Hal-Hal Yang Menyebabkan Timbulnya Karang Gigi

Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Gaung ini dipertegas dengan lagu dangdutnya Om Meggy Z. Jargon ini menggambarkan bahwa sakit gigi itu rasanya cekut-cekut bikin kegiatan aktivitas kita terganggu.  Sakit gigi tak terlihat namun sangat mengganggu pekerjaan bila si gigi sudah kumat cekot-cekot. Selain itu gigi juga sangat menunjang penampilan.

Coba kalau di bagian gigi depan ada barisan bekas cabai lalu kita tersenyum uhuuuy, bikin ilfil kan ya?Gigi kadang terabaikan kebersihannya, kita menganggap enteng padahal kalau sudah berlubang  berakibat sakit dan mengganggu.

Selain masalah gigi berlubang ternyata masih ada gangguan gigi lainnya, seperti yang dialami anakku Afif yaitu  seringnya muncul karang gigi. Gigi berwarna kuning karena adanya tumpukan kotoran yang menutup gigi.
Saat kubawa ke dokter gigi untuk perawatan saluran akar, dokter giginya mnemukan banyak karang gigi.
Apa sih penyebab timbulnya karang gigi?tanyaku pada dokter yang menanganinya. Hal-hal yang menyebabkan timbulnya karang gigi ada beberapa sebab:

1. Karena kurang rajin sikat gigi saat  mau tidur
Anakku suka sekali makan malam menjelang tidur lalu lupa untuk gosok gigi, maka banyak sisa makanan yang tertinggal dan menempel di gigi pada akhirnya mengeras. Jika tak teratur menggosok gigi maka gigi akan semakin kotor berwarna kuning .

2. Kurang mengkonsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah merupakan salah satu sumber nutrisi bagi kesehatan termasuk juga kesehatan gigi. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung kalsium sangat dianjurkan. Bila kurang makan sayur dan buah dapat juga menimbulkan karang gigi.
Anakku memang kurang menyukai sayur, sukanya hanya makan nasi, telur dan kecap. Sekarang aku jadi tahu mengapa sering kali karang giginya muncul walau sudah dibersihkan setiap 6 bulan sekali.

3.Suka makan coklat
Suka makan coklat tidak apa-apa bila diimbangi setelah makan coklat setelah itu kudu  sikat gigi. Karena sikat gigi  dapat menghilangkan sisa-sisa coklat . Bila tak mau sikat gigi setelah makan coklat atau permen coklat dan lupa gosok gigi setelahnya, akan mempercepat timbulnya karang gigi bahkan bisa menyebabkan gigi berlubang.

Bila ketiga hal yang menyebabkan timbulnya karang gigi itu dibiarkan maka gigi akan berwarna kuning. Saat disikat terkadang membuat gusi berdarah karenanya. Gusi pun akan berubah berwarna agak hitam.
Makanya sekali lagi jangan sepelekan gigi.



Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
6 November 2015 at 08:53 ×

Bener deh mbaak mulai sekarang harus pinter merawat dan menjaga gigi terutama dari hal-hal diatas. Diakui banget sakit gigi itu luarbiasa banget efeknya.... jadi sori yee bung Meggi aku gak mau sakit apapun,milih idup dengan stamina yang sehat bugar aja. Alhamdullilah :)

Reply
avatar
devina putri
admin
6 November 2015 at 09:26 ×

kalo sudah ada karang gigi menumpuk lama2 rapuh dan giginya biasanya bolong, aku juga kebiasaan jarang sikat gigi malam jadi nya bolong2 gigi nya

Reply
avatar
7 November 2015 at 20:41 ×

Wah padahal sya suka sekalo cokelat2an dan kopi. Dan itu bsa merusak gigi sih sebenernya. Gigi sya ada yg berlubang hiks. Sekarang sya hati2 klo makan dan rajin menggosok gigi supaya tidak menimbulkan karang gigi :D

Reply
avatar