Stik Nasi


Stik Nasi

Ceritanya saya punya sisa nasi, biasanya aku bikin nasi goreng. Atau dijemur jadi nasi aking, terkadang buat makan kucing yang lewat depan rumah. Daripada nasi mubadzir berakhir di tong sampah kan ya. Bukankah kata orang tua jaman dulu jangan suka membuan makanan.Kalau uang makanan sama saja buang rejeki.Nah kemarin saya ingat di grup memasak Langsung Enak pernah ada yang posting membuat stik dari sisa nasi. Ketika saya klik di pencarian selain resep stik nas ternyata juga muncul empek-empek nasi. Aku putuskan bikin resp stik nasi saja. Bahannya lebih sederhana dan praktis.

 Sebelumnya saya pernah mencoba menggunakan sisa nasi sebagai Bola-bola nasi isi keju untuk sarapan anak-anak. sekarang pengin bikin cemilan, apalagi saat hujan begini hawanya si mulut pengin olah raga mengunyah terus. Daripada penasaran dengan resep yang ada di grup memasak di atas, aku pun pengin segera eksekusi. Ada tepung taioka di lemari tinggal dibikin campuran adonan stik nasi.

Bahannya:
3 centhong nasi
1 gelas belimbing tepung tapioka
2 sendok maan blue band
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 sendok teh ryco (optional )
1 sendok makan garam
seledri diiris halus
Air secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat:
1. Nasi diblender dengan air, garam, bawang merah bawang putih dan royco. Kalu sudah halus matikan
2. Taruh hasil blenderan di baskom, lalu masukkan tepung tapioka hingga menjadi adonan yang kalis dan dapat dibentuk.tambaan seledri aduk sampai rata.
3. Ambil adonan sebesar biji kelereng lalu pelintir dengan tangan.
4. Goreng adonan hingga kuning kecoklatan.
5. Angkat dan sajikan.

Stik nasi ini bagiku jadi mirip seperti cireng kemarin anak-anak makannya dengan menggunakan bumbu rujak. Hmmm dalam sekejap langsug lep habis. Sebagai seorang Ibu,bila memasak langsung habis diserbu anak-anak itu suatu kebahagiaan sendiri. tanpa komplain masalah rasa yang penting sikat abis aja.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
13 March 2016 at 06:42 ×

wah kalau bahannya nasi bisa mirip cireng, berarti kayak siwil di Madura buu

Reply
avatar
Tatit
admin
14 March 2016 at 05:42 ×

Iya, kenyil-kenyil gurih gitu

Reply
avatar
26 March 2016 at 18:27 ×

wah kalo ditempat saya biasanya sisa nasi dijadiin kerupuk mbak sama ibu saya...kalo nggak salah ditempat saya namana kerupuk "puli" itu bahannya dari nasi terus dihancurkan sama dicampur bumbu kerupuk itu...pas udah hancur dipenyet sampai gepeng-gepeng terus dijemur, kering, digoreng, kriuk deh :D

Reply
avatar