Nasi Jagung


Nasi jagung...urap-urap..lengkingan suara wanita seumuranku terdengar setiap sore di komplekku. Perempuan ini sudah lama keliling menjajakan makanan untuk menutupi biaya hidup. Dulu, dia jualan dengan cara berkeliling naik sepeda dan keranjang diikat di boncengan sepedanya. Namun sekarag dia bisa mencicil otor uu menjajakan jualannya. Hasil dari jualan dan gaji suamiya sebagai buruh pabrik disishkan sebagian buat melunasi kresit motornya. Jualannya terdiri dari nasi jagung, urap-urap, donat, ketan, sawut, bothok, pepes tongkol. Alhamdulillah au masih bersyuur jika melihat pengalaman hidupnya.

Nasi jagung merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur, Madura dan Jawa tengah. Nasi Jagung ini sangat cocok dimakan dengan urap-urap, oseng tempe pedes atau sayur lodeh dengan lauk ikan asin.
Degan uang Rp 3500 sebungkus nasi jagung komplit sudah berpndah  ke tanganku. Hmm murah gila. Kenyag pula! :)
Dulu saat aku pertama pindah Sidoarjo, kupikir nasi jagung seperti lahan nasi jagung di tempatku. Jagung yg dikeringkan lalu ditumbuk dan diberi kelapa serta dibumu garam lalu dibugkus dan kemudian dikukus. Teryata bdugaanku salah Nasi jagug di daerah Jawa Timur, merupakan campuran tumbukan jagung yang dicampur dengan beras lalu dikukus.
Begitu pula cara pembungusannasinya kok o beda dengan Jawa Tengah. Desa mowo coro negoro mowo toto kalau gini ini. Setiap daerah punya tata caranya sendiri  daam pengolahan makanan maupun cara membungkusnya.
Cara membungkus nasi jagung 
Kata si penjual nasi jagung disebut juga sebagai " nasek empog". Kandungan gizi nasi jagung jelas lebih tinggi daripad aberas. Tapi ngak tahu juga bila dicapur dengan beras cara menanaknya Yang jelas nasi jagung cocok bagi penderita diabetes karena kandungan magnesiumnya .Dan cocok bagi yang sedang menjalankan diet.
Jagung juga mempunyai banyak manfaat diantaranya kandungan seratnya dapat mencegah wasir dan bermanfaat besar bagi sistem pencernaan.
 Walau hanya 3500, gizinya mayan kan?Ditambah satu lagi sing penting wareg :)
Hmmm..kunikmat nasi jagungku sesuap demi sesuap sambil mendoakan seoga jualansi Mbak laris manis tak bersisa.



Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
28 November 2014 at 15:02 ×

3500??? murah banget mbak,,,, sama ding didekat kantorku juga 3500 hehehe :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
29 November 2014 at 14:36 ×

Di Medan ngga adaaaa :'(

Reply
avatar
Lavender Art
admin
2 December 2014 at 05:48 ×

Paling enak klo ada oseng pepaya mudanya yg super pedas... hemmm manchapppp...

Reply
avatar
2 December 2014 at 19:04 ×

Teksturnya lebih kasar dari nasi pastinya ya mbak...? yang buat enak itu urap + ikan asinnya...slruupp..nikmat..

Reply
avatar