Perlindungan Yang Tepat Awal Dari Tumbuh Kembang si Kecil Yang Optimal



Perlindungan yang tepat awal dari tumbuh kembang si kecil yang optimal - Hai moms, pernahkah si kecil bermain di tempat kotor ? Saat si kecil main kotor misalnya bermain pasir atau air, pernahkah moms  teriak awas nanti kotor semua! Moms, biarkanlah si kecil bereksplorasi dan merasakan bagaimana rasanya kotor. Nanti kan juga bisa dibersihkan. Nah ilmu ini saya dapatkan saat  hadir di acara parenting bersama Dancow di Hotel Atria  Malang. Seminar dengan tema Tumbuh Kembang si Kecil Berawal Dari Perlindungan Yang Optimal.

Iya saya niat banget datang ke acaranya, walau sudah tak pnya balita tapi kan bisa menambah pengetahuan. Dan ilmunya bisa saya terapkan nanti ke keponakan atau cucu saya kelak. :P
Saat saya datang di sini, peserta sudah berdatangan dan mulai registrasi. Ramai banget, kebanyakan membawa si kecil. Soalnya di sini juga disediakan play ground buat si kecil. Agar bndanya bisa menyimak materi, dan si kecil dengan ayahnya bermain. Hotel Atria layaknya menjadi lautan kuning. Karena para pesrta diwajibkan memakai dress code kuning.




Acara ini dipandu  Mbak cantik nan ramah Shanaz Haque. Pemateri pertama disampaikan Psikolog dari UI , Bunda Vera Itabiliana, Psi.
Beliau menyampaikan ada 3 hal penting yang mempengaruhi tumbuh kemabng si kecil yaitu Cinta Bunda dan Ayah, Nutrisi, dan Stimulasi yang tepat.Tak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Bunda dan Ayah selalu membutuhkan informasi buat pola asuh si kecil. So berikanlah yang terbaik buat si kecil, bukan berikan apa yang dia suka.

Dancow parenting center hadir untuk mendampingi orang tua menemani tumbuh kembang si kecil.Saat si kecil berusia 1-5 tahun, tubuh dan otaknya berkembang secara pesat. Dan di usia ini si kecil sudah mandiri dan suka berekspolorasi. Usia ini biasa disebut usia bermain, eksplorasi dan bertanya.


Perkembangan si kecil saat berusia 1 tahun, ketika melakukan eksplorasi, eksplorasinya mendukung berbagai kemampuan. Kemampuan sensori-motorik komunikasi, sosio emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas.
Misalnya saat si kecil bermain dengan saudara atau temannya terkadang mereka berantem berebut mainan. Kita sebagai orang tua hanya bisa memberikan pengertian. Disuruh gantian, kita ambil mainannya. Lama-lama mereka akan kompromi agar mainannya tak diambil Bundanya.

 Berantem sesekali itu perlu untuk melatih sosio emosionalnya. Asal jangan kebablasan. Berikanlah pengertian dengan bahasa yang dapat dimengerti sesuai dengan umur si kecil. Setelah mereka melakukan kesalahan, peluklah dengan kasih sayang jangan dimarahi. Agar si kecil merasa aman dan nyaman. Rasa aman ini akan membangun basic trust yang berguna buat si kecil dalam memandang lingkungan sekitanya dengan baik, dan halini akan menimbulkan rasa berani serta percaya diri untuk bereksplorasi.

Selain itu si kecil saat usia golden age juga mempunyai rasa ingin tahu yang cukup tinggi, dari mengamati, menyentuh, mencoba serta bertanya tentang hal baru. Juga aktif bergerak ke sana kemari untuk menjelajahi tempat yang baru. 

Saat si kecil bereksplorasi jangan pernah takut kotor atau kepanasan, atau takut jatuh. Biarkanlah si kecil merasakan rasanya jatuh. Tahapan ini adalah tahapan belajar juga. Nah agar tumbuh kembang si kecil optimal saat bereksplorasi diperlukan perlindungan optimal. Perlindungan optimal ini salah satunya didapat dengan asupan Nutrisi yang tepat

Pembicara ke-2 Sari Sunda Bulan ,AMG

Beliau menjelaskan tentang pentingnya Nutrisi sebagai bagian penting penunjang tumbuh kembangnya si kecil. So berikanlah asupan gizi buat si kecil sesuai dengan jumlah dan jenis yang dibutuhkan. Batasilah konsumsi gula dan garam, minyak buat si kecil.  Menurut beliau 80 % daya tahan tubuh si kecil tergatung dari saluran pencernaan.

Untuk itu dibutuhkan asupan makanan yang baik. Berikanlah nutrisi perlindungan agar gizinya bagus. Asupan nutrisi yang baik akan membantu mencegah penyakit. 
Asupan prebiotik bisa didapat dari pisang dan asparagus. Prebiotik berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat si kecil berumur 0-6 bulan sebaiknya hanya diberi ASI saja. Ketika sudah berumur 6 bulan baru kenlkan dengan Makanan pendamping.

Saat memberikan makanan pendamping berikanlah jadwal yang sesuai ya, agar si kecil jadi mengenal lapar. Misalnya memberika makan 3 kali sehari, lalu makanan pendamping seperti uah, atau kue  juga 3 kali. Lakukanlah selalu terjadwal. Dan berikan variasi menu ntuk si kecil.

Saat berusia 6 bulan sebaiknya berikan pure sayuran atau buah. Tambahan apa pun.Ketika piramid lebih tinggi, saat si kecil sudah mempunyai gigi, ajarkanlah menguyah dengan memberikan bubur atau  nasi im. Potonglah sayuran kotak keil-kecil dan daging bisa digiling. Ingat, sayuran harus dimasak sampai matang dan tak keras.

Cukupilah minum dan nutrisinya yang variatif. Tahu nggak Bunda, ternyata kebutuhan karbohidrat si kecil maupun orang dewasa hanya sebesar kepalan tangan. Dan kebutuhan lauk pauknya hanya sebesar telapak tangan. Tuh kan nambah lagi imu saya. Dulu hanya baca dari tabloid sekarang saya bisa mendengarkan langsung dari pakarnya. :)

Sesion 3 disampaikan oleh dr. Rini Sekartini, saya suka banget dengan gaya berpakaian beliau yang sederhana. Tapi ilmunya Bun, luar biasa. Mau pengin lanjut kan pastinya. Apa saja yang disampaikan beliau? Yuk simak terus !

Beliau  memaparkan bahwa tumbuh kembang si kecil dipengaruhi oleh lingkungan dan genetik. Tapi kecerdasan si kecil dipengaruhi oleh 3 hal yaitu genetik, nutrisi dan stimulasi. Maka penuhilah nutrisinya selai itu cukupilah minumnya dengan memberikan susu sebagai salah satu asupan protein dan prebiotik. Minimal berikanlah 2 gelas sehari sebanyak kurang lebih 500 cc.

Susu Dancow Excelnutri+ salah satu susu yang kaya nutrisi dan mempunyai kandungan bakteri yang baik. Sebab tak selamanya bakteri itu jahat. Susu Dancow Excelnutri+ mengandung lactobacillus rhamnosus, minyak ikan, serat pangan inulin, Bifidobacterium longum, LA & ALA serta protein dan kalsium.

Nutrisi merupakan pennetu pertumbuhan yang sehat dan baik buat si kecil. Selain itu nutrisi juga membantu tumbuh kembang otak buat proses belajarnya. Selain itu nutrisi yang cukup dapat mencegah berbgai penyakit.

Bunda-bunda pasti mempunyai kartu KMS, yang biasa dibawa saat ke posyandu atau saat imunisasi. Kartu KMS ini untuk mengetahui pertumbuhan fisik si kecil. Sebaiknya timbanglah si kecil setiap bulan sekali, dan ukurlah tingggi badan setahun sekali. Selain itu mintalah pada bidan untuk mengukur lingkar kepalanya. Hal ini untuk mengetahui tumuh kembang fisik si kecil. Asupilah  nutrisi yang bergizi dan seimbang.

Ketika anak sudah bisa memegang, ajarkanlah anak untuk makan sendiri. Sebaiknya makanan ditaruh di mangkok dan berikan sendok. Hal ini untuk melatih mandiri.
Sesekali ajaklah si kecil stimulasi bermain, sebab akan membuat si kecil ceria, sehat, percaya diri, cerdas, kreatif dan berperilaku baik.




 Stimulasi yang baik serta nutrisi yang baik berikanlah secara optimal. Agar tumbuh kembangnya optimal.

Selain bermain cukupkanlah tidurnya juga, buat si kecil tidur malam sebaiknya maksimal jam 8 malam.

Beliau berpesan, Bunda dan ayah berikanlah kasih sayang yang tulus. Ajarkanlah agar si kecil menyayangi Orang tua, pengasuh, guru, teman. Sebab dengan kasih sayang si kecil akan merasa aman, gembira, semangat, percaya diri, sabar, toleran, pemaaf,dan senang menolong.
 Bila si kecil tercukupi kasih sayangnya maka akan cerdas secara emosional dan spiritual. Cerdas emosional bisa mencegah bullying.

Bunda Rini menjelaskan anak adalah peniru yang ulung. Saat usia 0-2 thn jangan sekali-kali memberikan gadget pada si kecil. Gadget termasuk televisi. Biasanya dengan alasan, agar si kecil diam kita memberikan gadge. Bunda Vera menambahkan bahwa berdasarkan penelitian, salah satu penyebab terlambat bicara si kecil adalah gadget. Jangan dibiasakan ya Bunda, lebih baik alihkan perhatian dengan eksplorasi bermain.

Di sini saya juga mendapat ilmu baru tentang cara menyimpan susu lho Bunda. Ternyata cara penyimpanan susu yang saya lakukan selama ini salah. Cara penyimpanan susu sebaiknya setelah dibuka dari dus, saat menyimpan jangan langsung dituangkan ke kotak susu. Sebaiknya menyimpan susu beserta aluminium foil sekalian, hal ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri. Nah saat membuat susu sebaiknya gunakan air rebusan yang mendidih bukan dari dispenser.Airnya cukup yang hangat kuku ya. Jangan terlalu panas ntar dapat merusak kandungan vitaminnya.

Acara selanjutnya sesi tanya jawab, bunda- bunda sangat antusias bertanya pada nara sumber. Kemudian acara ditutup dengan kesimpulan, para Bunda disuruh menepuk punggung teman sebelahnya. Dan berikrar akan melindungi anak secara optimal dengan nutrisi dan stimulasi. Agar tumbuh kembang si kecil optimal.




Akhirnya acara terakhir yaitu pembagian doorprize yang ditunggu-tunggu  oleh peserta. Acara pun berakhir dengan makan siang.

Hari itu saya bener-bener menambah ilmu dan berjumpa dengan sahabat blogger yang lama tak silahturahmi. Acara yang berlangsung 4 jam tak terasa.

Aku dan Kau Suka Dancow :)



No comments:

Post a Comment