Berkunjung Ke Pabrik Viva Dan Blogger Gathering



 Siapa pembaca di sini yang tak mengenal Viva Kosmetik?  Kalau kalian tinggal di Pulau Jawa, pastinya kenal banget dengan produk ini.  Produk apa yang terbersit di ingatan Anda, bila saya menyebut Viva? Pastinya bedak tabur zak (plastikan) yang legendaris, celak alias pencil alisnya, skin food dan tentunya  face tonik dan milk cleanser serta air mawarnya. 

Sabtu 11 November 2017 saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke PT Vitapharm , jl. Panjang Jiwo 42 Tenggilis Mejoyo Surabaya. Bersama Surabaya Beauty Blogger, dalam rangkaian acara get closer with Viva Cosmetics bertempat di Hall PT Vitapharm . Siap- siap mengosongkan gelas untuk menerima ilmu baru dalam seharian, uhuuuy.
Produk Viva


 Alhamdulillah Hahahaha karyawisata tipis-tipis. Hora popo, yang penting nambah silahturahim dan nambah ilmu dandan. Acara berlangsung seharian  dari jam 08:00 WIB -  16:00 WIB. Walau pengguna kosmetik Viva sejak lama, dan baru kali ini saya berkunjung ke Pabriknya. Acara dipandu oleh MC cantik Mbak Olivia. Sebelum mendengarkan kata sambtan dari pihak Vitapharm, Mbak Olivia mengajak peserta agar lebih semangat dengan meneriakkan Yel-yel
- Aku Cantik, Aku sehat, Aku bahagia Muach...muach...
Bapak Danny Wibisono, Divisi marketing Manager

Sambutan pertama dari Bapak Danny Wibisono selaku Divisi Marketing Manager Vitapharm. Beliau menjelaskan secara singkat sejarah Viva cosmetics dan menyambut kedatangan kami. Viva cosmetics dulunya bernama PT General Indonesian Producing Centre dan berlokasi di Jl. Karet Surabaya. Kemudian Tahun 1964 berganti nama Paberik Pharmasi Vita .
Mulai 1998 PT Paberik Pharmasi Vita berubah nama menjadi PT. Vitapharm dan berlokasi di Jl. Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo.

Selain itu beliau juga menjelaskan prestasi yang paling membanggakan bagi Via Cosmetics ketika mendapatkan "Indonesia Living Legend Brand"dari majalah Swa selama 3 tahun berturut-turut. Penghargaan ini diberikan bagi perusahaan yang sudah mencapai usia di atas 50 tahun, masih produktif serta inovatif dan tentu harus wajib pajak. 
Ibu Ana Kepala Unit Promosi

Dilanjutkan penjelasan dari Ibu Ana, selaku kepala unit promosi. Ibu Ana menjelaskan beberapa produk yang diproduksi  Vitapharm yaitu Viva Kosmetik, Viva White, Viva Queen dan Viva Red - A.
Viva kosmetik, khusus memproduksi yang berhubungan dengan skin care, Viva White memproduksi hal yang berbau mencerahkan kulit,Viva Queen fokus pada brand make up dewasa atau utuk profesional. Vuva Red - A diproduksi untuk kaum muda.

Viva kosmetik ini sering mensponsori pagelaran acara fashion show ataupun parade busana tingkat daerah maupun nasional. Terutama dengan produk Viva Queennya, ada body painting, dan make up kit.

Yeaay, acara sambut menyambut selesai, selanjutnya Visit the Factory. Saat visit factory nggak dibolehin bawa HP maupun kamera lho. Dengan dibimbing Bp. Teguh kami mulai mengunjungi pabrik, kami masuk ke ruang pemeriksaan barang kemas. Kami dapat melihat proses pembuatan, pengemasan, melalui kaca. Semuanya steril dan terjaga kebersihan dan kualitas bahannya. Viva bekerja sama dengan petani untuk memasok bahan alami, seperti lidah buaya .

  PT Vitpharm mempunyai  standart 5 P yaitu:
- Pemilihan berdasarkan kegunaan barang
- Penataan pada tempat yang sudah ditentukan
- Pembersihan dengan cara menghilangkan sumber kotoran
- Perawatan dengan mempertahankkan kondisi positif telah dicapai
- Pendisiplinan yaitu dengan memberi keteladanan dan mengembangkan kebiasaan positip.

Pak Teguh membawa kami ke ruangan Lab dan Quality contol. Pas di ruangan qualiy control, mata saya tertarik pada alatuntuk menguji kelenturan lipstik sebelum dikemas. Lipstik ditekan dengan kekuatan tertentu, untuk mengetahui mudah patah atau tidak, Bila mudah patah maka akan disingkirkan. Lalu kemanakah lipstik dan kosmetik yang tidak memenuhi kualitas ? Saat di dalam , Pak Danny Wibisono menjelaskan barang yang tidak memenuhi kualitas kontrol akan diberikan pihak ketiga, entah mau dibakar atau dipendam. Perjalanan masih berlanjut melihat ruag penyimpanan / gudang. Setiap rak sudah didisplay untuk masing-masing produk dan sudah siap meluncur ke pasaran kalau sudah melalui uji quality control dan pengemasan. 

Eh pas mau keluar Mbaknya yang jaga gudang menyuruh kami mencoba body butter, produk terbaru  Viva. Yang saya coba olive, baunya cukup segar dan awet di tubuh. Acara visit pabrik kelar, kita kembali ke hall. 

Ternyata masih ada games yang dipandu Mbak MC Olivia. Gamesnya seru abis, ada 5 pasangan peserta diwajibkan mengambil 56 barag untuk merias temannya. Dari kelima peserta tersebut dimenangkan oleh pasangan Fio dan Claresta dengan tema How To Faboulus with make up sak onoe, Lalu Niar dan Mbak Yuni dengan tema Korean Girl, Intan Sukma dan Ike dengan tema Power Puff Girl. Saya sangat terhibur dengan juara pertama walau pencil alis bujel masih bisa memanfaatkan eye shadow sebagai alis. You are rock Mbak Claresta! 😁
Para pemenang games merias wajah berpasangan


Niar dan Mbak Yuni dgn tema Korean Girl. salah satu pemenang games

Selanjutnya acara beauty class. Kita dipandu cara mengenali jenis kulit. Lalu  diajarkan cara membersihkan make up, dan membersihkan wajah dengan benar. Dari masase wajah hingga make up wajah dengan benar. Saya yang jarang memakai pencil alis, belajar memakainya dipandu Mbak Wiwik yang sabar bila saya tanya. Pakai pproduk Viva yang sesuai degan iklim tropis, membuat wajahku lebih fresh ketika di make up. Padahal sebelumnya kantung mataku menggantung lho seperti teriak minta tidur siang. 😃
  
Materi selanjutnya dari Mas Moh. Rizki, tentang cara mengambil foto produk yang instagramable dan how to be selfie. Eh beliau memaparkan ada 10 hal syarat menjadi beauty blogge, minimal mengenal 10 produk kosmetik.Selain itu ada hal penting agar bisa disebut sebagai beauty blogger:

1. Suka menulis kecantikan
2.Senang berbagi info yang menyenangkan
3. Bisa make up sendiri dan foto sendiri
4. Mereview produk kecantikan dengan benar
5. Membangu networking yang luas
6. Mau terus belajar
7. Menguasai tehnologi Informasi
8. Kenali banyak mer kosmetik/make up
9. Jadilah diri sendiri
10. Paham Foto dan Videografi

Untuk membuat foto produk, yang penting adalah building layer, background :bisa warna putih atau gelap, pencahayaan, dan pengeditan.
Ketika akan membuat foto flatlay, pastikan obyek foto yang akan difoto sudah tertata rapi, dan kalau bisa tambahkan property agar tak terlihat kosong.

Jika kita akan selfie untuk pemotretan syaratya satu kenali diri sendiri. Bagian tubuh mana yang menarik untuk diamil anglenya. Dan kuncinya pada mata. Coba sebelum selfie, tutup mata lalu spontan dibuka. ekspresi spontan itulah yang kelihatan natural. Mas Rizky mencontohkan salah satu peserta dengan sorotan cahaya dari lampu ring.Duh mas aku naksir lampu ringnya bukan jenggotmu. Tapi kok ya harga lampunya juga apik di kantong.  
Belajar Motret dengan @Mochtret
 
Sebelum acara ditutup ada pemotongan kue tart, eh ternyata ada yang ulang tahun yaitu divisi Multi media online, berulan tahun ke- 6. Selamat ya.... 
Tim Divisi Multimedia ultah ke-6 yaaay


Acara kunjungan ke pabrik Viva hari itu bikin saya sangat happy dan puas mendapatkan tambahan ilmu serta bisa bertemu dengan teman-teman. Selain menambah wawasan juga tentunya nambah teman baru dong.


Selamat ya Viva Kosmetik di umurnya yang ke -55 mendapatkan penghargaan living legend brand.
 

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Anisa Ae
admin
18 November 2017 at 13:53 ×

Aku suka ma produk viva karena memang ringan dipakai dan gak bikin iritasi. :)

Reply
avatar
Tatit
admin
19 November 2017 at 19:24 ×

Iya, emang cocok buat iklim tropis.Aku kadang pakai produk air mawarnya mbak

Reply
avatar