Daftar menu Dalam Seminggu

Kadang-kadang kita bingung kan?mau masak apa, nanti jatuhnya ketemu menu itu lagi itu lagi. Untuk menyiasatinya aku selalu membuat daftar menu untuk seminggu ke depan. Pastinya anak-anak akan saya libatkan dalam pemilihan menu ini.

Kadang daripada bengong, sambil menemani belajar atau melihat film di TV, aku corat-coretkan di selembar kertas.Menu-menu yang sederhana dan praktis sih. Yang kira-kira bisa siap saji di meja makan dan doyanan anak-anak.

Bagi pemula masak sepertiku, menyusun menu ini ternyata membantu aku memadu padankan menu unuk semingu ke depannya.Bahan utama untuk sayuran atau sarapan, sudah aku siapkan satu hari sebelumnya. So malam hari sambil di depan TV sambil petik-petik sayuran gitu.

Setelah sayur dipetik dan dipotong-potong, aku menyimpannya di wadah kedap udara dan masukkan di lemari es. Bawang putih dan bawang merah biasanya sudah aku kupas sekalian. Jadi pagi hari tinggal sengsong dan plung-plung. sebelum anak-anak berangkat sekolah sudah kelar semua tuh masakan. Tinggal bersih-bersih rumah dan mengerjakan hobi yang lainnya. (Hihihihi contohnya ya nulis di blog GeJe ini )

Akhir Minggu terutama Sabtu dan Minggu, karena anak-anak libur. Menunya aku tambahkan cemilan misalnya bolu kukus, atau pukis  .


MENU DALAM SEMINGGU

- Senin: Sarapan                 : Roti bakar keju
             Siang  dan malam   : Cah Bakso Sawi Daging
                                             Rendang Ayam

-Selasa : sarapan :                 Nasi Goreng Sosis
               Siang  dan malam   : Sop Jagung
                                              Perkedel Kentang
                                              Sambel Kecap

-Rabu  : Sarapan:                  Bubur Ayam
               Siang   dan malam  : Lodeh Campur
                                               Ikan kembung goreng/ikan pindang digoreng
                                               Sambel terasi

-Kamis: Sarapan                   : Mie goreng Jawa
              Siang dan malam      : Sayur Asem Jawa Timur
                                                Ayam goreng kremes
                                               Sambel Tomat


-Jumat : Sarapan                  : Nasi Goreng Putih
               Siang dan Malam    : Oseng-Oseng buncis bakso
                                              : Ayam Goreng Tepung

-Sabtu : Sarapan                   : Roti tawar goreng isi sosis keju
              Siang dan Malam     : Cah Sawi Putih Bakso Udang
                                                Tempe Bacem
                                                  Sambel Tempe
               Selingan                  : Pukis Mini Coklat Keju

-Minggu: Sarapan                 : Lonthong Mie (Kadang aku beli , kadang bikin sendiri :D)
                Siang DanMalam    : Sop Rambutan
                                                Perkedel Tahu
                                                 Balado Terong
               Selingan                  :  Puding Kaca



Sekian dulu ya, menu seminggu yang bisa aku catat. Nah hari ini aku bikin Sop Rambutan, perkedel Tahu, Balado terong.
sopnya untuk anak-anakku yang sedang sakit radang, sedangkan balado terongnya buat emaknya yang doyan pedes. :D

Sop rambutan,Balado terong,Tahu keriting

              
Resep Tahu keriting atau bola tahu
Bahan:
4 kotak tahu putih
2 Siung bawang putih
garam secukupna
Lada 1/4 sendok teh
cara membuat:
Tahu dihaluskan kemudian ditiriskan airnya.
Haluskan bawang putih, lada serta garam
Kemusdian campurkan bumbu halus ke tahu yang sudah dihaluskan, Aduk dan campur hingga rata.
Bikin bulat sebesar bola bekel, sampai adonan habis. Masukkan dalam kulkas kira-kira 30 menit, Baru goreng dengan minyak yang banyak dan panas.Tunggu sampai kuning kecoklatan.Angkat dan siap disajikan hangat.

                            
                           

Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
coretanirai
admin
7 December 2015 at 11:24 ×

terima kasih sharingnya Mbak Tatit....aku catet ah :)

Reply
avatar
Anne Adzkia
admin
15 December 2015 at 06:48 ×

Saya masih masak dadakan sebelum jam makan nih, jadinya menerapkan 15 minutes meal. Dan sering kehabisan ide. Enaknya dibikin rencana menu kayak gini ya, mbak. Makasih sharingnya.

Reply
avatar
1 May 2016 at 06:55 ×

kalo bulan puasa baca beginian apa aku bakal kuat :v

Reply
avatar
26 April 2017 at 13:16 ×

Pasti Kuat Kalau Ada Niat :'v

Reply
avatar