Wisata Alam di Purwokerto

Purwokerto merupakan  bagian kota administratif dari Kabupaten Banyumas. Bagi kamu yang ingin melancong ke kota ini, merupakan pilihan yang tepat.Sebab Purwokerto selain dikenal sebagai kota Satria, kota ini juga memiliki beragam wisata, salah satunya adalah wisata alam.

Bagi kamu yang sangat hobi sekali berwisata di alam, kamu bisa mencoba beberapa objek wisata alam di Purwokerto ini. Selain pemandangan alamnya yang indah, ada beberapa hal yang mungkin tidak dijumpai di daerah lain selain kota Purwokerto.

Di sini kamu akan menjumpai berbagai wisata alam yang membuat diri anda menjadi fresh dari sebelumnya. Udara yang segar, warna-warni tumbuhan, kicauan burung, serta gemericik air akan kamu jumpai selama mengunjungi objek-objek wisata ini. Berikut beberapa wisata alam di Purwokerto yang dapat kamu kunjungi saat berada di sini.




Baturaden

Sumber: anekatempatwisata.com


Daerah ini merupakan sebuah kawasan resort wisata yang di dalamnya terdapat beberapa wahana menarik seperti kolam renang, perahu dayung,mini train . Selain itu kamu dapat menikmati indahnya panorama air terjun yang mengalir dengan derasnya.

Penamaan Baturaden ini ternyata memiliki kisah yang unik yaitu sebuah kisah legenda seorang pelayan (Batur) dan juga wanita bangsawan (Raden) sebagai sepasang kekasih yang bernasib sial.

Bila ingin berkunjung ke Baturaden, kamu bisa menggunakan transportasi umum berupa ankutan kota dari Terminal Purwokerto kemudian turun ke lokawisata Baturaden. Atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi, untuk mencapai lokasi ini hanya memakan jarak tempuh sekitar 15 km dari pusat kota Purwokerto.

Bila menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya berhati-hati, karena jalanan menuju ke sana terdapat jalan menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Karena lokasinya berada di Selatan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
 
Di dalam kawasan Lokawisata Baturaden ini, terdapat wahana -wahana wisata alam. Berikut beberapa wahana yang ada di lokawisata Baturaden: Pancuran Pitu da Pancuran Telu Baturaden, Telaga Sunyi, Bumi Perkemahan, Kaloka Widya Mandala dan Teater Alam Baturaden.
 

Telaga Sunyi Baturaden

 
Sumber: suetoclub.wordpress.com

Objek wisata ini adalah salah satu dari beberapa obyek wisata yang berada di kawasan lokawisata Baturaden. Terletak sekitar 3 km di Timur kawasan Baturaden.Di dalam objek wisata ini terdapat sungai dan juga air terjun yang suaranya bergemericik membawa ketenangan bagi pengunjung.

Selain keindahan pemandangan alam di sekitar telaga sunyi, kamu juga bisa bermain air dalam sebuah kolam besar yang tepat di bawah sebuah curug dengan kedalam 3 meter. Untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Dinamakan telaga sunyi memang lokasi ini terletak di tengah hutan belantara, sehingga tempatnya merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari atau juga bisa dijadikan rekreasi bersama keluarga. 

Pancuran 3 dan Pancuran 7
Sumber :umyelchamidy.wordpress.com
 
 Masih di kawasan lokawisata Baturaden, Pancuran 3 dan Pancuran 7 merupakan sebuah tempat wisata alam air hangat, dimana terdapat 3 pancuran dan juga 7 pancuran mata air hangat yang mengalir.


Banyak pendatang memang sengaja datang untuk mengobati bermacam penyakit, dari air hangat yang mengandung belerang. Ada juga yang sekedar ingin berendam air hangat untuk merileksasi tubuh karena kepenatan atau kelelahan selama menjalani rutinitas.

Selain berendam di air panas,kamu juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar, hingga dapat membayar kelelahan setelah melewati ratusan anak tangga untuk mencapai lokasi ini. Masuk ke lokasi dikenakan tiket masuk Rp 5.000 bahkan bisa gratis, jika petugas tiket belum datang hehehehe...



Curug Cipendok

 
Sumber: id.wikipedia.org

Sebuah curug yang terletak di desa KarangTengah, cilongok, Banyumas. Atau kamu dapat menempuhnya sekitar 25 km dari pusat kota Purwokerto untuk menuju lokasi wisata ini. Kamu akan merasakan udara sejuk dari kawasan wisata ini, karena letaknya di dataran tinggi.

Meski terletak di dataran tinggi, akses jalan menuju ke sana sudah cukup baik sehingga tidak lagi harus repot melalui jalan yang bergelombang.
  Ketika sudah sampai lokasi ini kamu bisa langsung merasakan segarnya kolam besar yang menampung derasnya air terjun dari ketinggian sekitar 100 meter. Setelah puas bermain air, kamu bisa mencicipi kuliner yang dijajakan di sekitar kawasan ini yaitu tempe mendoan yang hangat dan susu sapi murni sehingga dapat mengobati rasa lapar setelah puas bermain air.

Bagi kamu yang berada di luar kota Purwokerto dan ingin mencari hotel untuk menginap. Saat ini kawasan Purwokerto sudah banyak berdiri hotel-hotel, mulai dari yang biasa sampai dengan yang berbintang. Sebaiknya kamu memesan hotel dari jauh-jauh hari agar mudah mendapatkan akomodasi saat sudah sampai di lokasi.

Kamu bisa menggunakan aplikasi atau mengunjungi beberapa situs, seperti Traveloka yang menawarkan pilihan hotel dengan berbagai kualitas dan juga harga yang terjangkau. Rencanakanlah liburan kamu dari sekarang jangan sampai saat sudah puas menikmati wisata di Purwokerto namun kamu memiliki kendala dalam memilih penginapan.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
rendi rian
admin
12 January 2017 at 22:45 ×

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai wisata alam yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar wisata alam

Congrats bro rendi rian you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar