Martabak Mini


Dalam situasi harga yang melambung tinggi, anak-anak saya kurangi uang jajannya.Dengan konsekuensi saya harus mau repot sedikit untuk membuat bekal ke sekolah.Martabak manis salah satu kesukaan anakku Lantip.Kemarin pas mendung saya bikin  martabak manis ini. Martabak manis atau sering disebut terang bulan, Kupikir pembuatannya ribet.hohoho setelah praktek ternyata tak seribet yang aku bayangkan.Saat membuat bahan pertamanya bisa disambi masak sayur dan bersih- bersih.Bahan utama martabak manis yaitu terigu protein sedang, telur, air, fermipan, soda kue dan gula.Berikut ini bahan yang diperlukan.
cetakan kue lumpur

bahan 1:
250 gram terigu
75 gram gula pasir
1/2 sendok teh fermipan
400 ml air
1 butir telur

Bahan 2:
1/2 sendok teh garam
50 gram blue band Dicairkan
1/4 sendok teh soda kue

Bahan toping: susu kental manis, meisez atau keju sesuai selera

Cara membuat:
Bahan satu diaduk sampai tercampur rata.diamkan kurang lebih 30 menit.
Tambahkan bahan kedua sesaat sebelum dimasak.aduk sampai rata.
Panaskan cetakan kue lumpur yang sebelumnya dioles dengan mentega.pakailah api kecil agar tak cepet gosong.
Bila cetakan sudah panas.masukkan adonan dengan sendok sayur sambil agak ditekan untuk membentukk pinggirannya.tunggu hingga kue berlubang sempurna.taburi dengan gula pasir.tutup dan tunggu sampai matang.
Tahunya matang apabila adonan bagian atas sudah kering .angkat dan siap diberi toping keju atau meisis.

Martabak manis mini pun sudah jadi.siap tuk disantap buat bekal atau teman ngeteh dan kopi.
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Bunda Ayunin
admin
18 December 2014 at 11:25 ×

Wedeh gampang banget kelihatannya, perlu dicontoh nih resepnyaa buat anak2 hahhaha *emak irit

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
18 December 2014 at 13:35 ×

Enak, Mbak.. Ngiler.. :q

Reply
avatar
18 December 2014 at 14:28 ×

Mbak Tatit emang pintar banget masak ...Lantip dijamin sehat terus deh.. :D

Reply
avatar
Dewi Rieka
admin
22 December 2014 at 22:55 ×

belum punya cetakannyaaa..huhu

Reply
avatar
Tatit
admin
23 December 2014 at 10:29 ×

pakai teflon aja mak Dew :)

Reply
avatar