Nikmatnya Gula Jahe

Gula Jahe

Gula jahe merupakan salah satu produk andalan dari Jawa Tengah. Biasanya ada di toko oleh-oleh daerah Purworejo dan Kutoarjo.Bentuknya seperti bathok kecil lalu ditutup dengan plastik yang rapat, lalu dikemas dalam mika. 1 mika biasanya berisi sekitar sepuluh biji.Jika Anda sedang berkunjung ke Purworejo, anda bisa mampir di toko oleh-oleh Ay Kok di jl. KH.Ahmad Dahlan no 68 Purworejo, untuk mendapatkan gula jahe ini.



Saya kalau mudik sering diberi Budhe Is Gula Jahe. Gula jahe ini bukan asli dati Solo, tapi berasal dari Kutoarjo dan Purworejo. Setiap kali Budhe berkunjung ke rumah besannya di Temanggung, oleh-olehnya selalu gula jahe ini. Gula jahe selalu jadi rebutan dan tak bersisa,

Inilah nikmatnya berkumpul, diriku yang dari Sidoarjo membawa kerupuk dan terasi barter dengan gula jahe dari Purworejo ini. Cara pembuatannya yang praktis inilah yang aku suka. Tinggal seduh gula jahe dengan air mendidih lalu diaduk hingga gulanya hancur . Minum selagi hangat-hangat.
Gula jahe ini bisa juga ditambahkan ke susu atau kopi.

Gula jahe mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina tubuh dan daya tahan tubuh. Jika saya terasa masuk angin atau tenggorokan gatal, mengkonsumsi gula jahe. Masuk angin hilang dan siap beraktivitas kembali.



Gula Jahe

Previous
Next Post »

11 comments

Click here for comments
27 January 2015 at 09:38 ×

ko pas banget sih mba, di rumah juga ada wedang jahe kemasa, suami beliin kmarin. Cocok banget ya hujan2 gini biar hangat...

Reply
avatar
HM Zwan
admin
27 January 2015 at 10:16 ×

baru tahu mak,kebayang segernya kalo hujan2 nyeduh gula jahe :)

Reply
avatar
27 January 2015 at 10:54 ×

uh hujan2 minum itu dijamin anget

Reply
avatar
27 January 2015 at 12:46 ×

enak nih...kayaknya nikmat buat musim penghujan kayak gini

Reply
avatar
27 January 2015 at 14:06 ×

Minuman yang menghangatkan dan tentu saja menyehatkan ya mbak? Bisa buat obat masuk angin kan?

Reply
avatar
Tatit
admin
27 January 2015 at 14:18 ×

bisa banget mbak nurul

Reply
avatar
Tatit
admin
27 January 2015 at 16:54 ×

Anget...anget....mbak.

Reply
avatar
Tatit
admin
27 January 2015 at 16:55 ×

Seger dan mengahngatkan mbak. Yuuuk jelajah Purworejo.

Reply
avatar
Tatit
admin
27 January 2015 at 16:56 ×

pastinya mbak anget dan seger

Reply
avatar
Tatit
admin
27 January 2015 at 16:56 ×

Yuk segera diseduh wedhang jahenya

Reply
avatar
30 January 2015 at 10:22 ×

dulu saat masih kecil di makassar senang banget dengan gula jahe...namun kemudian gula jahenya menghilang...eh sekarang sudah jadi oleh-oleh....asyik..
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Reply
avatar