

Selain soto ayam, di sini juga ada pilihan soto daging. Harga semangkok soto daging Rp 15.000,00. Makan soto tentunya tak lengkap tanpa pendamping lauk kan? Jangan khawatir di sini tersedia pendamping lauk aneka sate telur puyuh, sate baceman irisan ayam, sate baceman usus, perkedel dan tempe mendoan. 
Harga setusuk sate sekitar Rp 5000,00. Sambelnya disajikan di meja semangkok penuh. 

Teh manis Rp 4000,00
Ada juga pilihan minuman es atau jeruk hangat.

Saya kalau makan soto di sini masih ditambahi kecap, tambah mantap.
Warung Soto mulai buka jam 06:00 WIB.

Perut sudah kenyang, dan pelanggan juga mulai memenuhi meja kursi.Saya pun bayar ke kasir dan melanjutkan jalan-jalan sepanjang Wr. Supratman Semarang.

Eh kok lihat ada transportasi umum feeder lewat di depan, akhirnya pulang nggak jalan kaki tapi mencoba naik feeder, turun dekat komplek cukup bayar Rp 4000,00.

Tapi dari halte,tetep jalan kaki lagi menuju rumah. Yes Minggu pagiku terasa indah. Karena bisa menikmati semangkok soto Bang Ari, jogging, dan naik feeder pertama kali di Semarang.

Nikmatnya mengikuti kepindahan kerjaan suami ke Semarang. Tentu saja sing tak jajal kulineran e dulu.😀

No comments:

Post a Comment