Bolu Bentuk Mawar

Bolu bentuk mawar
Liburan kemarin, anak-anak di rumah saja. Kalau di rumah hanya mereka pengin nyemil terus. Sambil mengisi liburan, Lantip bungsuku aku ajak  masak cemilan sendiri.  Kebetulan baru saja beli cetakan puding bentuk mawar.Mau aku buat nyetak bolu saja. Resepnya tinggal cari di Mbah google.Nemu resep di cookpad resep dari Ibu Kiki Rizki Meisyarah. Bolu bentuk mawar ini, bahan dasarnya hampir sama dengan putu ayu. Cuman tanpa kelapa parut.

 Saat membuat anak-anak saya libatkan, mereka sangat senang saat mencampur adonan dengan pewarna, lalu proses mencetak. Kalau yang mengukus tetep  saya. Alasannya, " Kan sudah tadi membantunya, sekarang tinggal bantu icip-icipnya kata mereka." Padahal mereka ingin melanjutkan games di laptopnya.
Setidaknya saat mereka membantu tadi, mengurangi mereka  di depan laptop .

Satu resep ini bisa menjadi kurang lebih 20-an biji, jadi sebenarnya ini bisa mempunyai nilai jual lho buat menambah penghasilan. Dari modal sekitar sepuluh ribu, kita bisa menjualnya per biji seribuan. Lumayan kan untuk dititipkan di tukang jual kue atau alternatif menu snack box buat arisan.



 Bahan Bolu Bentuk mawar:
250 gram tepung terigu bentuk segitiga
200 gram gula pasir
2 butir telur
1 sendok teh emulsifier (SP / ovalet )
1 sachet susu kental manis
200 ml air
1 bungkus vanili bubuk
3 macam pewarna : merah, kning, biru. ( gunakan 1 tetes saja )
Minyak goreng untuk mengoles cetakan

Cara membuat :
1. Mikser gula pasir, telur, sp, dan vanili  sampai kental dan putih berjejak. Mikser dengan kecepatan tertinggi.

2. Kemudian masukkan terigu sedikit demi sdikit dan selang seling dengan air yang sudah dicampur dengan susu kental. Mikser dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.

3. Lalu bagi adonan menjadi 3. Beri masing-masing adonan dengan satu tetes warna. Aduk hingga tercampur rata.

4. Olesi cetakan dengan minyak goreng.

5. Lalu masukkan satu sendok teh adonan warna merah dari pinggir ke ctakan, berikutya warna biru dan kuning.

6. Kukus ke dalam dandang yang sudah dididihkan terlebih dahulu. Dan tutupnya diberi serbet supaya air tak menetes. Kukus kurang lebih 15 menit menggunakan api sedang.

7. Keluarkan dari cetakan dan siap disajikan.

Kemarin saat saya praktek, adonan yang sudah di cetakan saya kukus dengan menggunakan api besar. Ternyata hasilnya jadi merekah, kurang mulus. Lalu adonan berikutnya saya gunakan api sedang, dan mlus deh hasilya tak merekah bagai bolu kukus tertawa.hihihihi.
Oleskan minyak goreng di cetakan dengan rata agar melepasnya mudah. Dan tutup dandang sebaiknya dibtutup serbe agar air tak menetes ke adonan.
Selamat mencoba bolu bentuk mawar :)



Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Jarwadi
admin
12 May 2016 at 08:17 ×

pewarnaannya keren, seperti warna warna pastel :)

Reply
avatar
13 May 2016 at 16:21 ×

wah mesti ada cetakannya ya mbak, mau beli ah...

Reply
avatar