Restu Suami, Lancarkan Diriku Mengais Ilmu Di Fun Blogging 7

Hampir saja saya batal mengikuti acara Fun Blogging 7 di Surabaya.Gara-gara sehari sebelum acara, saya harus ke kantor suami di Jakarta. Padahal saya sudah mendaftar acara Fun Blogging 7 di Surabaya keesokan harinya. Acara yang sudah lama kutunggu dan ingin mengais ilmu dari teman-teman blogger yang lebih mumpuni dariku.


Saat mendaftar saya sudah antusias banget dan memang belum sempat transfer karena takut barengan dengan acara di kantor suami. Saat saya konfirmasi acara kantor ke suami katanya belum jelas, ya sudahlah mantab transfer aja.Apa pun yang terjadi terjadilah, pikir belakang nantinya kalau benturan. Tapi dalam hati selalu kuberdoa semoga acara keduanya ini tak bentrok di tanggal yang sama dan aku ingin bisa menghadiri keduanya.

Doaku ternyata terkabul acara di jam dan tanggal yang berbeda tapi masalahnya tempat yang beda.Dan saya tahu suami yang jauh di Jakarta dan lama dinas ke luar pulau lama nggak bisa pulang ke Surabay pasti penginnya ingin ditunggui istrinya barang sehari.Eh, baru saja membatin, ada WA dari suami kalau dia mau booking tiket buat hari Sabtu, tolong kabari anak-anak.


La kalau anak-anak fine-fine saja ditinggal apalagi di rumah ada Yang Ti. Lalu gimana saya bisa datang di acara di Surabaya?Mosok terlewat begitu saja. Akhirnya aku kasih tahu ke suami, pokoknya kalau urusan yang di Jakarta selesai, saya harus pulang Sidoarjo malam itu juga. (Sambil sedikit pasang muka memelas dan memaksa :))

"Wong disayang suami biar nggak terlalu capek, nggak mau.Kalau terlalu capek lalu batuk-batuk nggak boleh protes ya. "Ujarnya sambil mengucel-ucel jilbabku.
Saya hanya tersenyum simpul dan meliriknya.
Yai.senyuman dan lirikanku ternyata berhasil merontokkan hatinya buat pulang ke Sidoarjo malam itu juga. Ahaaay...berhasil...berhasil...(Ala Dora gendut :)). Mulai lebay .

Sampai rumah tengah malam dan pagi harinya harus fresh untuk jumpa dengan teman-teman dan ketemu tiga dara pemberi materi yang sudah lama kunanti. Baru terlelap sebentar, alarm berbunyi. Kebiasaan bangun jam 3 pagi,mau tarik selimut lagi kok ya si mata nggak mau merem lagi.

Jam 07.00 tet makanan dan lauk pauk sudah siap di meja, lalu pamitan sama suami mau berangkat ke Surabaya.

Cipika cipiki dan salim sudah, jadi tak ada beban buat mengais ilmu di Fun Blogging 7.
"Ati-ati kalau setir motor, mugo-mugo sukses acaranya" pesen suami sebelum aku keluar rumah.
Bagi saya ketika melangkahkan kaki keluar rumah harus diiringi keikhlasan suami.

Bismillah,
Ketika punya niat yang kuat dan diiringi dengan doa suami dan anak-anak, saya ingin menambah ilmu yang bermanfaat. Maka langkahku pun tenang dan siap mengosongkan gelas untuk menampung ilmu dari para pemateri kali ini.

Sampai di lokasi masih sepi, saya membunuh sepi dengan jalan ke seberang membeli camilan kacang sukro dan roti.(tetep aja emak gembul suka yang kriuk-kriuk ). Saat kembali ke gedung Intiland ketemu peserta dari Malang,Widya dan mbak Sukimah Yono.Alhamdulillah pintu kantor Qwords sudah terbuka, kami disambut sama Mbak Haya, Sintha Ries, Ani Berta.

Kesan pertama ketemu tiga dara ini, Smart, Cantik , humble dan Berbagi.Acara dimulai kurang lebih jam 09.30 WIB. agak molor dikit dari jadwal. Pertama acara kenalan lalu dibuka oleh mas Frenavit mewakili Qwords lalu mulai acara inti oleh Mbak Haya Aliya Zaki yaitu Writing Great Content.
beliau menjelaskan bagaimana cara menulis konten yang baik dan benar. Konten yang baik sebaiknya mempunyai 5 unsur yaitu 5 W + 1H. Dan juga perlu diperhatikan cara menyusun kalimat dalam satu paragraf, maupun unsur EYD.

3 Dara pemberi materi

Sebaiknya dalam satu paragraf tak boleh lebih dari 10 kalimat. Sering kan kita jumpai banyak tulisan tanpa menggubris hal ini, yang penting biar terdeteksi oleh google, kita menempatkan kata kunci di paragraf pertama, tapi paragrafnya panjang banget. (Nah lho aku tersipu malu karena masih sering melakukan hal ini :( ).
Lakukanlah self editing sebelum klik publish, setidaknya setelah menulis draft, kita ulangi membacanya dengan pelan-pelan. Enak nggak ya didengar di telinga?
Jangan lupa jangan sekali-kali copy paste, nyawa sebuah blog berdasarkan kontennya. Cari karakter gaya penulisan kita. Kalau sekedar membaca referensi bolehlah, asal kita olah kembali dengan gaya bahasa kita. Jangan sampai plek ketiplek dari huruf serta tanda bacanya.
Dengan Mbak Haya Aliya Zaki

Bila konten kita bagus maka banyak pembaca yang suka, lalu bermanfaat buat pembaca dan siapa tahu blog kita dilirik oleh satu brand.Lalu kita disuruh mengisi konten brandnya. Tuh apa nggak dari sekedar hobi pada akhirnya UUD (ujung-ujungnya duit :))
Kalau segala sesuatunya dijalani dengan enjoy dan tanpa beban maka menulis akan mengalir dengan sendirinya. Lakukan sesuatu untuk kebaikan dan lakukanlah yang terbaik, syukur-syukur bermanfaat maka rejeki akan menghampiri.

Pemateri selanjutnya Mbak Shinta Ries, Advancing Your Personal Platform. Uhuuuy bagian yang ini mata saya sudah mulai kedap-kedip, pedes dan perut mules. Berkaitan dengan tehnik Google Analytic, Webmaster,DA, dan Klout Score.Kepala cekot-cekot tapi tetep mencerna walau masuknya pelan-pelan.Aku nambah pengetahuan nih tentang perlunya Klout Score, gunanya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kita di social media. Semoga bisa menerapkannya setelah menimba ilmu.
Mbak Shinta Ries memberi materii kedua



Mbak Shinta Ries juga menjelaskan tampilan blog yang baik itu yang bagaimana diantaranya  tak terlalu berat saat dibuka. Tampilan sederhana tanpa pernik-pernik lainnya. Contohnya lagu, atau latar yang gelap bikin mata pedes membacanya.

Menginjak acara ketiga, materi dibawakan Mbak Ani Berta.Memanfaatkan Benefit Social Media.
"Jangan pernah menyerah, kalau belum beruntung terus coba lagi.Lakukan yang terbaik. Dan teruslah menebarkan kebaikan serta hal bermanfaat. Maka rejeki akan datang menghampirimu"

Dengan mBak Ani Berta
Mbak Ani, sekilas melirikku. Bener Mbak, aku memang gampang menyerah, apalagi di otak pikiranku hanya duit, duit. Ternyata dalam berkarya, sebaiknya duit ditempatkan nomer kesekian setelah kita melakukan yang terbaik. Dalam memonetize blog,yang perlu diperhatikan adalah konten yang baik, tampilan blog yang eye catchy,dan jangan lupa setelah menulis promosikan tulisan di media.

Daripada media social digunakan untuk hal nyinyir dan sindir menyindir mendingan gunakan untuk promosikan blog kita. Siapa tahu rejeki datang menghampiri.Mbak Ani juga mengatakan apa yang dia dapat sekarang merupakan berkah kesabaran dan kekonsistenan beliau dalam ngeblog.Beliau juga pernah mengalami mengisi konten sebuah web hanya dibayar dengan ucapan terima kasih. Tapi beliau tetap konsisten menulis dan tetap memberikan konten yang terbaik.

Di sini saya merasa sangat tertohok, selama ini saya ngeblog penginnya dapat duit terus. Semakin saya mengejar seakan rejeki itu semakin  lari ternyata kuncinya saya belum ikhlas dalam menjalankan hobi ngeblog saya ini,, semoga setelah dapat pencerahan dari Mbak Ani ini saya bisa melaksanakan bukan hanya merenungkan, kudu segera bergerak, dengan tulus hati menulis blog untuk menebar hal yang bermanfaat semoga rejeki segera menghampiri.

Alhamdulillah, ilmu yang kudapat dari acara Fun Blogging 7 ini dapat aku serap, di samping itu saya menambah teman. Acara yang disponsori oleh SmartFren #GoForIt, Qwords.com, Mobil123.com tak terasa sudah berlangsung 7 jam, kakiku mulai kesemutan .Alhamdulillah acara mengais ilmu berjalan dengan lancar. Dengan restu suami lancarkan diriku dalam mengais ilmu, dapat doorprise pula. Asyik mugnya bisa untuk menyajikan kopi. Rasa lelah dan pegel tak terasa jika hati senang, dapat ilmu segudang.
Beberapa peserta yang dapat doorprise



Previous
Next Post »

12 comments

Click here for comments
Rahmah
admin
17 November 2015 at 16:59 ×

Mbak Tatit sekarang gemukan ya ^_^
Moga tetap semangat ngeBLOG ya, Mbak...

Reply
avatar
Maftuhah M.
admin
17 November 2015 at 17:28 ×

Kalau di otak Mbak Tatit udah duit duit melulu, berarti kebalikanku Mbak. Aku malah ndak ngerti kalau ngeblog bisa dapat duit segitu banyaknya *langsung ijo hihihi. Wes, woles wae, Mbak :-D

Reply
avatar
Tatit
admin
17 November 2015 at 18:37 ×

Iya mbak.aku sekarang endut
Aamiin.semoga tetep bisa menjaga semangatnya

Reply
avatar
Tatit
admin
17 November 2015 at 18:43 ×

Hahaha...yo wis woles waelah.pasrah tapi ya tetep usaha. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
17 November 2015 at 18:43 × This comment has been removed by the author.
avatar
Tatit
admin
17 November 2015 at 18:44 ×

Iya mbak.aku sekarang endut
Aamiin.semoga tetep bisa menjaga semangatnya

Reply
avatar
Widya Ross
admin
18 November 2015 at 09:14 ×

Moga beruntung, mbak Tatit :D.

Reply
avatar
18 November 2015 at 10:52 ×

wis di gagas to mbak???
hehehe jadi ingat komentar mbak ttg masang google adsense trus ilang di blog mbak..

smoga ketemu lagi yaaa

Reply
avatar
18 November 2015 at 19:04 ×

eeh dilihat kok kayak kakak beradik sama cikgu Haya *ditipukrotimandarin, betewei sukses ya dapet ilmu di Funbloggingnya kemarin.

Reply
avatar
opickaza
admin
19 November 2015 at 03:12 ×

semoga tambah okeh pngunjungnya dan rejekinya lancar

Reply
avatar
Vanda Arie
admin
19 November 2015 at 06:48 ×

Restu suami itu penting yo mbak, bagi ibu-ibu beranak pinak ini kalau ada kegiatan di luar rumah hehe.

Reply
avatar
doni eko
admin
19 November 2015 at 16:38 ×

ternyata dunia blog memang asik yaaa....banyak hal dan pengalaman yang bisa diperoleh...bukan hanya menyalurkan hoby tapi bisa menhasilkan uang juga....

Reply
avatar