Segarnya Es Pisang Ijo "Warungku" Sidoarjo

Es Pisang Ijo
Siang yang terik di kota Sidoarjoku membuat diriku pengin minum yang seger-seger. Selepas ngojek jemput anak Ragil,  langsung belok ke "Warungku" di Jl. Kartini Sidoarjo. Di Warungku ini favoritnya Es Pisang Ijo. Es pisang Ijo di Sidoarjo ada beberapa tempat, tapi kali ini aku coba yang di Jl. Kartini berdasarkan rekomendasi dar Mbak Mita.


Es pisang ijo merupakan salah satu kuliner yang menjadi favorit saat masih di Ambon dulu, banyak warung es pisang ijo di Ambon yang penjualnya berasal dari Makassar. Saat pulang kampung naik kapal kadang saya mencarinya di Pantai Losari.Sambil menunggu kapal berangkat kembali.

Kalian pastinya familiar dong dengan es pisang Ijo, iya es pisang ijo merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Makassar. Pisang ijo terbuat dari pisang raja kukus atau pisang kepok kukus lalu dibalut dengan dadar warna hijau. Cara penyajiannya, pisang yang dibalut tadi dipotong-potong, tambahkan sirup cocopandan, bubur sumsum yang lembut, susu serta es serut.Adonan kulit hijau, terbuat dari campuran terigu, pewarna hijau dari daun pandan dan daun suji serta sedikit garam.

Jadi rasanya manis gurih yang didapat dari bubur sumsum. Segeeer dan mengenyangkan. Tapi es pisang ijo yang saya nikmati di Warungu ini agak berbeda dengan yang ada di Makasar, bedanya di sini memakai tambahan bubur mutiara. Soal rasa lumayanlah tak bikin kecewa, dengan cukup merogoh kocek Rp 9000,00 . Rasa haus terobati.



Selain es pisang ijo di sini juga menyediakan makanan, gado-gado, lonthong mie, ayam bakar, bebek goreng. Minumannya ada es palu butung, es campur, es jeruk, es cao, es teh.

Tempatnya sih hanya menggunakan teras rumah yang disulap jadi warung makan. Dengan beberapa bangku kayu. Tapi cukup bersih. Kemarin saat saya ke sana sekitar jam setengah 4 sore, es pisang ijonya sudah habis. Beruntunglah saya masih kebagian walau hanya satu porsi.:)
Jam buka warungnya sekitar jam 9 pagi.
Rasa haus dan kangenku akan es pisang ijo cukup terobati ketika ke Warungku ini.
Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
Asep Haryono
admin
3 November 2016 at 20:49 ×

Wah jadi kepengen deh. Di daerah saya ada beberapa es Es Pisang Ijo ini namun saya hanya lewat saja belum pernah beli. Pernah suatu ketika anak saya bawa es krim yang ada pisangnya dan ada cococrunh atau coklatnya. Saya pikir ini yang namanya pisang ijo. Tapi kok warnanya nda ijo ya, dan ada coklatnya. Untuk ada artikel ini, saya jadi paham deh HIhiehieie Kapan kapan mau coba ahhhh

Reply
avatar
dwi sari
admin
4 November 2016 at 00:42 ×

Ngilerrrr liat ini huhuhu. Eh btw mba Tatit pernah tinggal di Ambon toh, wuahhh ^^

Reply
avatar
Tatit
admin
4 November 2016 at 18:29 ×

Hehehehe, slamat mencoba dan menikmati pak

Reply
avatar
Tatit
admin
4 November 2016 at 18:31 ×

Iya mbak tinggal di Ambon 5 tahunan. Balik ke Jawa pas ada kerusuhan itu. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
4 November 2016 at 18:32 ×

Iya mbak tinggal di Ambon 5 tahunan. Balik ke Jawa pas ada kerusuhan itu. :)

Reply
avatar
12 November 2016 at 04:07 ×

Harus nya temen nya es pisang ijo bukan gado2 atau ayam bakar tp coto makassar hehehe

Reply
avatar
Tatit
admin
12 November 2016 at 14:10 ×

Iya mas, harusnya coto makassar. berhubung ini wong Drjo sing jual akhirnya menunya disesuaikan sama lidah Sidoarjo lonthong mie. :)

Reply
avatar
Beby Rischka
admin
12 November 2016 at 23:44 ×

Aku belom pernah makan pisang ijo loh, Mbaaaak.. Wkekek :p

Reply
avatar