6 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Liburan Di Rumah

6 Hal yang bisa dilakukan saat liburan di rumah. Liburan tentunya kita membutuhkannya setelah rutinitas akhir pekan. Liburan dilakukan untuk sekedar refreshing sesaat dari rutinitas,  buat penyegaran otak agar tak jenuh.Seperti hari  Minggu , kita jeda sejenak dari rutinitas kantor bagi pekerja, dan siswa dari sekolah.
Bagi orang yang berduit atau suka menabung di saat liburan ini bisa melakukan rekreasi atau sekedar jalan-jalan untuk kuliner. Tapi saat penyakit "Kanker"(Kantong kering)  menyerang, seperti  saya sekarang ini, hanya duduk manis di rumah menghabiskan waktu yang ada. Apakah hal ini tak membuat saya tambah jenuh? Bagaimana dengan kedua anak saya?

Bagi saya liburan itu saatnya "me time" . Menghabiskan waktu buat diri sendiri dengan menekuni hobi atau sekedar lepas dari rutinitas dapur. Bagi anak saya liburan di rumah pun tak masalah. Selama liburan seminggu bisa kami habiskan di rumah dengan beberapa hal.

Berikut ada 6 hal yang bisa anda lakukan saat liburan hanya di rumah:
1. Mengajak Anak Bersih-bersih Rumah
Lantip bersih-bersih halaman
 Walau anak saya laki-laki, saat liburan saya memberinya tugas untuk membantu bersih-bersih rumah. Pekerjaan yang ringan saja asal dia suka  dan mampu lakukan. Contohnya mengepel, cuci piring, menyapu halaman, ganti sprei dan sarung bantal dan guling. Saya ajarkan ini agar kelak bila dewasa, mereka bisa menghargai dan membantu istrinya dalam hal pekerjaan rumah.Pekerjaan rumah pun jadi terasa ringan serta cepat selesai bila dikerjakan bersama.

2. Membaca Buku
Anak-anak kebetulan juga suka membaca, entah baca buku komik atau novel. Biasanya kami membaca lagi koleksi komik atau novel yang lama. Sambil menata ulang rak bukunya.

3. Main dakon, monopoli atau ngegame di komputer
Biasanya setelah bosan tiduran, Lantip mengajakku main dakon.Kalau nggak ya main monopoli.Mainan monopoli mengajarkan cara jual beli dan srategi. Kalau dakon bisa mengajarkan berhitung, serta mengajarkan berbagi serta menabung.

4. Memasak
Kebiasaan kalau liburan anak-anak doyan nyemil. Kalau beli terus juga boros. Untuk mengisi waktu liburan, saya ajak membuat kue atau bikin nasi goreng. Kalau kuenya jadi, sebagian  dibagikan ke tetangga.
kalau membuat kue, anak-anakku paling suka saat mengaduk adonan dengan mikser atau pas mencetak kue kering.

5.  Menonton TV Atau DVD
Setelah bersih-bersih halaman dan kamar selesai biasanya nonton TV. Pilih acara yang sesuai. Mau film kartun atau film petualangan tinggal
 milih chanel. Kalau mau nonton DVD bisa lihat koleksi yang lama.

6. Membuat Gambar Dengan Word atau Paint di Laptop
Sambil melatih kreativitas dalam menggambar, anak-anak bisa menggambar menggunakan program paint.  Belajar photoshop untuk belajar mengedit foto. Selain menambah skill yang lain. Belajar menggambar pakai program ini melatih kesabaran dan ketelatenan.

Ke 6 hal tersebut di atas bisa dilakukan untuk mengisi liburan dengan anak-anak. Liburan tak harus pergi ke tempat wisata. Liburan juga bisa dinikmati di rumah dengan suka cita.Asal mengisi liburan di rumah dengan hal positif dan dilakukan dengan gembira, pasti liburan akan berakhir dengan tak membosankan.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
mr aneh
admin
10 April 2016 at 13:48 ×

Setuju! Liburan yang terbaik adalah di rumah. Karena kita akan selalu kembali ke sana. Cieeelaaah

Reply
avatar
11 April 2016 at 14:08 ×

Saya suka banget tuh mbak kalo hari minggu itu di pakai untuk bersih2 rumah, bukan di pakai untuk males2san ...

Reply
avatar