Tahu Bulat Bakso Keju

Tahu Bulat Bakso Keju
Tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan nyoooy. Terngiang suara dari mikropon mobil penjaja tahu bulat keliling. Jajanan tahu bulat sedang hits, bahkan sudah dibuat aplikasi mainan penjual tahu bulat. 
Kalau yang dijual di abang- abang, tahu bulatnya aneka rasa tinggal ditambahkan mau rasa barbeque atau balado. Saya sih suka yang tahu bula original tanpa tambahan bumbu. Buat takjil kemarin saya terinspirasi dari web kobe, tahu bulat bakso keju. Kalau yang di Kobe dengan daging sapi isiannya. Saya pakai daging ayam saja, lebih murah.


Inisiatif membuat tahu bulat ini juga karena pas habis jajan tahu bulat di Taman, lalu Lantip minta dibikinkan tahu bulat bakso isi keju. Lantip paling hobi nyeml keju. Andikata kejunyayang mozarella, lebih enak dan molor. Saya saat memasak ini menggunakan keju kraft.

Tahu memang salah satu favorit yang selalu terhidang di meja makan. Selalu ada tahu dan tempe goreng di meja, menemani sayuran dan lauk lainnya. karena tahu enak, empuk dicocol dengan sambel ecap atau dicolekin sambel petis, bikin lupa kalau usiaku sebaiknya sudah mulai mengurangi makanan yang digoreng.Ulalala...

Bahan :
10 tahu  bulat dibagi 2 dikelarkan bagian putihnya.
200 gram daging dada ayam
1 butir telur ayam
1 wortel 
1 sendok teh garam
1 sendok teh lada bubuk
2 sendok makan tepung kanji
1 siung bawang putih
1/2 sendok teh kaldu bubuk
50 gram keju kraft. dipotong kotak dadu


Cara membuat:
1.Daging dada ayam, wortel, diiris kotak kecil untuk memudahkan dichooper.Masukkan ke dalam chooper daging dada ayam, wortel, garam, lada bubuk, tepung kanji, kaldu ayam bubuk, bawang putih, telur. Masukkan dalam chooper, digiling sampai halus.Taruh di mangkok.

2. Tahu bulat dibelah jadi 2 diambil bagian putihnya dicampurkan ke dalam hasil gilingan dagig ayam. Diaduk sampai tercampur rata.

3. Ambil satu sendok adonan, masukkan ke dalam tahu bulat. Tambahkan keju di tengahnya. Begitu setrusnya sampai tahu bulat terisi adonan semua.

4. Kukus sampai matang kurang lebih 20 menit.

5. Siap dihidangkan dengan saus sambal. 

Tahu bulat bakso keju siap dihidangkan di meja sebagai menu buka puasa maupun untuk cemilan. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
20 June 2017 at 08:22 ×

Hmmmm, enak ni sepertinya.
Coba buat sendiri ah.

Trimakasih inovasi menunya mbak, biar saya ga jajan-jaajn keluar lagi. hehehehhe

Reply
avatar
dwi sari
admin
20 June 2017 at 11:46 ×

Hoooo ini bikin sendiri gk perlu digoreng ya mbak, dikukus doang. Ngiler ih, karna aku blm ornh beli tahu bulat :))))

Reply
avatar
Tatit
admin
21 June 2017 at 12:50 ×

Iya ini dikukus aja. Tinggal beli tahu bulat lalu diisi ayam giling dibumbui.

Reply
avatar