Sunday Sharing Surabaya #1 Tip Menulis dan Menerbitkan Buku

Hari Minggu kemarin, saya datang di Sunday Sharing Surabaya 1 yang diadakan oleh blog detik di akntor Transmedia biro Surabaya Jl. Opak 12 Surabaya. Sampai di acara aku pikir sudah telat, ternyata acara belum dimulai Asyiiik...
Acaranya lesehan supaya bincang - bincagnya lebih santai dan penuh kekeluargaan.Aku langsung ambil tempat duduk di belakang nyari senderan dan biar bisa slonjoran . hahahaha...maklum simbok kewut gampang gringgingen alias kesemutan kakiku. :)

Peserta foto dulu selepas acara


Acara dibuka oleh Mbak Yuni. senyumannya penuh ramah  dan mengandung madu , jedaaaar bro :). Materi Sunday sharing kali ini diisi oleh mas Lalu Abdul fatah. penulis,blogger dan trainer kepenulisan di IWEC Surabaya.Mas Lalu ini mahsiswa HI UNAIR. Padahal dia baru saja datang dari Lombok, masih dalam suasana berkabung karena kehilangan bapaknya.ketika memberikan materi tak  tersirat sedih di wajahnya. Profesional banget mas panjenengan. Salut deh dengan cara menata emosinya .
Sekitar 50 peserta ikut acara ini, ada yang dari Bojonegoro, Gresik, sidoarjo dan Surabaya.
Mas Lalu mengisi dengan santai, pakai slide. Tapi lama-lama mataku menyipit dan aku sedikit menguap. Dasar emak ngantukan. Untung ada kue di depan mata. Lemper dan kue lumpur mayan buat ngganjel rasa ngantukku. (siapa suruh semalam begadang Mbok, kata anakku Lantip.)
Lalu Abdul Fatah


Tujuan menulis harus ada di benak kita itu pertama-tama agar dapat diingat dan bermanfaat. Intinya menulis itu untu meninggalkan jejak yang bermanfaat, populer dan duit itu belakangan.Hedew diriku kena sentil,( la gimana wong saya memang butuh duit je :P)
Penting banget motivasi menulis yang seperti saya itu karena BU (butuh Uang) sebaiknya mulai saya ubah dong bahwa menulis itu akan memperpanjang usia kita. (thanks mas bro, masukannya).
Kemudian mas Lalu mebagikan gimana caranya mendapat ide tulisan, bisa dari sekitar kita, menonton film, berinteraksi dengan orang lain,pengalaman pribadi dan perbanyak membaca. (ini masih jarang saya laksanakan, baca buku seminggu hanya 1 buku. Yang sering kubaca malah koran tabloid berisi gosip. :) ). Jadi tahu deh, kenapa aku sering macet nulis, bacaanku aja kurang :)

Pertama, tuliskan saja apa yang ada di kepala abaikan EYD.tulislah dimulai dari yang sederhana.Buatlah judul yang unik . Jika di blog bisa pilh judul dengan menggunakan pertanyaan,judul yang mengandung kata rahasia, unik dan aneh.Tahu acara on the spot di televisi kan?kenapa acaranya bisa bertahan, karena hal-hal unik itu sering dicari dan dinikmati penonto atau pembaca.

Cara menulis satu tulisan sebaiknya bikin kalimat pembuka yang menggebak pembaca, bikin pembaca penasaran ingin mengikuti terus tulisan kita.Berikan beberapa quote, biki bpembuka dengan action. baru dilanjut ke isi, isi dari tulisan kita paling penting, sebaiknya original sesuai dengan kata hati kita. (Kok jadi ingat Cak sulak ya di bukunya Creative Writing mas AS.Laksanan mengatakan you are what you write )
Asyik tenan isi materi yang diberikan Mas Lalu, kelihatan banget beliau cerdas dan gampang diterima materinya oleh saya yang sudah punya rambut berwarna dua. Panteslah dia jadi pengajar menulis di lembaganya.

Pemateri kedua diisi oleh Mas Ma'mun Affany, penulis 6 novel dan manager di Bina Qolam.
Rasa kantukku mulai hilang ketika mas Ma'mun mengeluarkan bukunya sambil mengeluarkan joke, ini sekalian promo buku , biar saja dikatakan sebagai penjual obat. :)
grrr... seluruh ruangan melek tertawa.
Ma'mun Affany


Penting nggak sih bikin buku?
Bagiku penting dong. Buku itu bagiku jejak je.Modal utama untuk membuat buku kata mas Ma'mun harus berani dulu.Berani apa?berani lelah, berani untuk dikatakan tulisannya jelek dan bagus,berani rugi dan berani untuk promosi. Dalam hal menerbitkan buku kita harus sabar.
Dan yang perlu diingat selalu self editing dulu sebelum diberikan ke penerbit.

Acara diselingi dengan tanya jawab dan pemberian doorprize, nah ini dia yang terakhir pastinya makan siang dan foto-foto.
Asyiiknya sunday sharing kemarin bisa ketemu dengan komnadan blogcamp Guslik dan teman-teman blogger lainnya.  Sambil makan pun masih ngobrol-ngobrol seputar ngeblog, ini yang paling kusuka. Ilmuku bertambah dan jalinan silahturahmi pn bertambah dan semoga membawa berkah.
selfie (foto koleksi dari fb niar ningrum)
Semoga ngeblog dan menulisku, memberikan manfaat buat sesama.
Makasih blogdetik kutuggu acara Sunday sharing berikutnya.


Komandan blogcamp.Guslik


Peserta mendengarkan dengan serius




Previous
Next Post »

16 comments

Click here for comments
27 January 2015 at 17:03 ×

Wah..seru banget ya acaranya. Beruntung yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, banyak acara untuk kumpul dan dapet ilmu.. mantaap deh..

Reply
avatar
Pakde Cholik
admin
27 January 2015 at 18:56 ×

Nimba ilmu merupakan suatu keharusan agar wawasan bertambah luas ya Jeng.
Salam hangat dari Surabaya

Reply
avatar
cewe alpukat
admin
27 January 2015 at 19:26 ×

Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat Mbak Tatit, semangat nulis! Semangat ngeblog! :D

Reply
avatar
cewe alpukat
admin
27 January 2015 at 19:26 ×

Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat Mbak Tatit, semangat nulis! Semangat ngeblog! :D

Reply
avatar
27 January 2015 at 20:02 ×

Indahnya kopdar.
Pasti ada manfaatnya.

Reply
avatar
Ayunin Jafar
admin
28 January 2015 at 06:08 ×

Seruuuuu... bagi2 ilmunyaaaa

Reply
avatar
28 January 2015 at 06:26 ×

asik bget sunday sharingnya ya..ntr sunday sharing yg ke 2 datang yuk mbak tatit :)

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:13 ×

Mantap surantap mbak Nurul :)
heboh dan oke

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:14 ×

Betul Pakdhe , makanya dalem duduk dekat Pakdhe biar ketularan semangat nulisnya Pakdhe. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:14 ×

Aamiin, semangat Ay :)

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:15 ×

Asyik ini pertemuan kedua setelah aqua ya Mas. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:16 ×

Seruuuu,heboh dan santai

Reply
avatar
Tatit
admin
28 January 2015 at 09:17 ×

Insya Allah semoga sehat dan nggak acara yang barengan ya MBak.kita ngobrol lagi.

Reply
avatar
28 January 2015 at 12:03 ×

Asik ya bisa nimba ilmu plus kopdar, ketemu Pakdhe juga :)

Reply
avatar
Ria Rochma
admin
30 January 2015 at 14:07 ×

bu Tatit,
hahaha, saya juga tersindir itu masalah banyak baca buku :D

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
2 February 2015 at 01:14 ×

Makasih sharingnya, Mbak.. :D

Reply
avatar