10 Bahan Pewarna Alami Makanan

Sekarang ini marak sekali berita tentang makanan terutama kue dengan pewarna kain. Dengan alasan mencari untung para pedagang berbuat curang tanpa mepertimbangkan kesehatan konsumen.Padahal agar kelihatan menarik, makanan itu bisa diberi warna dengan bahan-bahan alami. Selain itu tentunya juga bisa diberi pewarna makanan . Ada beberapa pewarna alami makanan yang didapat dari tumbuhan maupun buah.Berikut 10 bahan pewarna alami makanan yang bisa digunakan:


1. Hijau
Untuk bahan kue, warna hijau bisa didapat dari campuran daun suji dan pandan. caranya tinggal ambil beberapa lembar daun suji dan pandan lalu diblender dengan sedikit air, lalu peras. Harum dari daun pandan akan menguar sempurna. Untuk campuran nasi gurih bisa gunakan bayam atau sawi dblender dengan air dan peras.ambil airnya lalu campur di beras dengan santan.

2.Oranye
Untuk mendapatkan hasil warna oranye bisa didapat dari wortel.Dengan cara ambil wortel potong kota kecil lalu diblender dengan air. Saring dan ambil airnya untuk mendapatkan warna oraye. Nah tinggal campurkan di kue.

3. Kuning
Untuk warna kuning bisa didapat dari kunyit. Misalnya untuk membuat nasi kuning. Tinggal parut kunyit lalu campurkan di parutan kelapa, lalu peras dengan air. Tapi ingatlah dalam penggunaan kunyit ini jangan terlalu banyak, jika terlalu banyak akan membuat makanan jadi agak langu.
Selain kunyit warna kuning bisa didapat dari labu kuning atau waluh, ketela warna kuning, mangga. Namun ini hanya cocok untuk pembuatan kue.

4. Hitam
Warna hitam bisa didapatkan dari abu merang atau tinta cumi. Tinta cumi sangat cocok untuk membuat warna hitam pada nasi goreng. Sedangkan abu merang sangat cocok digunakan utuk pewarna kue.

5. Merah
Warna merah bisa didapatkan dari tomat, strawberry,atau buah bit atau bisa juga menggunakan angkak. Cara mendapatkan warna merah dari angkak yaitu dengan cara direndam di air panas atau direbus lalu disaring . Untuk tomat dan strawberry tinggal campur sedikit air dan blender kemudian saring. Sedangkan buah bit bisa juga dengan cara buahnya direbus hingga lunak. Lalu dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih lalu saring.Selain itu warna merah juga bisa didapat dari cabe merah.

6. Coklat
Untuk kue bisa menggunakan gula merah untuk mendapatkan warna coklat. Atau bisa juga dengan mencampurkan bubuk coklat.

7. Biru
sumber Wikipedia

Di Malaysia ada yang namanya nasi kerabu, warna nasinya biru. Warna biru didapatkan dari bunga telang. Caranya dengan cara merendam bunga telang di air panas. Untuk menghasilkan warna ungu, bisa juga didapatkan dari rendaman bunga telang yang dicampur dengan perasan lemon.

8. Ungu
Ungu bisa didapat dari ubi ungu atau campuran air rendaman bunga telang dan lemon.

9.Pink
Untuk warna pink bisa didapat dari bunga rosella. Rendam bunga rosela atau rebus bunga rosell dengan air maka akan mendpatkan warna pink yang kita inginkan.

10.Kayu secang
Kayu secag bisa diperoleh di toko jamu, dan dengan cara merebus kayu secang ini kita akan mendapatkan warna merah. Ingat penggunaannya jangan terlalu berlebihan .

Nah 10 bahan pewarna alami di atas bisa anda praktekkan dan tentunya lebih aman seerta lebih sehat jika digunakan untuk campuran makanan. Tapi igat bahwa bahan-bahan yang digunakan jangan terlalu berlebihan sebab akan mempengaruhi cita rasa masakan.


13 comments:

  1. Wah.. harus mau sedikit berepot ria ya untuk mendapatkan pewarna makanan alami untuk kesehatan diri :))

    ReplyDelete
  2. kalo alami seperti ini insyaallah aman ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. TFS mak, emang yg alami lebih aman ya :)

    ReplyDelete
  4. Warna merah juga bisa didapat dari daun jati atau bayam merah. Untuk warna ungu bisa dari buah naga ungu.

    ReplyDelete
  5. banyak juga ya yang bisa dijadikan pewarna alami pada makanan.Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  6. Saya kadang malas beli jajanan makanan dengan tekstur warna yang terang ngejreng, Kuatir aja kalau itu pake pewarna tekstil

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing ya, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  8. Warna coklat dari daun salam juga bisa, untuk bikin telur pindang :)
    Makasih sharing nya mbakyuu

    ReplyDelete
  9. Walaupun terkesan memakan waktu tetapi menggunakan pewarna alamai lebih aman untuk kesehatan tubuh kita, kalau di desa saya masih menggunakan daun suji untuk pewarna kue

    ReplyDelete

  10. Heya i'm for the first time here. I found this board and I find It really useful & it helped me out much. I hope to give something back and aid others like you helped me. yahoo email login

    ReplyDelete