Nikmatnya Gula Jahe

Gula Jahe

Gula jahe merupakan salah satu produk andalan dari Jawa Tengah. Biasanya ada di toko oleh-oleh daerah Purworejo dan Kutoarjo.Bentuknya seperti bathok kecil lalu ditutup dengan plastik yang rapat, lalu dikemas dalam mika. 1 mika biasanya berisi sekitar sepuluh biji.Jika Anda sedang berkunjung ke Purworejo, anda bisa mampir di toko oleh-oleh Ay Kok di jl. KH.Ahmad Dahlan no 68 Purworejo, untuk mendapatkan gula jahe ini.



Saya kalau mudik sering diberi Budhe Is Gula Jahe. Gula jahe ini bukan asli dati Solo, tapi berasal dari Kutoarjo dan Purworejo. Setiap kali Budhe berkunjung ke rumah besannya di Temanggung, oleh-olehnya selalu gula jahe ini. Gula jahe selalu jadi rebutan dan tak bersisa,

Inilah nikmatnya berkumpul, diriku yang dari Sidoarjo membawa kerupuk dan terasi barter dengan gula jahe dari Purworejo ini. Cara pembuatannya yang praktis inilah yang aku suka. Tinggal seduh gula jahe dengan air mendidih lalu diaduk hingga gulanya hancur . Minum selagi hangat-hangat.
Gula jahe ini bisa juga ditambahkan ke susu atau kopi.

Gula jahe mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina tubuh dan daya tahan tubuh. Jika saya terasa masuk angin atau tenggorokan gatal, mengkonsumsi gula jahe. Masuk angin hilang dan siap beraktivitas kembali.



Gula Jahe

11 comments:

  1. ko pas banget sih mba, di rumah juga ada wedang jahe kemasa, suami beliin kmarin. Cocok banget ya hujan2 gini biar hangat...

    ReplyDelete
  2. baru tahu mak,kebayang segernya kalo hujan2 nyeduh gula jahe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger dan mengahngatkan mbak. Yuuuk jelajah Purworejo.

      Delete
  3. uh hujan2 minum itu dijamin anget

    ReplyDelete
  4. enak nih...kayaknya nikmat buat musim penghujan kayak gini

    ReplyDelete
  5. Minuman yang menghangatkan dan tentu saja menyehatkan ya mbak? Bisa buat obat masuk angin kan?

    ReplyDelete
  6. dulu saat masih kecil di makassar senang banget dengan gula jahe...namun kemudian gula jahenya menghilang...eh sekarang sudah jadi oleh-oleh....asyik..
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete