Tahu Kupat Magelang

Tahu Kupat Magelang
Setiap makanan membawa kenangan tersendiri bagiku, apalagi di bulan Ramadan seperti ini. Hari - hari mendekati mudik lebaran, hawa kampung halaman sudah di depan mata.Yang terayang adalah makanan kampung halaman, seperti tahu kupat Magelang .


Gara-gara habis di WA adikku,katanya habis hunting tahu kupat Pelopor di daerah Blabak Magelang.Diriku yang di Sidoarjo jadi kangen juga mau icip, tapi di sini tak ada yang jual tahu kupat . Akhirnya browsing di mbah google ketemu resepnya mbak Diah Didi. Apalagi anak-anak juga mendukug untuk menu buka puasa pakai tahu kupat saja. 

Aku mengiyakan saja asal nanti tukang sayur langganan masih tersedia bahan dasarnya yaitu tahu, kol, kubis dan kupat. Berhubung kupat adanya hanya saat lebaran, akhirnya aku ganti dengan lontong. Alhamdulillah mestakung. Penual sayur kelilingku ternyata masih ad lontong, tahu, kecambah dan kobis. Asyik.Untuk bakwannya beli saja.

Tahu kupat di Magelang, setahuku ada beberapa tempat yang terkenal. Kalau yang di kota Magelang yaitu Tahu Pojok dekat alun-alunMageang dan tahu kupat Pak Pangat dekat SMA 4 Magelang.Kalau tahu kupat pak Pangat ciri khasnya kubis atau daun kolnya digoreng.

Akhirnya aku praktek yang tahu kupat pak Pangat, kubisnya aku goreng sebentar asal layu aja lalu dipotong-potong.

Bahan untuk kuahnya hanya kira-kira 100 gram gula jawa plus 1 sendok makan gula pasir ditambah air kurang lebih 1 liter lalu direbus hingga gula larut.

Tahu digoreng, kalau aku sih lebih suka agak setengah matang itu jadi tahuya ggak kering banget, lalu dipotong-potong.Kol digoreng lalu diiris. Kecambah direbus sampai layu. Bakwan diiris.

Bumu yang diuleg: 1 siung bawang putih, 1 sendok makan kacang tanah goreng, cabai rawit diuleg.

Untukku cabai rawitnya 2. Setelah diuleg,lalu disiram kuah gula ditambah kecap kurang lebih 1 sendok makan ( sesuai selera).

Penyajiannya : Tata di pirin kupat atau lontong yang sudah diiris, tambahkan kecambah atau tauge di atasnya, irisan kol, irisan tahu dan bakwan.Lalu siram dengan bumbu.
Kalau punya kerupk tinggal tambahkan kerupuk, berhubung saya nggak punya ya aku skip.

Nah  tahu kupat magelang siap disajikan. Berhubung tak ada kupat lntong pn jadi, ah serasa sudah makan di kampng halaman. Jadi pengin mudik dan kulineran di Magelang. Semoga terwujud keinginanku.

 



Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Eksapedia
admin
27 June 2016 at 20:40 ×

Kayaknya kalau ke Magelang perlu nyobain deh :D

Reply
avatar