Aneka Menu Sarapan Pagi Di Sidoarjo

Salah satu menu sarapan pagi di Sidoarjo : Lontong Mie
Sarapan pagilah sebelum anda beraktivitas agar kita lebih semangat berkarya. Sarapan pagi sangat berguna untuk meningkatkan mood seseorang sebelum berkarya atau bekerja. Ada beberapa menu sarapan pagi di antaranya: roti,sereal, bubur, buah atau nasi. Walau ada juga beberapa orang yang tak suka sarapan pagi, namun cukup menenggak secangkir teh atau kopi. Menu sarapan pagi setiap orang atau daerah pastinya berbeda. Menu sarapan pagi di Sidoarjo, ada beberapa yang bisa ditemui yaitu:


1. Lontong Mie 
Lontong mie sebenarnya termasuk salah satu makanan khas Surabaya, tapi banyak ditemukan juga di daerah Sidoarjo. Lontong mie terdiri dari lontong, kecambah, mie, irisan tahu,udang dan campuran sambel petis udang disiram dengan kuah bumbu minimalis antara bawang merah, bawang putih, merica, ebi, kecap dan garam. Biasanya penyajiannya diberi taburan bawang merah goreng. Cita rasa lontong mie yang segar dan pedas, cocok buat isi perut di pagi hari. Lontong mie merupakan salah satu menu favoritku.Kalau di Sidoarjo sebungkus lontong mie seharga Rp 8000 - Rp 10.000.

2. Lontong Lodeh
Nah kalau yang ini hanya perpaduan antara lontong  dengan sayur lodeh manisa (labu siam) dicampur sedikit irisan tempe.Diberi kerupk kanji. Kalau suka biasanya kita bisa nambah telur rebus.
Harganya sekitar Rp 6000- Rp 8000.

3. Nasi Kuning
Nasi kuning juga biasa  jadi menu pagi hai yang siap sedia. Ada yang sudah di plastik mika atau bisa juga ungkus. Yang saya tahu ada nasikuning seblah telkm di jl. R. Suprapto depan kantor Kejaksaan Agung. Di sini nasi kunig harga rata-rata sekitar Rp 12.000. Tergantung lauknya.
alau saya sih, cukup beli yang ada di toko aneka kue yag dibungkus plastik mika, cukup Rp 3500,00. kenyang. Tapi porsi dan isi tentuya juga irit ya. Yang di plastik mika biasanya berisi nasi kuning, secuil perkedel, suwiran ayam dan dadar telur ayam tipis,kering tempe.

4. Bubur Ayam 
Siapa yang tak keal bubur ayam Jakarta.Cita rasa yang gurih berpadu dengan irisan ayam, kacang kedelai, irisan ca kue, irisan daun bawang dan kerupuk serta emping. Langganan bubur ayamku di Mang Udin, lapakna digelar Subuh jam 5 Pagi. Tempatnya bersebelahan dengan warung nasi kuning. Di gang bekas SMP 2  Sidoarjo. Harga bubur ayam Rp 8000,00.

5. Nasi Pecel 
Ada berderet warung nasi pecel di Sidoarjo, nasi pecel Blitar, Madiun, nasi pecel sambel tumpang . Entahlah bedanya apa, setiap aku beli nasi pecel isinya juga sama, sayuran daun singkong, kecambah,kobis, disiram dengan sambel pecel lalu ada tambahan petai cina, daun kemangi, serta serundeng kelapa. Untuk lauknya bisa kita pilih daging, telur dadar, dadar jagung, telur bumbu bali atau tahu bumbu bali.Aneka warung pecel  mudah ditemui saat pagi hari di sepanjang trotoar Jl. Gajah Mada Sidoarjo. Langganan nasi pecel saya, di depan toko Nazir. Yaitu pecel Blitar. Seporsi nasi pecel seharga Rp 8000,00- Rp 12.000,00 tergantng dari permintaan lauknya.

6. Soto Lamongan dan Soto Madura
Siapa yang tak kenal soto, ada beberapa aneka soto di nusantara. Namun yang ada di pagi hari buat menu sarapan di Sidoarjo kebanyakan penjual soto Lamonngan atau soto Madura. Sebenarnya ad jug soto bangkong di Jl. A .Yani. Depan Plasa Sidoarjo. Soto Lamongan sebenarnya soto ayam dengan kuahnya yang segar dan dengan ciri khas taburan koya.(dari kerupuk udang dan bawang putih yang dihaluskan). Sedangkan soto Madura, soto dengan isian jeroan sapi dan daging sapi. Seporsi soto ayam Lamongan seharga Rp 10.000,00

7 Aneka Bubur Madura
Kalau yang ini jajanan yang biasa aku temui di pasar jetis Sidoarjo ada bubu sumsusm, bubur mutiara, candil, bubur sagu,bubur ketan hitam. Seporsinya cukup Rp 3000,00 sudah cukup mengenyangkan.

Nah aneka menu sarapan pagi di atas yang biasa saya temui di Sidoarjo, kalau menu sarapan pagi di daerah kalian apa?

Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Anisa AE
admin
15 February 2016 at 05:28 ×

Wiiiih enaknya :D Hampir sama sih mbak antara Malang dan Sidoarjo :D

Reply
avatar
16 February 2016 at 23:47 ×

Aku ke surabaya dulu disuguhi sarapan nasi pecel, sambelnya cucok deh mbak, hehe

Reply
avatar
julie Septi
admin
24 February 2016 at 20:15 ×

Sate mbaaak.
Ada juga nasi bakar di deket rumahku. Tapi aku belum coba sih. :D

Reply
avatar
18 October 2016 at 05:16 ×

Lontongmie carinya dimana jeng?? Sy tinggal di sda kok g nemu??

Reply
avatar