Kue Keukarah dari Aceh

kue keukarah
Seorang sahabat menawari icip kopi Aceh dan kue keukarah di wall FB-nya. Berhubung daku seorang Simbok yang paling seneng denger yang namanya gratisan, maka langsung samber aja komentar di wallnya. Apalagi si Mbak cantik ini terkenal baik hati, suka menolong dan suka menabung :) (peace mbak Devi)
Akhirnya janjian deh buat ketemuan dan mengambil kue yang langka di Sidoarjo ini.
Aku pun janjian sekalian mau icip-icip klappertart yang dibikin mbak cantik satu ini  ternyata rasanya hmm...yummy, klenyer-klenyer tidak neg. sayang kelapanya panjang dan lebar tapi uenak banget mbak klappertartmu.Yang rasa durian berasa banget duriannya
Klapertart original dan durian


Dengar kue keukarah pertma kali di petualangan Bocalan bocah si petualangnya Trans7.Penasaran juga aku ingin mencobanya, eh pucuk dicinta ulam pun tiba. Gratis lagi :) siapa nggak demen coba.

Kue keukerah sering juga disebut kue karah merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan santan.Bentuknya seperti lembing sebear telapak tangan orang dewasa. Kue ini rasanya gurih dan manis. Serta kriuk sekali serta rapuh. Kue keukarah merupakan salah satu kue khas dari Aceh.

Cara membuatnya sangat unik, adonan ditaruh di bathok kelapa yang diberi lubang kecil-kecil dan diputarkan di atas penggorengan. bunyinya tuk...tuk...saat mencetaknya karena batho kelapa di pukul-pukul memakai sutil.

Kue keukarah sangat cocok dimakan dengan ditemani teh atau kopi.

Makasih banyak Mbak Devi atas gratisannya.

Sumber: Wikipedia
Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
El Fasa
admin
24 September 2014 at 22:19 ×

Bentuknya kayak mie, kayak petulo cokelat :D

Reply
avatar
Tatit
admin
24 September 2014 at 22:25 ×

Kayak unu walang dari ketela rambat Nu

Reply
avatar
Dunia Ely
admin
25 September 2014 at 01:48 ×

baru tahu tentang kue karah mbak

jika kuenya manis dan gurih pasti bikin ketagihan ya mbak?

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
25 September 2014 at 07:47 ×

Aku sukak kue itu, Mbak. Biasa dikasih kawan ku yang orang Aceh :D

Reply
avatar
Andriyatna
admin
25 September 2014 at 12:52 ×

Menggoda kue nya.
kayaknya di daerah saya ga ada yang seperti itu, namanya juga baru dengar.

Reply
avatar
Adi Pradana
admin
25 September 2014 at 14:28 ×

kayaknya krispy yak... enak

Reply
avatar