Tips Merawat Tas Sekolah


Tas Ransel Anakku

Tas sekolah merupakan alat perlengkapan sekolah yang selalu diminta anakku hampir tiap pergantian tahun pelajaran selain sepatu.  Terkadang belum ada setahun, tas sekolah anakku sudah sobek atau retsletingnya jebol. Gimana mau nggak gampang jebol jika tiap hari beban yang dibawa di punggung berat  ? Ketika mengangkat tas anakku serasa dalam tasnya berisi  batu bata sekarung (mulai lebay :) )
Mau tas bermerk atau tas tak bermerk kalau begini ini caranya ya cepet jebol pikirku. Nah saya punya beberapa tips merawat tas sekolah anakku.Supaya awet dan hemat pengeluaran hehehehe...

Ini nih beberapa tipsnya:
1. Seminggu sekali tas dicuci, biar bersih dan kelihatan bar lagi
2. Biasanya saya sering mengingatkan anakku agar tak membawa buku terlalu banyak, selain agar tas cepat robek, punggungnya juga tak sakit.(jangan terlalu banyak membawa beban biar talinya nggak gampang putus)
3.Jemurlah tas yang tak terkena matahari langsung, biar warna tak lekas pudar.
4. Saat menyikat sebaiknya jangan terlalu keras.
5. Saat membuka dan menutup retsleting harus hati-hati jangan tergesa-gesa.
6. Jika tas terkena air hujan, lebih baik segera diangin-anginkan atau dijemur. Agar tak berjamur.
7. Jika ada kotoran yang menempel, segera dilap dengan lap basah sambil disikat pelan-pelan . Kalau saya biasanya memakai sikat sepatu atau sikat gigi.

Bila tas robekseperti yang sudah saya tuliskan di atas berhubung tempatku dekat dengan pengrajin tas maka aku bawa ke reparasi ke daerah sana. tepatnya di daerah Tanggul Angin banyak tempat reparasi tas atau koper.Bila kerusakan tak terlalu parah biasa cukup keluarkan kocek Rp 30.000,00. seperti pengalamanku beberapa waktu lalu, bagian ristleting robek dan aku ingin menahit bagian talinya dua kali agar lebih kuat. Untuk 3 tas cuma menghabiskan uang RP 75.000,00

Kalau nggak ya aku bawa ke tukang permak jeans tapi tanyakan dulu tukang vermak jeansnya juga mau vermak tas nggak? Hasilnya menurutku sih lebih rapi yang di Tanggul Angin. Tas yang di atas salah satu yang sudah direparasi ritsletingnya.

Semoga tips merawat tas ransel sekolah bermanfaat.




Kalau jebol ya dijahitkan aja. Kebetulan rumahku dekat dengan pengrajin tas tepatnya di daerah Tanggul Angin. Sentranya pengrajin tas kulit.

2 comments:

  1. wahh makasih tipsnya mba tatit, jadi ingat ranselku retletingnya rusak ternyata bisa diperbaiki yaa...dulu langsung out kalau rusak...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim ke Sidoarjo Dew, ntar aku repairkan di langgananku.
      :)

      Delete