Nglencer Ria Yang Panjang

Sidoarjo,9 Agustus 2012
 Rencananya Lebaran kali ini bakalan tidak mudik karena liburan kemarin baru saja pulang ke Magelang tengok ibu mertua yang barusan sakit juga sekalian anak adik sunatan.So kagak kebayang lagi bisa mudik, antara liburan panjang sekolah. Awal semesteran yang membutuhkan dana tinggi buat kebutuhan sekolah anakku,bulan Ramadhan dan Lebaran saling berurrutan.
Eh mendadak pagi-pagi dapat sms dari Pak'e Thole "Tak akan lari rejeki asal kita tidak terlalu memaksakan diri untuk mengejarnya. Semakin dikejar semakin menjauh"
Wiiiing kayaknya pertanda baik nih, Alhamdulillah.SMS berikutnya aku disuruh mencari rentalan mobil buat ke Purworejo ,biasalah si Pak'e pengin kumpul anak bojo (mumpung anak liburan).Yup kami memang LDR. Dan diriku hanya diapelin setiap weekend dikarenakan suami pindah tugas Jakarta dan aku sama anak-anak menetap di Sidoarjo. Akhirnya telpon sana - sini cari informasi.What!Harga kalau sampai Lebaran melambung 3 kali lipat . Duuh beratnya ongkos rentalan bagaikan beratnya tubuhku yang super kelas berat ini.
Ditimbang-timbang sampai berapa kilo ya ya1 ups nggak lah yaow nyewa mobil mendingan mbolang lagi aaah pakai bis dari terminal. Ntar ngrentalnya kalau sudah di Jawa Tengah aja.Cet-pencet SMS lagi memag tugasku buat cari informasi. akhirnya aku pencet nomer adik iparku minta bantuan dia untuk mencarikan rentalan mobil selama aku di Magelang.
Eee..njilalahnya malah adik iparku menawari untuk memakai mobilnya saja selama buat wira-wiri di sana. Karena dia tak pergi kemana-mana, masih ada sepeda motor dan mobil picanto yang bisa digunakan buat mobilitasnya.
Yihiiia..pucuk dicinta ulam pu tiba. Cocok gathuk Enthuk, alhamdulillah lagi. Memang kalau Allah sudah memberikan jalan maka akan memberikan kemudahn juga bagi kami. Asal hambanNya ini selalu berusaha, dan selalu bertakwa pada Nya.
Yes!
Pagi itu buru-buru baju-baju anakku yang baru saja pulang dari Ramadhan Camp aku cuci dan setelah kering langsung dilipat tanpa setrika langsung masuk koper.Weee, berhubung buru-buru kagak sempat beli oleh-oleh lagi. langsung telpon taxi dan berangkat ke Terminal Purabaya.
Nyet nyot dengan bergenteng konyeng koper 2 dan ransel logistik serta PS anakku. Blaik samapi di BungurAsh ternyata eh ternyata bis Eka yang tujuan Magelang sudah habis adanya ntar sore jam 6. Terakhir yang pagi adalah jam setengah 10. Wedew daripada mbalik kontak lagi adik ipar bisa kagak jemput di Jogja malam harinya?Sebab adanya ka jurusan Joga . Alhamdulillah ternyata adik bisa, tapi ntar yang jemput Yoga. Poanakanku yang baru kelas 3 SMA.
Masuk,nikmati perjalanan yang panjang ini.
BISMILLAH

Seperti kebiasaanku sebagai wanita ndeso nan udik, pakai bis PATAS AC tapi selalu AC yang tepat di atasku aku tutup. Kagak tahan dinginnya.Setelah itu baca buku atau tidur.Saat di terminal sambil menunggu bis penuh dengan penmpang, banyak penjaja asongan masuk menawarkan dagangannya.
Satu buku dan tabloid berhasil pindah ke tanganku.
Saat mau membeli buku ini aku sempat ragu, kok harga murah dan covernya agak buram. Tapi wis terlanjur je!Lumayan buat menemani dalam perjalanan.
Kami berhenti di Rumah makan Duta buat buka puasa, memang kalau naik bis Patas Eka mendapat kupon makan . Tapi kalau kita tidak berkenan untu makan kita juga boleh menolaknya dan dikembalikan uang. Atau bisa juga diganti dengan kue seharga itu di mini marketnya.Kupon makannya warna merah seharga Rp7000.Pilihan makan dan minumnya adalah Nasi soto, Nasi rawon, ayam bakar ata bakso. Dulu ada gado-gado dan nasi pecel tapi sekarang sudah dicoret dalam daftar.
Dan bis Eka bekerja sam dengan Rumah makan Duta.Ngawi.
Saat tiba di Ngawi pas buka puasa dan sholat Maghrib. Alhamdulillah kami pun bisa sholat dan buka dahulu.
Setelah kira-kira setengah jam rehat sejenak bis melaju kembali.
Sampai di Jogja kira-kira jam 21:15.Hmmm, pas karena jalanan belum terlalu macet dan masih lengang oleh lalu lalang mobil maupun motor pemudik.
Weits sampai di Janti, ponakan yang menjemput belum kelihatan. Jangan-jangan si Yoga belum tahu Janti. Padahal sudah seperempat jam yang lalu dYoga ngebel dan sms kalau sudah sampai Jogja mau dijemput di Meguwo atau Janti?Kami pilih Janti pikirku lebih gampang nyarinya. Sebab Janti kan sudah jadi tempat turunnya penumpang, mangkalnya ojek maupun taxi. Ternyat..oh..ternyata si Yoga tak tahu tempat penurunan penumpang Janti. Yoga kebablesen lurus di jalan layang akhirnya muter lagi. Nah si Pak'e pikir Yoga masih di daerah jalan Solo jadi diperhatikannya setiap mobil taruna yang lewat.,hingga 30 menit. Aku SMS yoga, jemputnya pakai mobil apa? Picanto. 
Hihihihihi...kasihan Pak'e mbok dipelototi sampai mata juling nggak bakalan nemu mobil tarunanya Yoga. Walhasil aku SMS Pak'e, kalau Yoga sudah nunggu di seberang jalan dan pakai mobil Picantto.
Saat masuk ke mobil yang mngil ini, cerita anatara mobil Taruna dan mobil picanto jadi bahasan yang bikin kami tertawa ngakak bersama. di tengah dinginnya malam Jogja.
"Harusnya bener Budhe tadi siang SMS yang pertama, kalau jemputnya di Meguwo aja. Bukan di Janti.Bikin diriku bingung, daritadi muter-mutr kok nggak ada bis Eka berhenti?ternyata aku kebabkasen tho. "hahahahaha, oalaaah Le...saiki kau telah tumbuh jadi remaja gedhe yang sudah bisa diberi tanggung jawab. Dulu saat masih ngumpul di Magelang isih gelut lan rebutan PS ama Afif anakku kok saiki wis iso njemput Mbokdhemuu. Sambil tak ucek-ucek rambutnya yang lurus.
 
 




No comments:

Post a Comment