Sagu Keju


Saat mau praktek resep sagu  keju ini, aku googling dari beberapa resep. Bisa dan mampukah saya menaklukkan si kue kering?Soalnya  dulu hanya bantu-bantu kakak ipar saja saat masih ikut Ibu mertua di Magelang. Saat bulan Ramadhan dan terutama menjelang lebaran kurang 2 bulan, biasanya kakak iparku sudah terima pesanan yang lumayanlah jumlahnya. Aku sangat salut dengan tenaga, kreatifitasya. Dengan jumlah pesanan yang begitu banyaknya bisa dikerjakan berdua saja dengan suami.

Padahal beliau masih menyediakan masakan, antar jemput anak sekolah. Fiuuuh...hebat dan jempol dua dengan tenaganya.Aku saja mungkin tak sanggup untuk melakukannya. Dan telatennya itu lho buat mencetak kue satu-satu, ngoles telur, menghias. Aku sebagai penonton saja rasanya ikut pinggan ini sakit padahal hanya ikut sbentar oles-oles telur...hihihi...kalau mencetak dulu belum bisa. Bisanya hanya icip saja. :D





Kue-kue kering jadul, selalu mengingatkanku ke kampung halaman suamiku terutama menjelang lebaran, hampir tiap rumah tercium aroma kue kering yang baru dibakar, apalagi menjelang H-2.
Beda dengan rumah Ibuku di Triyagan, Solo. Ibu tak biasa bikin sendiri kue-kue lebaran, semua serba praktis beli terutama kletikan. Kalau kue kering kadang dibelikan saudara atau anak-anaknya. :D

Nah karena ini menjelang lebaran, ingatan melayang ke kampung halaman, aku ingin belajar kue kering juga. Masak sih langsung menyerah sebelum perang. Ala bisa kan karena biasa. La kapan mau bisa  bikin kue, kalau mengawali praktek saja sudah takut akan gagal?
Hihihihi...kadang terbersit juga sih dalam hati gini, "halah...beli saja tinggal makan. Bikin belum tentu enak dan jadi?" Ntar buang-buang bahan saja.

Langsung kutepis pikiran negatif yang terlintas, aku ingin bisa dan aku sudah niat. Aku percaya kalau niat itu ada dan kuat dalam hatiku maka aku bisa mengalahkan pikiran negatif yang terlintas di otakku.

Maka kemarin, bahan yang sudah ada di lemari aku keluarkan setelah nemu resep dari mbak Fah Umi Yassin dari grup langsung enak.

Sagu keju


Ini ya aku copaskan linknya Sagu keju

SAGU KEJU
Renyah Prull, tepung tanpa saya sangrai & adonan ga mleber saat di oven...
Resep : Adhe Ermalia
By : Fah Umi Yasmin
Bahan:
250gr sagu tani
1 lembar daun pandan { saya tanpa disangrai }
125gr Margarine { saya 50 gr butter + bluband 75 gr }
50gr gula halus { saya gula pasir }
1 butir telur
50gr keju edam diparut halus { saya keju trianggle 3 }
25 gr susu bubuk { saya 2 sdm }
Cara Membuat:
Panaskan Oven dengan suhu 100ºc-120ºC
Sangrai sagu, daun pandan hingga kering dan harum
Mixer mentega dan gula halus dengan kecepatan rendah sampai halus lalu masukan telur kocok hingga rata { saya mixer langsung gula, margarin, butter, telor & keju }
Masukan sagu, keju dan susu bubuk aduk sampai rata. Bila adonan masih kelihatan kental tambahkan mentega sedikit { saya aduknya asal rata aja }
Masukan ke plastik segitiga yang telah diberi spuit lalu cetak di atas loyang. { saya pake spuit aluminium }
Panggang dalam oven, bila bawahnya sudah agak kecoklatan kecilkan apinya.
1 resep jadi 3 loyang, langsung cetak semua ya


Versi resepku sama di atas cuma Aku kejunya hanya pakai keju chedar yg merk kraft itu. Dan gulanya bukan gula halus tapi gula pasir. Margarinenya aku merk blue band .Yang lainnya plek ketiplek sama. Dan hiasannya  aku pakai coklat chip.

Namanya juga episode pertama pegang spuit,hahaha hasil cetakannya belum maksimal.:)  Belum luwes megang spuit.
Sagu keju


Oke selamat mencoba.


Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Nunu el Fasa
admin
11 June 2014 at 09:34 ×

Wiii enak iki mbak

Reply
avatar
Adi The best
admin
30 May 2015 at 13:16 ×

Maksih atas informasinya sangat bermanfaat manisan kolang kaling

Reply
avatar